Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Selain Jepit Rambut, Ini Fungsi Lain Bobby Pin 

Bobby pin adalah penyelamatmu!

Dina Lathifa

Bobby pin, aksesori rambut berwarna hitam dan berbentuk sederhana. Benda ini sangat kecil sehingga terkadang kamu bisa kehilangan atau lupa menaruhnya setelah selesai memakainya. Meski begitu, penjepit rambut ini sangat berguna untuk menata rambut. Bobby pin dapat menjepit dan menahan rambutmu dengan sempurna.

Namun, jangan sepelekan benda kecil ini, Bela. Selain untuk menata rambut, bobby pin memiliki fungsi lainnya yang cukup berguna untuk kebutuhan di rumah. Penasaran dengan apa yang bisa kamu lakukan menggunakan bobby pin? Melansir dari Refinery29, ini tips hack menggunakan bobby pin yang dapat kamu coba!

1. Mengeluarkan isi pasta gigi

Pixabay.com/Bruno Glätsch

Mengeluarkan isi pasta gigi sampai habis tentu membutuhkan tenaga yang lebih banyak, bukan? Terlebih kamu harus menekan dengan tabung pasta agar isinya terdorong sampai ke ujung kemasan. Namun, kamu nggak perlu lagi menyakiti jemarimu untuk melakukan hal itu, Bela. Cukup pakai bobby pin. Jepit bobby pin pada ujung kemasan pasta gigi, lalu geserkan penjepit itu ke ujung kemasan lainnya untuk mengeluarkan pasta gigi. Mudah, bukan?

2. Menahan paku saat memalunya

Pixabay.com/StockSnap

Pernah mencoba memalu paku ke permukaan tertentu? Awal-awal melakukannya, pasti kamu merasa takut kalau palu itu justru mengenai jemarimu yang sedang memegang paku? Jika masih merasa seperti ini, kamu bisa menggunakan bobby pin. Gunakan penjepit rambut ini untuk menahan paku saat ingin memalunya. Dengan begitu, kamu mengurangi risiko kesalahan memalu pada jari.

3. Menjadi perlengkapan nail-art

Pixabay.com/Yana Miller

Jika sering menghias kuku dengan nail-art sendiri, kamu harus punya bobby pin, Bela. Sebagian tutorial yang tersedia di Youtube maupun Pinterest sering menggunakan bobby pin sebagai salah satu perlengkapan nail-art. Ujung penjepit yang kecil ini cocok untuk membuat hiasan polkadot yang kecil pada kukumu.

4. Pembatas buku

Pixabay.com/Ylanite Koppens

Pencinta buku? Sering lupa membawa pembatas buku sendiri saat membaca? Tentunya, kamu nggak ingin merusak buku dengan melipat lembarannya, bukan? Gunakan bobby pin sebagai pembatas buku daruratmu. Penjepit kertas ini bahkan dapat menyatukan beberapa lembaran tebal jika kamu sudah membaca buku mendekati halaman akhir.

5. Menjepit ujung ikat pinggang

Pixabay.com/Couleur

Terkadang, bagian ujung ikat pinggang nggak sampai lubang pinggang celana atau rok sehingga itu akan menjuntai ke bawah. Tentunya, ini dapat mengganggu penampilan, ya? Ambil bobby pin-mu, dan gunakan penjepit rambut ini untuk menjepit ujung ikat pinggang yang nggak sampai lubang di celana. Masalahmu sudah selesai!

6. Menjadi obeng darurat

Pixabay.com/Lolame

Mungkin kamu sedang butuh obeng untuk mencopot baut atau mur. Namun terkadang, kamu nggak selalu membawa perkakas itu dalam tasmu. Alternatifnya, kamu dapat menggunakan bobby pin untuk memutar baut hingga terlepas dari benda yang sedang kamu perbaiki. Jepit rambut ini juga berguna ketika kamu perlu menekan tombol yang susah dijangkau pada alat tertentu.

7. Menjepit uang

Pixabay.com/Bruno Glätsch

Mendadak harus membawa uang banyak dan lupa membawa dompet? Ingin menaruh di saku baju namun uang itu menjadi kurang rapi? Kamu bisa melipatnya menjadi lebih rapi dan mudah dengan bobby pin. Uang dapat terlipat tanpa khawatir akan berantakan dan kamu bisa membawanya dengan mudah.

8. Menutup bungkus makanan

Pixabay.com/Miroslavik

Sering nggak sempat menghabiskan makanan ringan dan bingung bagaimana menuutup kemasannya? Ada banyak cara untuk menutup kembali kemasan camilan agar menjaganya dari udara masuk, dan salah satu tipsnya adalah menggunakan bobby pin. Penjepit rambut ini dapat menutup kemasan makanan ringan dengan erat dan mudah. Kamu pun bisa membukanya kembali jika ingin menyantapnya.

9. Menjepit dasi

Pixabay.com/Ariesa66

Jika kamu atau pasanganmu sedang kebingungan untuk menata agar lapisan dalam dasi tetap rapi, coba gunakan bobby pin. Alat ini dapat menjaga agar dua lapis dasi dapat 'diam' sehingga nampak rapi saat berjalan. Gunakan bobby pin berwarna hitam. Aksesori rambut ini akan terlihat seperti tie clip sesungguhnya dari kejauhan.

Banyak manfaatnya, bukan? Jadi, jangan menyepelekan keberadaan bobby pin, ya! Kamu perlu menyimpannya dengan baik sehingga saat membutuhkannya di saat darurat, kamu tahu letak penyimpanan aksesori rambut ini.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration