Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Dirayakan Tanggal 22 April, Ini Perayaan Hari Bumi di Seluruh Dunia

Hadir berbagai acara, kelas, dan festival menarik

Cynthia Claudia

Earth Day atau Hari Bumi Sedunia, yang jatuh pada setiap tanggal 22 April, telah dirayakan berbagai negara di dunia. Menurut situs resmi Hari Bumi, Hari Bumi pertama kali diadakan tahun 1970, oleh Gaylord Nelson, seorang senator Wisconsin dan advokat keadilan lingkungan.

Perayaan Hari Bumi merupakan bentuk dukungan setiap negara terhadap kepedulian dan perlindungan lingkungan. Berbagai kegiatan perayaan di penjuru dunia pun diadakan untuk memperingati Hari Bumi, tujuannya untuk meningkatkan kesadaran publik tentang masalah lingkungan dan bagaimana cara mengatasinya.

Mulai dari tur ke berbagai lokasi ramah lingkungan di New York City, hingga festival pendidikan di Villa Borghese, Roma, mari kita simak apa saja perayaan-perayaan Earth Day di berbagai negara berikut.

1. Tokyo, Jepang

Kentaro Ohno/Flickr

Menurut Yale's Environmental Performance Index, Jepang termasuk negara paling ramah lingkungan di Asia. 

Tradisi merayakan Hari Bumi telah dilakukan negara Jepang sejak tahun 2001. Hari Bumi Sedunia pun diramaikan melalui sebuah festival yang hadir di Taman Yoyogi, Tokyo setiap tanggal 21 April dan 22 April. 

Festival ini terdiri dari live music, dan juga diramaikan oleh kios-kios yang menjual makanan dan kerajinan tangan. Setiap tahun, festival ini dikunjungi lebih dari 100.000 pengunjung.

2. Austin, Texas, Amerika Serikat

RoschetzkyProductions/Shutterstock

Austin disebut sebagai kota terhijau di Amerika Serikat, menurut ListShack. 

Ibokota Texas ini merayakan Hari Bumi dengan mengadakan kegiatan demo sepeda, kelas olahraga, pertunjukan musik, dan berbagai acara lainnya yang diadakan pendukung keadilan lingkungan.

3. Barcelona, Spanyol

insider.com

Menurut Environmental Performance Index (EPI) 2018, yang membandingkan kebijakan lingkungan dari 180 negara di seluruh dunia, negara Spanyol berada di peringkat ke-12.

Kota Barcelona di Spanyol diramaikan dengan sebuah pameran tahunan di Parc Central de Nou Barris (tanggal 21-22 April). Pamerannya menghadirkan pasar petani, workshop serta konferensi pendidikan lingkungan.

4. New York, Amerika Serikat

insider.com

Pusat perkotaan terbesar di Amerika, New York City, mengadakan berbagai kegiatan yang megah. Warganya bisa menikmati 5K Green Tour (tamasya keliling kota dengan pemberhentian di berbagai lokasi ramah lingkungan, termasuk Broadway theater), kursus kilat mengenai pohon jalanan di Brooklyn, dan pesta tentang pelestarian lingkugan di Union Square.

5. Vancouver, British Columbia, Kanada

insider.com

Kota Vancouver di Kanada dikenal dengan parade dan festival Hari Bumi tahunan (21 April), yang menampilkan live music dan truk makanan. Perayaan ini telah menjadi sebuah tradisi sejak tahun 2011, yang dimulai oleh kelompok keadilan iklim dari sebuah sekolah.

6. Roma, Itali

shutterstock.com

Hari Bumi dirayakan melalui Concerto per la Terra, sebuah festival pendidikan outdoor gratis yang diadakan di Villaggio per la Terra, Villa Borghese. Festival pendidikan ini menyoroti lomba olahraga anak-anak dan para remaja, serta lomba lokakarya sains yang membahas mengenai topik vulkanologi dan astrofisika.

7. Kopenhagen, Denmark

shutterstock.com

Menurut Yale's Environmental Performance Index, Denmark termasuk negara ketiga yang paling ramah lingkungan di dunia.

Selama empat tahun berturut-turut, ibu kota Denmark, Kopenhagen, menggelar acara bernama Earth Day United. Di Bertel Thorvaldsens Plads, dekat Istana Christiansborg, para dukun dan tabib Angajoq Nattoralissuaq akan membahas pentingnya bersatu untuk melindungi planet ini.

8. Den Haag, Belanda

shutterstock.com

Kota Den Haag menyelenggarakan perayaan Hari Bumi dengan beragam kegiatan. Pada tanggal 21 April, warganya dapat memilih dari berbagai kegiatan yang diadakan, mulai dari kelas memasak vegan, workshop tentang bebas sampah, dan presentasi mengenai atap hijau.

9. Seattle, Washington, Amerika Serikat

shutterstock.com

Di Seattle, orang-orang merayakan Hari Bumi dengan mengikuti acara budaya seperti Pints & Public Lands Film Fest (20 April), menampilkan tujuh film pendek yang membahas mengenai pelestarian lingkungan, dan Ecco Chamber Ensemble's Earth Day Tribute (April 21), sebuah pertunjukan musik yang terinspirasi dari peran penting air dalam kehidupan kita.

Penggemar sepak bola Seattle juga dapat memberi hormat kepada planet ini di pertandingan yang diadakan tanggal 22 April. Dalam dua tahun berturut-turut, tim Sounders akan mengenakan perlengkapan yang terinspirasi dari Hari Bumi. 

Selain itu, orang-orang yang ingin berkontribusi bagi lingkungannya dapat secara sukarela membersihkan taman di sekitar King County, Washington, termasuk Skyway Park dan Cecil Moses Memorial Park.

10. Washington, D. C., Amerika Serikat

Flickr.com/Molly Adams

Menurut daftar Travel + Leisure, Washington, D. C. merupakan salah satu dari 10 kota yang paling hijau di dunia. Di ibu kota Amerika tersebut, kita juga bisa menemukan lebih dari 230.000 hektar taman.

Sebuah acara kuliner di Mess Hall untuk memperingati Hari Bumi telah diadakan sejak tanggal tanggal 19 April. Orang-orang juga akan bergabung dalam program pembersihan lingkungan pada tanggal 21 April.

Itulah berbagai kegiatan perayaan di seluruh dunia untuk memperingati Hari Bumi. Apakah ada kegiatan di atas yang menarik perhatianmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration