Drama Korea tidak hanya mampu menyajikan alur cerita yang menarik perhatian. Namun, juga dikenal karena soundtracknya yang mengiringi setiap adegan, sehingga para penonton turut terbenam ke dalam kisahnya. Soundtracknya juga dibawakan oleh penyanyi atau grup K-pop terkenal yang membuatnya semakin menarik.

Lagu latar juga mengingatkan kita kembali pada cuplikan adegan dramanya yang melekat di hati setelah selesai menontonnya. Bagi para penggemar drama Korea, yuk simak sederetan rekomendasi soundtrack drama Korea terbaik dari yang terbaru hingga terlawas pilihan Popbela berikut.

1. Hometown Cha-Cha-Cha (2021): "Romantic Sunday (로맨틱 선데이)" - Car The Garden (카더가든)

https://www.youtube.com/embed/T-H7JkrHUPg

Penggemar Hometown Cha-Cha-Cha pasti sudah tak asing lagi dengan soundtrack "Romantic Sunday" ikoniknya. Soundtrack yang sempat viral ini dibawakan dengan nada yang ceria dan menggambarkan suasana hati yang sedang bahagia.

Mood ini mewakili sebuah perasaan yang sedang jatuh cinta. Sehingga, remake dari lagu milik J. Island ini membawa penonton menikmati alur kisah dramanya yang sangat romantis dan menghibur. Lagunya juga mendukung keindahan pemandangan pantai yang seolah-olah nampak nyata.  

2. My Name (2021): "My Name (마이 네임)" - Hwang Sang Jun (황상준) Feat. Swervy, Jeminn

https://www.youtube.com/embed/H1Gxu3Q5TyE

Serial original Netflix yang dibintangi Han So Hee sebagai pemeran utama ini langsung mencuri perhatian sejak dirilis pada bulan Oktober 2021 lalu, termasuk sederetan soundtrack yang mengiringi drama crime tersebut.

Nada dari soundtrack penutup drama ini benar-benar mendukung vibe yang ingin dicurahkan oleh drama ini; menegangkan, brutal, dan sadis. Para penonton seolah-olah seperti menerjuni dramanya dan ikut bertarung bersama para pemeran utamanya. 

Tempo cepat dari soundtrack ini pun cocok dijadikan sebagai salah satu lagu yang mendukung sesi olahragamu. 

3. Extracurricular (2020) : "Speak for Yourself" - Hwang Sang Jun (황상준) Feat. Jungleman

https://www.youtube.com/embed/BrlJGiSBNqI

Hwang Sang Jun merupakan seorang komposer asal Korea Selatan, yang kemampuannya dikenal karena mengomposisikan setiap nada menjadi sebuah lagu utuh yang apik. Kemampuannya ini pun diakui para produser, sehingga lagunya banyak digunakan untuk mengisi soundtrack berbagi judul film dan drama, termasuk dipercaya sutradara Kim Jin min untuk soundtrack drama Extracurricular dan My Name

"Speak For Yourself" dari Extracurricular ini memiliki nada yang rock elektronik, sehingga mendukung suasana yang ingin disuguhkan dalam dramanya. Alur ceritanya yang dipenuhi plot twist, membuat para penonton ikut tercengang sepanjang kisahnya.

4. Hospital Playlist (2020): "Aloha (아로하)" – Cho Jung Seok (아로하)

https://www.youtube.com/embed/3DOkxQ3HDXE

Masih ingat adegan di episode ketiga, ketika para dokter sedang karaoke-an bareng pada tahun 1999? Lagu yang mereka nyanyikan bersama itu merupakan lagu lawas populer yang di dibawakan band Cool tahun 2011.

Lagu populer tersebut dinyanyikan ulang oleh Cho Jung Seok sebagai pemeran Lee Ik Jun, dan menjadi salah satu soundtrack ikonik dalam drama populer medis Hospital Playlist. Saking populernya, soundtrack tersebut berhasil menempati jajaran Top 5  di platform musik Melon sejak pertama kali dirilis pada 2020.

Hospital Playlist memang dikenal membawakan ulang lagu-lagu lawas pilihan yang dijadikan soundtrack dramanya. Sederetan lagunya pun dinyanyikan ulang oleh para musisi populer yang turut menyumbangkan suara emasnya.

5. Start-Up (2020): "Running" - Gaho (가호)

https://www.youtube.com/embed/FrOLeoXrvLU

Bisa dibilang semua soundtrack drama Start-Up yang sempat viral ini paling favorit! Start-Up mengangkat kisah sekelompok anak muda yang bekerja sama untuk mencapai mimpi mereka. Soundtracknya yang membangkitkan semangat pun membuat kita sebagai yang mendengarnya merasa mampu mencapai apa pun yang menjadi mimpi kita, seperti para pemeran utama dalam drama ini.

6. Descendants of The Sun (2016) : "This Love" - Davichi (다비치)

https://www.youtube.com/embed/XyzaMpAVm3s

Drama Descendants of the Sun (DOTS) yang mencuri perhatian penonton mancangera ini juga tak kalah menyajikan soundtrack populer. Salah satunya, "This Love" milik Davichi yang berhasil menempati peringkat Top 10 soundtrack drama Korea dengan jumlah penonton terbanyak di Youtube.

Soundtack DOTS ikut mendukung bibit-bibit romantis yang perlahan tumbuh antara seorang dokter dan tentara, ketika mereka ditugaskan ke sebuah negara yang sedang menghadapi bencana alam.

7. Goblin (2016–2017): "Stay With Me" - Chanyeol, Punch (찬열, 펀치)

https://www.youtube.com/embed/pcKR0LPwoYs

Belum lengkap rasanya jika tidak membahas Goblin sebagai salah satu drama yang memiliki soundtrack terbaik. Soundtrack "Stay With Me" ini begitu ikonik, karena mendukung alur ceritanya dari awal hingga akhir. 

Sebuah drama pada umumnya jarang menggunakan soundtrack yang sama dari awal hingga akhir cerita. Namun, Goblin memutuskan untuk memutar "Stay With Me" di momen-momen tertentu dari awal untuk menghasilkan "feel" yang tepat.

8. It's Okay, That's Love (2014): "Best Luck" - Chen EXO (첸)

https://www.youtube.com/embed/FC7p9v-xtm4

Soundtrack It's Okay, That's Love termasuk salah satu yang terbaik, tak kalah dengan kisah yang disuguhkan dalam dramanya. Alunan nada "Best Luck" dari Chen EXO dan "It's Alright, This Is Love" dari Davichi mendukung suana hati kita sebagai penonton yang ikut terjun ke dalam kisahnya.

9. Dream High (2011): "Dream High" - Suzy, Joo, Taecyeon, Wooyoung, Kim Soohyun

https://www.youtube.com/embed/ginseUuNXeg

Kedua musim drama musikal Dream High ini dilengkapi dengan soundtrack yang melekat di hati. Soundtracknya secara unik mengenalkan pandangan ke dalam pola pikir setiap dari karakter yang menyanyikannya. 

Baik itu Kim Pil Sook (IU) yang merindukan hari yang lebih baik melalui lagu "Someday" atau Jeong Jin Woon, Park Jin Young, Ji Su, dan Kang So Ra yang bernyanyi sepenuh hati untuk menunjukkan perjuangan menggapai mimpi mereka melalui lagu "B Class Life". Soundtrack Dream High mengingatkan pula pada perjuangan kita di kehidupan nyata.  

10. Boys Before Flowers (2009) : "Paradise" - T-MAX (티맥스)

https://www.youtube.com/embed/nGK1P5tUfh0

Boys Before Flowers (BBF) merupakan salah satu drama romantis terbaik sepanjang masa yang membawa sederetan pemainnya naik daun, salah satunya Lee Min Ho. Setelah selesai menonton BBF, maka kamu setidaknya pasti pernah menyanyikan soundtrack ikoniknya yang berjudul "Paradise".

Sekumpulan soundtrack BBF begitu melekat di hati setiap kali mendengarkannya karena mengingatkan kita pada kisahnya. Dari "Paradise" milik T-MAX, "Stand by Me" milik Shinee, hingga "Because of My Bad Memory" milik SS501, soundtracknya membuat setiap dari kita bernostalgia pada masa muda.

Itulah 10 soundtrack terbaik dari K-Drama favoritmu yang membuat kita teringat kembali adegan-adegan terbaik yang menyentuh hati. Dari sederetan soundtrack pilihan Popbela, mana yang menjadi favoritmu? 

Baca Juga: Soundtrack Drama 'The King's Affection' Terbaru yang Telah Rilis

Baca Juga: Simak 6 Lagu Milik IU yang Selalu Mengisi Soundtrack Drama Korea Hits

Baca Juga: Sukses Besar, Tapi Soundtrack Film Joker Memakai Lagu Musisi Pedofil