Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Kisah Nyata Ini Menginspirasi Lagu Penyanyi, Termasuk Taylor Swift

Sudahkah kamu memahami pengalaman di balik sebuah lagu?

Mariana Politton

Di balik deretan kata-kata yang berbaris membentuk kalimat, tersembunyi perasaan hingga pikiran seseorang yang tersembunyi. Semuanya terbentuk dari cerita yang tidak memberi pilihan untuk entah, mengalaminya atau sebaiknya menjauhinya.

Namun, penulis asal Brazil bernama Paulo Coelho menyebut bahwa cerita yang tidak memberi pilihan kepada seseorang, membentuk orang tersebut menjadi sosok yang lebih kuat dari yang ia bayangkan. 

Fokus pada tulisan dalam bentuk lagu atau song writing, berikut adalah tujuh kisah nyata yang menginspirasi lagu para penyanyi terkenal. Penasaran?

1. Taylor Swift - All Too Well (10 Minutes)

Album: Red (Taylor's Version) (2021)

Bukan rahasia umum bahwa "All Too Well (10 Minutes)" diasumsikan sebagai curahan hati seorang Taylor Swift mengenai hubungannya bersama Jake Gyllenhaal. Spesifiknya, menjelaskan secara detail mengenai perjuangannya ketika dirinya telah memberikan rasa cinta secara total, hanya untuk ditinggalkan secara tiba-tiba.

Perasaan berubah dengan intrik perbedaan usia yang jauh. Namun disebutkan bahwa yang paling menyedihkan adalah, ingatan jelas bahwa hubungan tersebut pernah terasa magical and beautiful.

2. Adelle - Easy On Me

Album: 30 (2021)

Keindahan suara Adele menyenandungkan barisan lirik dalam "Easy On Me" dipercaya sebagai curhatannya terkait kisah perceraiannya dengan Simon Konecki pada 2018-2019. Menariknya, lagu ini sengaja dibuat untuk anak semata wayangnya, Amgelo Adkins, agar ia dapat memahami kisah di balik perpisahan orangtuanya.

"Aku ingin menjelaskan kepada anakku lewat rekaman ini, ketika nanti dia berusia 20 atau 30 tahunan, dia tahu siapa aku dan mengapa aku menceritakan ini kepada dunia untuk mengejar kebahagiaanku," ujarnya kepada Vogue.

3. Shawn Mendes - It'll Be Okay

Album: It'll Be Okay (2021)

Deretan kata-kata kesedihan disenandungkan oleh Shawn Mendes dalam single-nya yang berjudul, "It'll Be Okay." Sebagaimana perilisan tepat setelah hubungannya bersama Camila Cabello berakhir, lagu ini memang dipercayai mengenai akhir dari sebuah hubungan. Namun, makna yang paling terdalam menggambarkan momen ketika mereka telah meyakini akhir yang bahagia dan hal tersebut tidak terjadi sesuai harapan.

4. Green Day - Wake Me Up When September Ends

Album: American Idiot (2004)

Di saat mayoritas orang berpikir bahwa "Wake Me Up When September Ends" mengisahkan hal-hal yang berkaitan dengan peran, lagu ini sebenarnya ditulis oleh Billie Joe Amstrong untuk mendiang ayahnya, tepatnya mengenang momen ketika beliau meninggal saat dirinya masih berusia 10 tahun. Di situ, kesedihan seorang anak yang masih membutuhkan sosok ayah meruntuhkan kehidupannya di masa kecil, sebelum akhirnya ia pun bangkit.

5. Selena Gomez - De Una Vez

Album: Revelación (2021)

Penuh dengan barisan kata-kata dalam bahasa Spanyol, "De Una Vez" memperoleh sebuah spekulasi bahwa lagu tersebut mengisahkan hubungannya bersama Justin Bieber di masa lampau. Tepatnya, perjuangan Selena Gomez dalam proses internal healing dari rasa sakit hati hingga akhirnya mampu menjadi pribadi yang lebih kuat. Dari situ, Selena meyakini diri dalam liriknya bahwa dirinya sudah tidak lagi memilikirkan masa lalu tersebut.

6. Ed Sheeran - Afterglow

Album: Afterglow (2020)

Mendominasi trek akustik sederhana di mana Ed Sheeran menonjolkan petikan senar gitar, "Afterglow" mengisahkan kehidupan asmaranya dengan sang istri, Cherry Seaborn Sheeran. Setiap bait lirik mengekspresikan kehidupannya yang indah selama membangun hubungan dengannya. Setiap detik, mulai dari momen pertama hingga keseharian dalam bahtera rumah tangga. Yes, it's sweet and lovely, as he is!

7. Madonna - Like a Virgin

Album: Like a Virgin (1984)

Sebagaimana judulnya, "Like a Virgin" jelas mengisahkan hal-hal yang berkaitan dengan keperawanan seorang perempuan. Namun hal ini tidak berkaitan dengan kisah pribadi seorang Madonna yang menyanyikaknnya. Ditulis oleh Billy Steinberg, lagu tersebut menceritakan bagaimana dia merasa terpukul secara emosional ketika telah memberi keperawanannya dalam hubungan lama yang gagal. Namun, bait lirik menghantar kita pada pengalamannya menemukan sosok pria baru yang membuatnya seperti 'baru' lagi.

Jadi, kisah nyata dibalik lagu penyanyi manakah yang paling membuatmu tersentuh?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration