Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Dokumenter Terbaru Netflix yang Tayang di Bulan September 

Langsung catat jadwal tayangnya!

Cynthia Claudia

Netflix sebagai salah satu layanan online streaming terpopuler akan kembali menyajikan sederetan serial dokumenter terbaik pada bulan September 2021. Akan segera hadir biografi dari berbagai tokoh berpengaruh yang inspiratif, hingga kasus kriminal yang belum terungkapkan kenyataannya, dikemas secara komprehensif yang memudahkan para penonton untuk memahaminya.

Bagi para pencinta serial dokumenter, yuk, ikuti kisah 10 serial dokumenter terbaru yang akan segera tayang di Netflix berikut ini, Bela!

1. Countdown: Inspiration4 Mission to Space

Netflix.com

Serial dokumenter karya Jason Hehir bersama dengan Time Studios ini, membawa penonton mengikuti petualangan empat anggota Inspiration4 , yang meluncur ke luar angkasa untuk menyelesaikan misinya. Perjalanannya dimulai dari proses seleksi astronaut, hingga pelatihan yang diikuti selama berbulan-bulan.

Perjalanan mereka mulai meluncur dikemas sedemikian rupa agar menyajikan momen yang emosional bagi para penonton. Keempat anggota yang dimaksud dalam Inspiration4 adalah miliarder Jared Isaacman, insinyur Chris Sembroski, Geoscientist Sian Proctor, serta penyintas kanker tulang pertama Hayley Arceneaux.

Jangan lupa saksikan perjalanan mereka ke luar angkasa, ya!

2. Monsters Inside: The 24 Faces of Billy Milligan

Netflix.com

Netflix kembali hadir dengan cerita kriminal untuk menarik minat penggemar film kejahatan, yaitu dengan Monsters Inside: The 24 Faces of Billy Milligan. Serial dokumenter ini menyajikan kisah kejahatan dan kekerasan yang dilakukan seorang warga negara Amerika, Bily Milligan pada tahun 1970an. Namun, kasus ini menarik perhatian karena ia mengaku tidak bersalah atas kejadian tersebut.

Ia mengakui bahwa bukan dirinya yang melakukan kejahatan tersebut, namun kepribadian lainnya yang melakukannya. Pasalnya, ia dijuluki sebagai manusia dengan 24 kepribadian yang mengalami Dissociative Identitiy Disorder (DID).

Yuk, ikuti keseruan kisahnya dan bagaimana akhirnya kasus kejahatan tersebut terungkap, tayang tanggal 22 September.

3. Schumacher

Netflix.com

Penggemar F1 pasti mengetahui Michael Schumacher. Melansir dari Famous People, Michael Schumacher merupakan pembalap F1 asal Jerman yang telah menjuarai kompetisi sejak pertama kali mengikutinya tahun 1991, bahkan pernah menjuarainya selama enam tahun berturut-turut sebelum ia pensiun.

Netflix akan merilis dokumenter Schumacher pada tanggal 15 September untuk memperingati kejuaraan Schumacher pada Grand Prix Belgia tahun 1991. Film ini akan menceritakan mengenai perjalanan debut Schumacher ketika menyabet kejuaraan F1 pertamanya di sirkuit Spa-Francorchams, Belgia.

Selain perjalanan kariernya, film tersebut juga akan menampilkan kisah keluarga lelaki 52 tahun tersebut dengan sang istri (Corrina) dan buah hatinya (Gina- Maria dan Mich Schumacher).

4. Vendetta: Truth, Lies, and The Mafia

Netflix.com

Serial dokumenter kejahatan lainnya adalah Vendetta: Truth, Lies, and The Mafia, yang tayang perdana secara global tanggal 24 September mendatang. Serial Italia ini menceritakan mengenai dua tentara anti-mafia: Pino Maniaci, jurnalis sekaligus pembawa acara TV dan Silvana Saguta, hakim anti-mafia.

Mereka bertemu kembali pada tahun 2013 ketika Maniaci menginvestigasi sebuah kasus korupsi yang menunjukkan bahwa Saguto merupakan pelakunya. Saguto dan rekan-rekannya ditemukan mencuri uang sitaan dari bisnis yang melibatkan para mafia. Namun, Saguto menolak tuduhan tersebut dan menyatakan bahwa Maniaci melakukan pencemaran nama baiknya.

Penasaran dengan lanjutkan kisahnya? Saksikan perjalanan Maniaci, Saguto, keluargannya dan rekan-rekannya pada tanggal 24 September, ya!

5. Turning Point: 9/11 and the War of Terror

Netflix.com

Serial dokumenter karya Brian Knappenberger ini membedah peperangan yang terjadi pada tanggal 11 September 2001 di Amerika Serikat. Dokumenter ini juga menekankan kisah pribadi sekumpulan rakyatnya, lebih tepatnya bagaimana kejadian tersebut bisa mengubah kehidupan mereka dan negaranya.

Dari Uni-Soviet yang menginvasi Afghanistan pada tahun 1997, hingga jatuhnya negara Afghanistan kembali ke tangan Taliban, akan dikemas secara komprehensif dalam serial dokumenter yang terdiri dari 5 bagian tersebut. Sehingga, memudahkan para penonton untuk memahami sejarahnya.

6. Crime Stories: India Detectives

Netflix.com

Serial dokumenter yang wajib masuk list selanjutnya adalah Crime Stories: India Detectives, yang menyajikan perjalanan polisi Bengaluru di India dalam memecahkan berbagai kasus utama yang mencekam nyawa. Terdapat empat kasus yang kompleks dan menantang, yang harus dipecahkan oleh pihak kepolisian untuk menegakkan kembali keadilan.

Bengaluru merupakan ibukota sekaligus kota terbesar di daerah Karnataka, India Selatan. Kota ini dikenal dengan lembah dan pegunungannya yang indah, serta wilayah pedesaannya yang sering dikunjungi para turis.

7. Blood Brothers: Malcolm X & Muhammad Ali

Netflix.com

Merupakan karya sutradara Marcus Clarke, serial dokumenter ini mengisahkan mengenai perjalanan persahabatan Malcolm X dan Muhammad Ali. Perjalanannya diawali dari pertemuan yang nggak sengaja hingga peristiwa tragis yang menimpa mereka, sehingga mereka pun harus terpisahkan.

Kisah ini menyajikan wawancara antara sang petinju legendaris, Muhammad Ali dengan seorang pemimpin karismatik, Malcolm X. Sebagai seorang pemimpin, Malcolm X dikenal sebagai menteri muslim keturunan Afrika-Amerika dan Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) yang paling berpengaruh di Amerika, sehingga mampu mendirikan sebuah organisasi Afro-American Unity pada tahun 1964.

8. Untold: Breaking Point

Netflix.com

Serial dokumenter karya Maclain Way dan Chapman Way yang tayang di Netflix pada tanggal 7 September ini, menceritakan mengenai kehidupan Mardy Fish yang menjunjung tinggi kejuaraan tenis. Ia dituntut melanjutkan tradisi kejuaraan di dunia olahraga tenis Amerika.

Tuntutan menjadi sang juara ini akhirnya mengganggu kesehatan mental Mardy Fish sehingga kehidupan pribadinya berubah 180 derajat. Gangguan ini menghambat persiapannya dalam menghadapi lomba di lapangan pertandingan.

9. The Women and The Murderer

Netflix.com

Serial dokumenter yang segera tayang pada 9 September ini menyajikan kisah pembunuhan berantai yang dilakukan Guy Georges. Film garapan Mona Achache dan Patricia Tourancheau ini ditunggu-tunggu penonton karena mengungkapkan proses penangkapan Guy Georges dan dua wanita berjasa yang terlibat.

Pembunuhan berantai yang terjadi pada tahun 1991-1998 ini diselidiki oleh sekumpulan kepala polisi dan salah satu ibu korban yang meninggal. Ibu dari korban tersebut berusaha sekeras mungkin mengumpulkan petunjuk yang dapat membantu kasus penyelidikan polisi.

10. My Heroes were Cowboys

Netflix.com

My Heroes were Cowboys merupakan salah satu film dokumenter Amerika Serikat yang mengisahkan mengenai biografi Robin Wiltshire, yang segera tayang pada 16 September 2021. Robin Wiltshire merupakan seorang pelatih kuda terkenal yang memiliki masa kecil yang kelam.

Film dokumenter yang menguras air mata ini merupakan karya sutradara Tyler Greco, yang tayang selama 23 menit setiap bagiannya. Meskipun cukup singkat, namun penonton akan disajikan dengan kehidupan Robin Wiltshire dan masa lalunya yang menyakitkan, serta bagaimana ia akhirnya memilih untuk menjadi seorang pelatih kuda untuk mencapai mimpinya.

Itulah 10 rekomendasi serial dokumenter terbaru yang akan tayang pada bulan September 2021 di Netflix, Bela. Bagi Bela yang gemar nonton serial dokumenter, terutama yang bertema kejahatan, segera catat jadwal tayangnya, ya!

Selamat menonton!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration