Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cewek Punya Rumus Sendiri Soal Keuangan, Relate?  

Bebas utang dan gaya hidup sederhana adalah kunci

Bima Prakasa

Topik financial freedom memang lagi hangat dibahas di media sosial ya, Bela. Kamu sempat ngikutin nggak nih? Nah secara general, definisi financial freedom ini punya versinya masing-masing.

Tapi, kali ini Popbela bakal bahas definisi financial freedom versi cewek nih. Kira-kira pada yang relate nggak ya? Keep scrolling ya!

1. Punya penghasilan sendiri dan bebas utang

Shutterstock/PR Image Factory

Memiliki penghasilan sendiri memang adalah poin penting pertama untuk mencapai financial freedom. Cara untuk mencapainya bisa Bela peroleh dari meningkatkan value, kemampuan, keahlian diri sehingga nantinya bisa mendapatkan penghasilan deh. 

Jadi, biasanya yang memiliki financial freedom nggak fokus pada uangnya, tetapi fokus pada cara untuk mengembangkan keahlian. Dari hal itu, penghasilan akan datang dengan sendirinya.

Ada lagi nih, bebas utang. Sebab, punya utang juga menjadi salah satu yang menghambat kebebasan finansial ini. Ingat, terlilit hutang jadi bikin susah nantinya. Tapi kalau kamu mampu untuk mengembalikannya, sah-sah saja kok asal bertanggung jawab ya.

2. Wajib banget punya financial goals

Shutterstock/Doucefleur

Belajar dari mereka yang sudah memiliki financial freedom, biasanya sih mereka juga memiliki financial goals atau tujuan keuangan yang sudah ditetapkan. Misalnya sudah membuat perencanaan keuangan yang dikelola untuk tujuan menikah, mendirikan usaha, atau beli rumah, kendaraan, dan lain-lain. 

Dengan adanya tujuan, proses pengelolaan keuangan jadi lebih mudah dan konsisten Bela. Jadi, gak berantakan deh! Apakah kamu sudah memiliki financial goals?  

3. Nggak boros, nggak terpengaruh gaya hidup mewah

Shutterstock/Narith Thongphasuk38

Sifat boros emang sering menghantui para cewek, setuju gak Bela? Apalagi kalau melihat ada barang diskon bawaannya jadi ingin beli. Eits, hati-hati hal ini bisa membuat kamu jauh dari financial freedom. Karena justru hal-hal seperti ini bikin berantakan mengatur keuangan nantinya. 

Agar pengelolaan keuangan kamu gak berantakan, mudah, dan nyaman, Popbela punya tips nih buat kamu. Kamu bisa menggunakan fitur Kantong dari Bank Jago. Tapi tentu mesti daftar akun dulu ya. Cara daftarnya mudah, hanya dalam beberapa menit kamu sudah bisa punya akun Jago. Nanti begitu selesai daftar, kamu langsung bisa buat banyak Kantong di dalam Kantong.

Setiap Kantong bisa kamu tentukan sendiri untuk buat apa. Bisa buat nabung, pengeluaran sehari-hari, zakat, dan lain-lain. Fitur inovatif dari Jago ini tujuannya biar keuangan nggak kecampur-campur. Jadi, kamu nggak perlu lagi bikin tiga rekening bank (yang bisa bikin bayar tiga kali admin).

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan fitur Kantong Bersama. Fitur ini adalah sebagai wadah untuk kamu menempatkan uang bersama. Kamu pun juga bisa menentukan target di Kantong ini. 

Misalnya kamu dan pasangan kamu mau nabung bareng? Bisa. Arisan? Jadi transparan. Patungan mau beli kado atau traveling? Bisa banget. Makin gampang kan? Coba aja deh, pasti kamu terbantu dengan adanya fitur dari Bank Jago ini. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa klik di sini ya!

4. Tentunya siap mental buat hidup sederhana

Shutterstock/Dean Drobot

Coba deh kalau kamu bertemu atau melihat yang memiliki financial freedom, gaya hidupnya terlihat sederhana ya? Melihat hal ini, Bela bisa mengambil pelajaran bahwa hal paling penting untuk mendapatkan kebebasan finansial adalah memperbesar pemasukan dan meminimalisir pengeluaran. 

Kamu wajib mengerti hal apa saja yang merupakan kebutuhan dan harus didapatkan. Bukan selalu mengejar keinginan. Wah, bisa bikin bahaya keuangan sih kalau mengejar keinginan terus. Setuju Bela?       

5. Punya investasi sejak muda

Shutterstock/Backgroundy

Nah untuk bisa menambah pemasukan, salah satu caranya adalah berinvestasi sedari dini. Karena dengan investasi melalui produk investasi seperti saham atau reksadana, kamu punya kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari compound interest dari produk investasi tersebut. Yang terpenting adalah pastikan saja untuk berinvestasi pada hal yang legal dan di platform yang kredibel ya, Bela.

Gimana menurut kamu? Apakah ada hal lain yang harus dimiliki untuk mencapai financial freedom? Tulis di kolom komentar ya! Kalau artikel ini bermanfaat boleh share ke teman-temanmu yang lain ya! (WEB)

IDN Media Channels

Latest from Inspiration