Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kisah Pahit Medusa, Perempuan Berambut Ular yang Dikutuk

Cerita tragis Medusa viral di TikTok

Cynthia Claudia

Sosok Medusa sebagai perempuan berkepala ular akhir-akhir ini sedang viral di TikTok. Viralnya unggahan Medusa ini bermula dari seorang content creator yang berbagi video tentang kejadian traumatis berupa pelecehan seksual yang dialaminya di masa lalu.

Unggahan gambar Medusa berambut ular akhirnya dibagikan di akhir cuplikan video tersebut. Pengguna lainnya pun lantas dibuat penasaran oleh unggahan misterius tersebut, karena berkaitan dengan sosok Medusa.

Medusa merupakan sebuah karakter perempuan berambut ular dari mitologi Yunani. Namun, Medusa dulunya merupakan manusia biasa berparas rupawan yang dikutuk menjadi monster. 

Bagi Bela yang penasaran, berikut ini adalah kisah Medusa, perempuan berambut ular yang dikutuk.

1. Memiliki paras yang cantik

ancient-code.com

Medusa awalnya dikenal seorang pendeta perempuan di kuil milik Athena. Menurut kisah Metamorphoses karya Ovid, asal muasal Medusa digambarkan sebagai sosok perempuan yang cantik.

Praas Medusa yang cantik ini sampai mengundang perhatian Poseidon, sang dewa laut, yang merupakan saudara dari Hades dan Zeus. Karena menginginkan Medusa, Poseidon akhirnya mengajak Medusa ke kuil Athena dan memerkosanya di sana.

2. Merupakan anak dari dewa laut purba

Youtube.com/Mythology & Fiction Explained

Melansir dariTheogony karya Hesiod, Medusa merupakan anak dari dewa laut purba Keto dan Phorkys. Dewa laut tersebut memiliki dua anak selain Medusa, yaitu Stheno dan Euryale yang merupakan makhluk abadi.

Sementara Medusa merupakan satu-satunya makhluk fana. Ketiga anak ini disebut sebagai tiga bersaudara Gorgon.

3. Dikutuk Athena menjadi monster berambut ular

ancient-origins.net

Ulah Poseidon sebagai dewa laut pun diketahui oleh Athena. Dirinya marah atas tindakan yang dilakukan di kuilnya. Untuk membalas dendam atas kejadian ini, Athena pun mengutuk Medusa agar memiliki rambut ular.

Kutukan ini tujuannya agar tidak ada lagi pria yang tertarik mendekati Medusa. Siapa pun yang menatap mata Medusa secara langsung akan berubah menjadi batu.

4. Perseus berusaha mengambil kepala Medusa

ancientworldmagazine.com

Perseus, si setengah dewa diceritakan memiliki misi untuk mengambil kepala monster ular Medusa. Ia menjalankan misinya dengan mengunjungi kediaman Gorgon bersaudara.

Perseus perlahan-lahan menyerang Medusa selagi ia tertidur. Perseus menggunakan perisai yang diberikan Athena dan merefleksikan bayangan Medusa. Ia akhirnya berhasil memenggal kepala Medusa dan membawa pulang kepalanya.

5. Kepala Medusa digunakan Perseus sebagai senjata

ancient-origins.net

Menurut kisah lanjutan Perseus, karakter setengah dewa tersebut menggunakan kepala Medusa sebagai senjata. Senjata ini dipakai dirinya ketika menyelamatkan Andromeda.

Ia menyerang Cetus dengan mengubahnya menjadi batu. Cetus adalah monster bawaan Poseidon yang akan menyerang Andromeda.

6. Kepala Medusa harus diasingkan

thoughtco.com

Kekuatan Medusa tidak sepenuhnya hilang setelah kepalanya dipengggal. Siapa pun yang menatap kepala Medusa tetap bisa berubah menjadi batu. 

Maka, Perseus pun harus memasukkan kepala Medusa ke sebuah karung spesial bernama kybisis. Kepala Medusa harus diasingkan untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

7. Lahir dua makhluk yang berbeda akibat dipenggal Perseus

en.artsdot.com

Setelah Perseus memenggal Medusa, ternyata lahir pula makhluk mitologi lainnya dari leher Medusa, yaitu Pegasus. Makhluk Pegasus merupakan kuda bersayap yang menjadi tunggangan Perseus untuk terbang dan mengantarkan kepala Medusa. 

Makhluk lainnya yang juga keluar dari badan Medusa sadalah Chrysaor, seorang raksasa yang lahir dengan memegang pedang emas.

8. Medusa melambangkan amarah dan perlindungan

newcastlebeach.org

Nama Medusa sendiri merupakan kata kerja dalam bahasa Yunani kuno yang berarti “untuk menjaga atau melindungi.” Di sisi lain, Medusa juga melambangkan perlawanan terhadap patriarki, mengingat kisahnya yang menunjukkan bahwa kekuatannya masih ada meskipun sudah mati.

Itulah sejarah mengenai Medusa, monster berwujud perempuan berkepala ular yang sering dijadikan sebagai karakter antagonis film-film yang bercerita tentang mitologi Yunani. Apakah kamu pernah nonton film-filmnya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration