Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Doa Pagi Katolik Lengkap untuk Menyambut Hari yang Baru!

Baik untuk Bela yang beragama Katolik, nih!

Mariana Politton

Setiap umat beragama, pasti memiliki rangkaian doa untuk menyambut pagi. Hal ini untuk memberikan kekuatan, semangat dan harapan menyongsong aktivitas di hari tersebut, bagi yang meyakininya. Di antaranya adalah doa pagi untuk agama Katolik.

Bagi kamu yang beragama Katolik, ada baiknya memulai hari dengan membaca kumpulan doa pagi Katolik berikut ini.

1. Doa pengucapan syukur

guideposts.org

Sebagaimana ajaran agama pada umumnya, umat Katolik turut diajarkan untuk berserah kepada Tuhan dan mengucap syukur dalam segala hal. Hal ini ditekankan melalui doa pagi Katolik yang fokusnya untuk mengucap syukur kepada Tuhan.

"Terima kasih Tuhan, untuk pagi dan hari yang baru ini. Terima kasih pula untuk malam yang telah kulewati. Dimana aku boleh mengalami perlindungan-perlindungan-Mu dalam tidurku. Sertailah dan berkatilah hari ini, pekerjaanku, keluargaku, sahabat-sahabatku dan semua kejadian serta orang yang akan kujumpai hari ini. Supaya pada malam hari nanti apabila aku menutup hari ini, aku patut melambungkan puji dan syukur kepada-Mu, Tuhan yang Maha kasih. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin." 

2. Doa memohon perlindungan

crosswalk.com

Siapa yang mengetahui rahasia kehidupan? Siapa juga yang mengetahui apa yang akan terjadi sedetik kemudian. Hal ini terbukti dari masa pandemi COVID-19 yang tahu-tahu melanda dunia. Untuk itulah, umat Katolik diajarkan untuk berdoa meminta perlindungan.

"Allah Bapa Sang Pencipta manusia dan alam semesta ini, Aku ucapkan syukur kepada-Mu, karena boleh bangun di pagi hari ini. Aku mohon bimbingan-Mu sepanjang hari ini. Bimbinglah agar aku dapat bekerja dalam semangat kasih-Mu dengan rajin, dan jujur. Buat aku agar tidak mudah putus asa dalam menjumpai segala kesulitan.Jagailah aku dari segala marabahaya dan dari rencana jahat terhadapku. Aku persatukan dengan pengorbanan Yesus Kristus, yang hidup bersama-Mu dalam persatuan roh kudus kini dan sepanjang masa. Dalam nama Bapa dan Putera, dan Roh Kudus. Amin."

3. Doa untuk keselamatan

beliefnet.com

Tidak tersangkalkan, semua orang membutuhkan keselamatan. Dalam kepercayaan umat Katolik, Tuhan Yesus merupakan sumber keselamatan. Oleh sebab itu, umat Katolik dilatih untuk terus-menerus mengandalkan-Nya agar diselamatkan dari segala cobaan.

"Selamat pagi Bapa.Terima kasih atas kasih karunia-Mu yang telah Kau berikan kepadaku dari malam aku tidur hingga pagi hari ini. Aku bersyukur untuk nafas baru yang boleh aku terima. Berkati dan lindungi aktivitasku sepanjang hari ini. Berkati pula orangtua, sanak saudara, sahabat dan semua orang yang aku kasihi dalam menjalankan aktivitas mereka. Dan ampunilah untuk segala dosa yang telah kami perbuat. Doa yang kurang sempurna ini aku serahkan kepada-Mu. Demi Kristus, Tuhan kami. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin."

4. Doa meminta bimbingan

churchofjesuschrist.org

Sebagaimana anak yang membutuhkan bimbingan dari orangtuanya, umat Katolik tentunya memerlukan bimbingan yang datang dari Tuhan yang Maha Esa. Oleh karena itulah, umat Katolik tidak lupa untuk membaca doa pagi Katolik meminta bimbingan dari-Nya.

"Ya Allah, Bapa yang mahabaik, terima kasih atas perlindungan-Mu sepanjang malam tadi. Terimakasih ya Yesus karena kau selalu mau menjadi sahabatku. Juga atas Roh Kudus yang Kau utus untuk membimbing hidupku. Sebelum beraktivitas, aku mohonkan bimbingan-Mu sepanjang hari. Berkatilah pula orangtuaku, pengasuh, pendidik, sanak-saudaraku, dan teman-temanku sepanjang hari. Dan berikanlah penghiburan bagi yang bersusah hati, sakit dan menderita. Bimbinganglah aku, ya Bapa, supaya hari ini aku selalu berlaku sopan dan melaksanakan tugasku dengan baik. Utuslah Santo-Santa pelindungku, para malaikat pelindung, dan bunda Maria sendiri, supaya mendampingi aku sepanjang hari ini. Dalam nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus. Amin."

5. Doa dalam keadaan hening

trinityumcnorthport.org

Sebagaimana tertulis dalam Matius 6:6 yang tercatat di Alkitab, salah satu anjuran untuk berdoa adalah masuk ke dalam bilik atau ruangan tertutup. Hal ini dapat ditujukan untuk menciptakan keheningan dalam proses berdoa agar fokus kepada Allah Bapa.

"Allah Bapa kami yang bertahta di dalam surga, selamat pagi. Aku bersyukur kepada-Mu atas berkat dan perlindungan-Mu sepanjang malam tadi. Aku bersyukur karena pagi hari ini karena aku boleh bangun dengan tenaga dan semangat yang baru. Aku juga mau bersyukur untuk nafas kehidupan yang Kau berikan sehingga aku boleh merasakan hari yang baru. Berkatilah keluargaku dan semua orang yang akan aku jumpai hari ini. Berikanlah aku keberanian untuk hidup berbagi kasih dengan sesamaku. Berkatilah juga segenap tugas-tugas dan pekerjaanku sepanjang hari ini supaya menjadi persembahan hidup bagi-Mu. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin."

6. Doa pagi singkat

freepik.com

Seperti yang ada dalam Matius 6:7 di Alkitab, sebaiknya kamu berdoa tidak bertele-tele seperti orang yang tidak tulus. Oleh karena itu, doa pagi Katolik singkat ini bisa dibaca umat Katolik setelah bangun dari tidur. Kamu juga bisa mendoakan doa Bapa Kami setelah doa pagi ini. 

“Selamat pagi, Allah Bapa. Terima kasih karena Engkau sudah menjaga aku selama tidur di malam hari. Aku bersyukur atas nikmat kehidupan yang Kau berikan padaku pada hari ini. Sebentar lagi aku akan beraktivitas, semoga Kau terus berkati dan sertai hamba-Mu ini sehingga bisa menjadi berkat bagi sesama. Doa yang jauh dari sempurna ini, aku panjatkan melalui perantaraan Yesus Kristus Tuhan dan Juru selamat kami. Dalam nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus. Amin.”

7. Doa sebelum pergi bekerja

freepik.com/jcomp

Ora et Labora, moto hidup tersebut mengajak umat Katolik untuk mengimbangi antara bekerja dan berdoa. Dengan berdoa sebelum bekerja, umat Katolik meminta penyertaan dan kekuatan pada Tuhan. Agar selalu dikuatkan Tuhan, kamu bisa mendaraskan doa pagi Katolik sebelum pergi bekerja. 

"Allah Bapa yang bertahta di surga, aku mengucapkan syukur atas pagi hari yang indah ini. Sebentar lagi aku akan memulai beraktivitas. Kini, aku sudah mempersiapkan diri untuk bekerja. Semoga Kau berikanku kekuatan supaya aku tidak takut menghadapi segala kesulitan yang ada. Temani aku dan orang-orang yang kukasihi dalam setiap langkahnya hari ini. Doa ini aku hantarkan pada-Mu. Dengan perantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu dan Bunda Maria kini dan sepanjang masa. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin"

8. Doa pagi sebelum berangkat ke sekolah

freepik.com/jcomp

Supaya hal yang diajarkan bisa dipahami, umat Katolik kerap berdoa sebelum memulai pelajaran. Umumnya, doa ini berisi ucapan syukur dan memohon rahmat kepada Tuhan agar kelas dapat berjalan dengan baik. 

"Tuhan Yesus yang Mahabaik. Aku bersyukur karena Engkau telah menemaniku selama istirahat di malam hari. Pagi hari ini aku akan memulai kegiatan sekolah. Bimbinglah aku dan teman-teman semoga pelajaran yang diajarkan bisa kupahami dengan baik. Berkatilah juga guru yang akan mengajar nanti sehingga apa yang diajarkan tersampaikan dengan lancar. Semoga Kau kuatkan kami dari awal hingga akhir pelajaran. Santo-Santa pelindung, doakanlah kami. Amin"

9. Doa untuk meminta kelancaran

freepik.com

Siapa yang tidak ingin harinya bisa berjalan dengan baik? Setiap orang pasti ingin hal yang dilakukannya tidak ada gangguan dan lancar.

Agar semua aktivitas sehari-hari lancar, umat Katolik kerap mendoakan doa di pagi hari. Mohon rahmat kelancaran dan kemudahan menjadi permohonan yang dipanjatkannya pada Yang Maha Kuasa. 

"Ucapan syukur aku haturkan kepada Allah Bapa. Berkat rahmat Roh Kudus-Mu, aku masih bisa merasakan nikmat kehidupan. Bapa yang Maha pengasih, aku mohon petunjuk dan bimbingan selama hari ini. Semoga apa yang aku lakukan bisa menjadi perpanjangan tangan-Mu di dunia. Lancarkanlah kegiatanku karena Kau adalah sumber perlindunganku. Berikanlah rahmat keselamatan agar aku bisa melewati hari ini dengan baik. Dalam nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus. Amin."

10. Doa untuk meminta berkat bagi seluruh keluarga

freepik.com/jcomp

Doa pagi Katolik yang terakhir ini dikhususkan untuk mendoakan seluruh anggota keluarga. Kehadiran keluarga merupakan anugerah yang diberikan Tuhan. Oleh sebab itu, umat Katolik juga tidak jarang mendoakan anggota keluarga di setiap kesempatan. 

"Selamat pagi, Tuhan Yesus Kristus dan Bunda Maria. Terima kasih atas rahmat-Mu di pagi hari ini. Berkat-Mu, aku dan seluruh keluarga bisa menikmati cerahnya hari. Ya, Tuhan Allah, aku dan keluargaku akan mulai melakukan aktivitas masing-masing di hari yang baru ini. Dampingi dan berkatilah juga seluruh anggota keluargaku. Melalui doa ini, sertailah kami anak-anak-Mu ini. Karena dalam perlindungan-Mu, hidup kami sekeluarga akan selalu rukun dan aman. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin."

Itulah doa pagi Katolik yang bisa dibaca oleh seluruh umat Katolik. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration