Setiap binatang memiliki karakteristik dan manfaatnya sendiri. Ada yang seluruh tubuhnya bermanfaat bagi manusia hingga bagi lingkungan sekitar. Namun beberapa lainnya juga bisa menjadi hama. Meski demikian, kehadiran para binatang itu sangat penting, terlebih bagi ekosistem. Baik mamalia hingga serangga, mereka semua memiliki tugas dan perannya masing-masing dalam menjadi ekosistem ini.

Kali ini kita akan membahas manfaat serangga. Ada 11 jenis serangga yang memiliki manfaat besar bagi lingkungan maupun manusia, lho, Bela. Apa saja jenis serangga ini dan manfaatnya? Yuk, kita kenalan dengan mereka.

1. Ladybug

11 Jenis Serangga yang Bermanfaat untuk Lingkungan dan Manusiaunsplash.com/vincent-van-zaling

Binatang imut kecil dengan warna menggemaskan ini, ternyata memberi manfaat bagi lingkungan. Ladybug adalah predator dan memakan berbagai jenis serangga berbeda yang mengganggu tanaman di rumah, seperti kutu daun, lalat putih, hingga serangga lain yang merusak tanaman.

Faktanya, ladybug bisa memakan hingga 5 ribu kutu daun selama hidupnya. Kepik satu ini juga memiliki darah dengan aroma yang sangat kuat dan mempunyai fungsi untuk mengusir berbagai hewan predator berbahaya di halaman rumah.

2. Kepik Pembajak

11 Jenis Serangga yang Bermanfaat untuk Lingkungan dan Manusiawikiwand.com

Kamu sudah tahu belum Bela tentang serangga satu ini? Yap, si kepik pembajak. Serangga satu ini tidak mengganggu tanamanmu, justru malah membantu tanamanmu terhindar dari hama yang mengganggu. Kepik pembajak akan banyak ditemui ketika memasuki musim kemarau.

Dikutip dari Iowa State University, kepik pembajak mengonsumsi berbagai jenis telur dari hama pengganggu yang menempel pada daun di tanaman. Mereka juga berperan sebagai predator bagi serangga berbahaya lain yang mengganggu tanamanmu.

3. Lebah Madu

11 Jenis Serangga yang Bermanfaat untuk Lingkungan dan Manusiapexels.com/hiếu-hoàng

Serangga satu ini begitu amat penting bagi manusia dan juga tanaman. Ada lebih dari 80% tanaman yang dikonsumsi manusia merupakan hasil dari pembuahan lebah madu. Bahkan, dikatakan bahwa lebah menyumbang lebih dari 20 miliar dolar atau sekitar Rp28,8 triliun untuk nilai produksi tanaman di Amerika Serikat saja.

Mereka membantu dalam penyebaran serbuk sari dari bunga ke bunga lainnya saat mencari nektar. Tak hanya itu, madu yang mereka hasilkan pun sangat bermanfaat bagi manusia.

4. Kupu-kupu

11 Jenis Serangga yang Bermanfaat untuk Lingkungan dan Manusiaflickr.com/larry_d

Serangga yang memiliki sayap indah ini bertugas melakukan penyerbukan dari tanaman atau bunga yang berada di sekitar halaman rumah terlebih tanaman hias. Penyerbukan sendiri amat penting sebagai proses perkembangbiakan tanaman. Memiliki tugas yang sama seperti lebah, bedanya kupu-kupu dapat terbang lebih jauh dan dalam skala yang lebih luas. Mereka memiliki peranan penting dalam ekosistem biologi dan rantai makanan.

5. Kumbang Tentara

11 Jenis Serangga yang Bermanfaat untuk Lingkungan dan Manusiagardeningknowhow.com

Kumbang satu ini mungkin jarang terlihat karena memiliki habitat di dalam pohon kayu. Kumbang jenis ini juga merupakan predator hama untuk menjaga tanaman dan bunga di halaman. Warnanya yang kecokelatan seringkali tersamar di antara pepohonan.

6. Kumbang Tanah

11 Jenis Serangga yang Bermanfaat untuk Lingkungan dan Manusiacatseyepest.com

Selain kumbang tentara, ada pula kumbang tanah. Serangga satu ini merupakan serangga nokturnal dan predator buas dari keong, siput, ulat, dan belatung kubis yang merupakan hama kebun. Satu larva kumbang saja bisa memakan lebih dari 50 ulat. Mereka sangat membantu menjaga kesehatan tanah.

7. Laba-laba

11 Jenis Serangga yang Bermanfaat untuk Lingkungan dan Manusiaflickr.com/adam_deleu

Dari penampilannya mungkin agak menakutkan, bahkan jaring-jaring yang mereka buat pun membuat pemandangan menjadi terganggu. Tapi jangan salah, mereka punya manfaat tersendiri untuk lingkungan dan manusia. Laba-laba adalah serangga yang bisa membasmi serangga lain yang mengganggu. Mereka menyerang nyamuk hingga kecoa yang tersasngkut pada jaring-jaringnya.

Hewan-hewan itu merupakan mangsa atau makanan si laba-laba. Dilansir dari Heart, ahli Biologi, Martin Nyffeler, dari University of Basel di Swiss menjelaskan bahwa laba-laba menjadi musuh alami serangga, seperti halnya semut dan burung. Mereka dapat melahap 800 juta ton serangga setiap tahun di seluruh dunia.

8. Belalang Sembah

11 Jenis Serangga yang Bermanfaat untuk Lingkungan dan Manusiapexels.com/quang-nguyen-vinh

Jika kamu melihat belalang sembah di halaman rumahmu, jangan buru-buru membunuhnya. Mereka tidak sedang mengganggu tanamanmu melainkan mereka memangsa serangga-serangga kecil pengganggu. Dikutip dari Homeguides SFGate, tidak sedikit orang yang dengan sengaja melepaskan beberapa belalang sembah pada kebunnya untuk melawan serangga-serangga yang mengganggu di halamannya.

9. Lacewings

11 Jenis Serangga yang Bermanfaat untuk Lingkungan dan Manusiabobvila.com

Lacewings atau singa kutu ini mungkin kurang dikenal olehmu, tapi perlu kamu ketahui bahwa serangga satu ini juga bermanfaat bagi lingkungan. Lacewings memiliki tubuh berwarna kehijauan dan sayapnya tampak transparan. Mereka adalah pemburu serangga hama yang hebat bahkan ketika masih berupa larva.

Serangga-serangga yang diincarnya seperti kutu daun, kutu putih, ulat kecil, tungau, dan lalat putih. mereka adalah pemangsa yang angresif, tapi hati-hati dengan semut. Hewan ini dapat memakan telur-telur lacewings, jadi perlu dihindari.

10. Tawon

11 Jenis Serangga yang Bermanfaat untuk Lingkungan dan Manusiapexels.com/david-hablütze

Meski sedikit menakutkan dan berbahaya jika kena sengatnya, namun tawon adalah predator yang penting. Mereka memiliki peran ekologi untuk membasmi berbagai hama yang mengganggu. Selain itu, mereka juga terlibat dalam penyerbukan. Tawon bahkan bisa digunakan sebagai bio-indikator kualitas ekosistem atau lingkungan.

11. Capung

11 Jenis Serangga yang Bermanfaat untuk Lingkungan dan Manusiapexels.com/pixabay

Capung adalah serangga yang paling sering ditemui di danau dan sekitarnya. Usia hidupnya pun cukup panjang, yaitu hingga 6 bulan. Mungkin kamu akan sedikit risih jika banyak capung beterbangan di halaman rumah. Tapi jangan dibasmi, ya, Bela. Pasalnya capung-capung ini bermanfaat untuk memakan jentik-jentik nyamuk yang berada pada genangan air dan mencegah populasi nyamuk untuk tumbuh dalam jumlah yang banyak. Mereka juga membasmi hama lain seperti lalat, ngengat, lalat putih, dan lalat buah.

Nah, itu dia 11 jenis serangga yang bermanfaat bagi lingkungan dan manusia. Jadi, jika bertemu mereka jangan langsung dibunuh atau dibasmi, ya!

Baca Juga: Ini 7 Tumbuhan Pemakan Serangga yang Dapat Bersihkan Rumahmu

Baca Juga: 7 Tanaman Unik yang Punya Kemampuan Tak Biasa

Baca Juga: Hati-Hati! 10 Tanaman Hias Ini Malah Bisa Sebabkan Alergi