Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bisa Memahami Emosi, 25 Fakta Menarik Tentang Anjing ini Bikin Kagum

Bikin kita makin sayang sama anabul kaki empat ini

Audia Natasha Putri

"Aku punya anjing kecil. Kuberi nama Helly. Dia senang bermain-main. Sambil berlari-lari."

Hayo ngaku, siapa yang membacanya sambil bernyanyi? Ya, lagu karya Chica Koeswoyo yang populer pada circa 1980-2000-an turut mewarnai masa kecil kita akan lagu anak yang sangat membekas di ingatan kita.

Uniknya, Chica menulis lagu ini terinspirasi dari anjing kesayangannya yang bernama Helly. Anjing yang sudah dianggap seperti saudara ini menjadi muse bagi Chica dalam menciptakan lagu anak-anak.

Mempunyai anjing peliharaan memang sangatlah menyenangkan. Mereka menganggapmu sebagai sosok pelindung dan dapat merasakan emosimu di kala sedih, senang, atau tertekan.  Tak heran jika mereka akan mengajakmu bermain, menemanimu ketika beraktivitas, atau bahkan memelukmu di kala sedang sedih.

Anjing juga terkenal cerdas dan memiliki kemampuan luar biasa, seperti penciuman yang tajam, sensitif terhadap orang berniat jahat, atau sesederhana memahami perasaanmu. Jika kamu membaca artikel ini, kamu akan mengetahui fakta luar biasa anjing yang jarang diketahui banyak orang.

Penasaran? Yuk, baca artikel ini sampai habis!

1. Selain terkenal akan bokong semoknya yang bikin gemas, Pembroke Welsh Corgis dikenal sebagai kendaraan dan teman bagi peri-peri kecil dalam legenda Britania Raya.

Unsplash.com/Florencia Potter

2. Labrador Retrievers adalah anjing paling populer dan banyak dipelihara di Amerika Serikat setiap tahunnya sejak 2013.

The Spruce Pets

3. Berbeda dengan ras anjing lainnya yang menggonggong, anjing Basenji justru berteriak untuk berkomunikasi. Agak seram ya, Bela, kalau mereka berteriak di malam hari.

Petfinder

4. Dalam bahasa Inggris, sekumpulan anak anjing Pug disebut dengan 'grumble' atau dalam bahasa Indonesia berarti menggerutu. Hmm mungkin karena ekspresi anjing satu ini cukup jutek.

Wikipedia

5. Bak superhero, sekumpulan anjing ras Siberian Husky menjadi kendaraan untuk mengantar stok serum diphteria dan menyelamatkan penduduk di kota kecil di Alaska dari pandemi mematikan ini.

Animals Neet

6. Ras Greyhounds mendapat predikat anjing tercepat di dunia dengan kecepatan berlari hingga 45 mil/jam.

American Kennel Club

7. Anjing besar berekspresi sayu, Basset Hounds mengenali berbagi bau dan aroma menggunakan telinga besarnya. Selain itu, ras ini masuk dalam daftar anjing dengan penciuman terkuat.

Keystone Puppies

8. Rata-rata anjing memiliki kecerdasan setara dengan anak berusia 2 tahun. Mengutip American Psychological Association, anjing dapat mengenali berbagai gestur tubuh dan mempelajari 250 kata, setara dengan kemampuan seorang batita.

Newman.nsw.au.com

9. Sebuah jurnal Frontiers in Zoology memaparkan bahwa anjing sensitif terhadap berbagai medan magnet di bumi. Karena itu, anjing selalu buang air besar dengan mensejajarkannya sesuai medan magnet bumi.

Labrador Training

10. Anjing memiliki tiga kelopak mata. Dua buah yang terlihat dan satunya berfungsi memproduksi air mata yang terletak di sudut mata.

Retriever.club

11. Anjing pertama hidup di dunia sejak 31.700 tahun yang lalu dengan fisik mirip Siberian Husky.

Sci.news

12. Ras anjing kecil seperti Pomeranian dan Toy Poodle mengangkat kakinya saat kencing. Hal ini menjadi kamuflase agar anjing lain mengira mereka cukup besar.

Allaboutpoms.com

13. Ketika minum, anjing menggunakan bagian belakang lidahnya yang membuatnya tampak bengkok ketika menjilat air.

American Kennel Clubs

14. Berfungsi sebagai navigator, anjing dapat mengetahui ke arah mereka berjalan, bahkan dalam kegelapan sekalipun dengan kumisnya.

The Spruce Pets

15. Pernah melihat telapak anjingmu basah? Hal itu normal ya, Bela. Hal ini karena kelenjar keringat mereka ada di telapak kaki.

Dreamtime.com

16. Anjing memiliki 10 gigi lebih banyak dari manusia dengan jumlah 42 gigi.

The Spruce Pets

17. Anjing memiliki 18 otot yang berfungsi untuk mengontrol telinga mereka.

dogs.love.toknow.com

18. Berkat perkembangan resolusi HDTV yang semakin apik, kini anjing bisa menonton televisi bersamamu. Jauh sebelum itu, televisi hanya tampak seperti lampu sorot bagi anjing.

New York Times

19. Sering dimanfaatkan sebagai hewan pelacak, anjing memiliki indra penciuman 10 ribu hingga seratus ribu kali lebih akurat daripada manusia.

Vet Street

20. Seorang anjing bernama Kirsch mendapat gelar pendidikan master degree atau S2 Kesehatan Mental atas dedikasinya menemani sang pemilik di semua kelas selama berkuliah.

Boise State University

21. Otak manusia dan otak anjing memiliki fungsi yang sama selama tidur. Karena itu, anjing juga dapat bermimpi ketika tidur.

Freepik.com/Wirestock

22. Sebagai hewan perasa, anjing dapat memahami emosimu hanya dengan mendengarkan nada suaramu.

Vogue.com

23. Di Kosta Rika, terdapat shelter sukarelawan anjing liar bernama Territorio de Zaguates, atau "Land of the Strays", berlokasi di hamparan tanah hijau luas dengan bukit menerjal tinggi. Disebut sebagai "surga anjing", terdapat 900 anjing yang bisa kamu ajak main sambil menikmati alam.

National Geographic

24. Anjing Dalmatian lahir dengan kulit putih polos tanpa corak polkadot khasnya.

reddit.com/Sharonxls

25. Bukan tanpa alasan, anjing sengaja bersin ketika untuk menunjukkan bahwa mereka tidak agresif dan sangat welcome ketika bertemu dengan sesamanya.

Pixabay.com

Nah, itulah deretan fakta menarik anjing yang dapat memperluas wawasanmu akan hewan satu ini. Bikin makin sayang!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration