Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Fakta 'Unlocked', Film Netflix Nomor 1 di Berbagai Negara

Aktornya sampai mengubah sandi HP sendiri!

Elni Novitasari

Unlocked (2023) adalah film bergenre thriller asal Korea Selatan yang resmi rilis di Netflix sejak 17 Februari lalu. Film ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Na Mi (Chun Woo Hee) yang kehilangan ponselnya yang jatuh ke tangan seorang hacker, psikopat sekaligus pembunuh berantai, Jun Young (Im Siwan). Ia pun menyadap ponsel Na Mi hingga gadis tersebut menjadi target terbarunya.

Film ini menjadi trending nomor 1 di Netflix tak hanya di negara Korea Selatan, namun juga di beberapa negara lainnya seperti Indonesia, Malaysia, Filipina dan Thailand. Tak hanya itu, film Unlocked juga menempati posisi ke-2 di seluruh dunia. Apa saja fakta menarik film ini hingga bisa meraih popularitas tinggi? Check this out, Bela!

1. Adaptasi dari novel Jepang

imdb.com

Cerita Unlocked merupakan hasil adaptasi dari novel asal Jepang yang berjudul Sumaho o Otoshita dake karya Akira Shiga. Novel ini dirilis pada tahun 2017 dan diangkat pula menjadi film dengan dua sekuel bertajuk Stolen Indentity (2018) dan Stolen Identity 2 (2020).

2. Bergenre thriller

imdb.com

Film Unlocked merupakan film bergenre thriller yang menceritakan tentang seorang hacker, psikopat dan pembunuh berantai yang diperankan oleh Im Siwan. Akting Im Siwan yang kembali menjadi sosok villain, cukup memikat penggemar.

3. Debut sutradara Kim Tae Joon

hancinema.net

Film ini menjadi proyek debut aktor Kim Tae Joon sebagai sutradara. Sebelumnya, kita mengenal Kim Tae Joon dalam film Peninsula (2020), The Age of Shadows (2016) Along with the Gods: The Last 49 Days (2017) dan After My Death  (2017). Kini, ia sukses menggarap film pertamanya hingga trending di seluruh dunia.

4. Ada perubahan cerita

imdb.com

Kim Tae Joon selaku sutradara mengatakan hanya mengambil premis asli dari novel Sumaho o Otoshita dake. Dalam novel tersebut, Asami Inaba mengalami hal janggal setelah kehilangan ponselnya yang tertinggal di taksi. Asami menemukan hal aneh seperti tagihan kartu kredit misterius hingga ia terlibat dalam sebuah kasus besar. 

Cerita tersebut dibawa ke plot utama dengan melakukan beberapa perombakan dalam pengembangan cerita hingga penokohannya. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan perbedaan signifikan hingga akhirnya Unlocked dilakoni Im Si Wan dan Chun Won Hee sebagai pemeran utama.

5. Alasan Sutradara memilih Im Siwan

Sutradara Kim Tae-joon mengungkapkan keyakinannya dalam memilih aktor. "Saya pikir Chun Woo Hee adalah satu-satunya aktor yang dapat melihat emosi Nami dengan sangat detail."

Ia melanjutkan, “Saya ingin bekerja dengan Im Siwan dari awal. Ketika saya membayangkan penjahat, saya membayangkan senjata menjadi manusia. Kali ini, saya bertanya-tanya bagaimana jadinya jika smartphone menjadi manusia, lalu Im Siwan terlintas dalam pikiran."

Kemudian, Im Siwan menjelaskan, "Alasan yang menentukan saya terlibat dalam karya ini adalah aktor senior Kim Heewon. Kami bahkan berbicara selama 3 jam di sebuah kafe."

6. Film ini sukses mengubah gaya hidup aktor

Gara-gara film ini mengangkat soal smartphone yang menghadirkan ketakutan nyata dan bisa terjadi pada kamu kapan saja, membuat para aktor juga secara aktif bersimpati. Bahkan, Chun Woohee mengatakan, "Saya mengubah kata sandi setelah syuting film ini."

Dia menambahkan, "Saya membayangkan seseorang mungkin melihat saya melalui lensa smartphone saya."

7. Beragam reaksi dari K-netizen

hancinema.net

Melansir dari Allkpop, film ini berhasil menuai beragam komentar dari netizen khususnya warga Korea Selatan. Berikut reaksi netizen Korea mengenai film yang menjadi trending di berbagai negara ini:

"Ini sangat bagus!!!"
"Endingnya menarik. Kudengar versi aslinya adalah novel Jepang"
"Aku sangat takut setelah menonton ini sehingga membuatku menjadi terlalu protektif terhadap ponselku"
"Isi ceritanya benar-benar.....aneh"
" Anda merasa sangat aneh setelah menonton ini"
"Entahlah, itu membuatku merasa sangat menakutkan dan sedikit tidak menyenangkan"
"Mereka sangat pandai berakting" "
Lol reaksi ini membuatku penasaran"
"Sangat cocok untuk film Netflix"
"Waktu berlalu saat menonton ini"

Itu dia 7 fakta film Unlocked yang jadi film Netflix nomor 1 di berbagai negara. Untuk kamu yang belum nonton, bisa tonton trailernya terlebih dahulu. Kalau kamu yang sudah nonton, bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration