Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Penuh Edukasi dan Haru, Ini 10 Film Dokumenter Inspiratif

Nomor 9 akan mengejutkanmu!

Emillia Wardhani

Mengisi waktu senggang dengan tontonan yang menghibur namun tetap mengedukasi, bisa kamu dapatkan lewat film dokumenter. Selain menambah wawasan, film dokumenter juga bisa ditonton oleh keluarga dari berbagai usia. 

Nah, berikut ini Popbela hadirkan 10 rekomendasi film dokumenter ini yang akan membuat kamu semakin teredukasi atau bahkan terinspirasi. Banyak sekali, lho, hal-hal positif yang bisa kamu petik di dalamnya. Simak, yuk!

1. Blackfish

Pinterest.com

Pada tanggal 24 Februari 2010, salah satu penyelam SeaWorld Orlando (Dawn Brancheau) ditarik ke dalam kolam oleh paus orca. Kejadian tersebut turut menjadi bagian yang diceritakan di dalam film dokumenter Blackfish. Film dokumenter in imenampilkan kehidupan paus orca Tilikum dan peristiwa sebelumnya yang menyebabkan makhluk ini membunuh tiga orang, termasuk Brancheau. 

Film ini juga menjadi investigasi mendalam yang menjelaskan perilaku makhluk laut. Hal tersebut juga merefleksikan persoalan etika penangkapan mamalia laut liar, meskipun ditujukan untuk tujuan edukasi.

2. Mission Blue

missionblue.org

Mission Blue adalah film dokumenter yang menawarkan laporan langsung dari seorang saksi atas perubahan lautan yang telah terjadi. Sebagian biografi dan sebagian sains, film pemenang penghargaan ini mengikuti kehidupan Sylvia Earle, seorang ahli kelautan, ahli biologi kelautan, sekaligus penjelajah ternama. 

Film dokumenter ini terasa mengajak kamu seperti berjalan melalui revolusi industri dan waktu sekitarnya. Saat daratan di atas berubah dengan cepat, begitu pula dengan lautan. Bagi kamu penyuka laut atau olahraga diving, coba tonton, ya!

3. A Plastic Ocean

livekindly.com

Inspirasi untuk pembuatan film dokumenter ini datang ketika produser, Jo Ruxton, melakukan ekspedisi ke tempat yang disebut Great Pacific Garbage Patch, 1.500 mil dari San Francisco. Alih-alih segumpal plastik raksasa yang dia harapkan akan ditemukan, Ruxton menemukan pecahan plastik kecil di laut. 

Kemudian, dia memulai perjalanan empat tahun dengan jurnalis Australia Craig Leeson, penyelam bebas Tanya Streeter, ahli cetacea Dr. Lindsay Porter, serta tim peneliti internasional untuk mengeksplorasi masalah plastik di lautan kita. Hal ini akan menyadarkan kita betapa kita harus bijak dalam penggunaan plastik.

4. Into the Inferno

netflix.com

Film ini disutradarai oleh Werner Herzog, sutradara yang terkenal asal Jerman, yang mengikuti arahan dari ahli vulkanologi, Clive Oppenheim. Dia mempelajari gunung berapi aktif dan berharap untuk mengurangi dampak destruktifnya terhadap lingkungan. 

Perjalanan mereka terbentang dari Islandia ke Korea Utara, mengejar sisi ilmiah dan magis dari gunung berapi aktif. Dalam perjalanannya, Herzog menjelaskan misteri dan keindahan di balik raksasa alami penghancur ini. 

5. Bill Nye: Science Guy

billnyefilm.com

Kalo ini adalah film dokumenter biografi yang menunjukkan kehidupan Bill Nye, sebagai pendidik dan pendukung sains, saat ia mengambil peran sebagai CEO di The Planetary Society. 

Perkumpulan tersebut dimulai oleh profesornya Carl Sagan, Louis Friedman, dan Bruce Murray pada tahun 1980. Nye menantang kreasionis Ken Ham, dengan pandangannya tentang iklim. Dia juga dihadapkan pada orang-orang skeptis yang mengklaim bahwa dia hanyalah pembawa acara televisi yang tidak memenuhi syarat untuk berbicara tentang krisis iklim global.

6. The Ivory Game

wordpress.com

Siapa, nih, yang suka binatang Gajah? Film dokumenter ini sangat mendebarkan karena kru film menyamar selama 16 bulan untuk menyelidiki perdagangan penyelundupan gading. Film tersebut telah mengambil gambar dari berbagai benua, menunjukkan gajah yang diburu untuk diambil gadingnya. 

Gading ini kemudian diselundupkan ke Tiongkok, di mana gading dihargai. Dengan mengungkap statistik yang mencengangkan, seperti 150.000 gajah terbunuh dalam lima tahun. Huhuhu, tetap sayangi binatang, ya, Bela!

7. Dream Big: Engineering Our World

cinemasiren.com

film dokumenter menginspirasi ini mengungkapkan dunia teknik yang luar biasa, Bela. Diceritakan oleh aktor kawakan, Jeff Bridges, film ini mengikuti kehidupan empat insinyur yang mengerjakan proyek berbeda. 

Film Ini juga menunjukkan sains sederhana di balik membangun struktur apa pun, dengan video yang diambil dengan indah yang menunjukkan keajaiban struktural, dokumenter 40 menit ini pasti akan memotivasi kamu untuk kembali bekerja atau berkreasi. Coba, deh, Bela, siapa tahu kamu jadi semangat kembali.

8. Chasing Coral

chasingcoral.com

Kamu suka ke pantai? Film ini menggambarkan ilmu tentang karang: apa itu karang, bagaimana bentuknya dan mengapa penting bagi kita. Ini mengikuti mantan agen periklanan yang mengikuti kecintaannya pada menyelam hanya untuk mengetahui karang sedang sekarat. 

Maka dimulailah perjalanan sekelompok ilmuwan, pembuat film, serta pecinta karang yang mencoba merekam pemutihan karang: di mana karang dengan cepat mati karena air hangat.

9. Weed the People

weedthepeoplemovie.com

Film dokumenter ini melihat secara dekat dan pribadi keluarga yang telah menggunakan mariyuana medis untuk menyelamatkan orang yang mereka cintai dari kanker. 

Pembuat film Abby Epstein dan Ricki Lake melakukan perjalanan selama enam tahun mengikuti kisah-kisah keluarga biasa yang mengeksplorasi manfaat ganja (bukan obat resep) untuk pengobatan kanker. 

Hmm, sebuah edukasi menarik mengenai mariyuana, ya.

10. Dancing with the Birds

netflix.com

Kalian suka lihat orangtua memelihara binatang ini? Nah, film dokumenter ini menampilkan ritual kawin beberapa burung teraneh di dunia. Diceritakan oleh Stephen Fry dengan musik tahun 1960-an sebagai latar belakang, Dancing with the Birds ramah anak-anak, lucu, dengan pengambilan gambar yang brilian.

Itulah 10 rekomendasi film dokumenter yang sangat menginspirasi dan bisa mengedukasi kamu. Mau dimulai dari yang mana dulu, nih?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration