Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Ras Anjing dengan Usia Terpanjang, Ada yang Sampai 19 Tahun

Bisa jadi teman hidupmu, nih!

Audia Natasha Putri

Bagi kamu yang ingin nemelihara anjing, sebaiknya memerhatikan beberapa pertimbangan sebelum mengadopsinya.Misalnya, ukuran tubuh, perilaku, jenis, dan usia anjing. Menurut penelitian, ukuran anjing ternyata sangat berperan penting dalam memengaruhi usia ras anjing.

Catherine Lenox, dokter hewan perusahaan pet food Royal Canin berujar ada kecenderungan bahwa anjing berukuran kecil hidup lebih lama. Selain ukuran tubuh, ada beberapa hal yang memengaruhi usia, seperti penyakit, genetik, dan kecelakaan tidak terduga. Mengutip Reader's Digest, berikut 7 jenis anjing dengan tingkat harapan hidup tinggi.

1. Coton de Tulear (15-19 tahun)

K9rl.com

Jenis anjing ini memiliki rentang hidup rata-rata 15 hingga 19 tahun dan layak mendapat gelar anjing dengan rentang hidup terpanjang. Mirip dengan ras Bichon Frise dan Maltese, anjing berbulu lebat dan panjang ini tentunya sangat menggemaskan.

Konon, Coton de Tulear berasal dari sebuah kapal karam di Madagaskar, ketika sekelompok anak anjing putih kecil ini berenang ke pantai untuk menyelamatkan diri. Anjing manis dan setia ini memiliki berat rata-rata 6,8 kilogram dan senang pergi ke manapun bersama tuannya.

2. Chinese crested (13-18 tahun)

Pinterest

Chinese crested merupakan ras anjing yang berperilaku seperti kucing, yakni senang berada di tempat tinggi. Meski senang duduk di atas sofa, ras ini tidak melompat seperti kucing.

Selain itu, anjing ini juga lebih ramah dan lebih mudah beradaptasi dibandingkan dengan kucing. Anjing ini tidak berbulu dengan warna tubuh merah muda berbintik, dan tidak berbau seperti kebanyakan anjing lainnya.

3. Rat terrier (12-18 tahun)

Pixabay

Anjing ini dinamakan Rat terrier oleh mantan Presiden AS Teddy Roosevelt karena anjing-anjing ini berjasa memerangi serangan hama tikus di Gedung Putih. Ras anjing ini memiliki pendirian yang kuat dan agak keras kepala dalam merespons sesuatu.

Karena itu, anjing ras ini perlu diberi batasan yang konsisten, pelatihan kepatuhan dan melatih secara penuh potensi yang dimilikinya.

4. Shih tzu (10-18 tahun)

Meredith Corp

Jika kamu ingin memelihara anjing berbulu panjang dan pintar, Shih tzu bisa menjadi solusi. Shih tzu memiliki sifat yang sangat manja dan sangat ekspresif yang dapat membuat pemilknya gemas.

Selain itu, Shih tzu dapat memelajari hal-hal baru, berkenalan dengan orang lain atau anjing lain ketika diajak jalan-jalan. Sikap inilah yang membuat tuannya terkesima dengan anjing Shih tzu.

5. Chihuahua (14-16 tahun)

Unsplash

Bagi kamu yang ingin mencari ras anjing yang setia dengan perawatan rendah, Chihuahua bisa menjadi solusi. Dengan bobot rata-rata 2,7 kilogram, ras anjing dapat dibawa berjalan-jalan ke mana saja dengan mudah.

Chihuahua diketahui bisa berusia hingga belasan tahun. Namun, Chihuaha tidak dapat menahan panas tubuh dikarenakan ukurannya yang kecil. Karena itu, pastikan tubuh anjing ini dalam kondisi hangat. 

6. Dachshund (12-16 tahun)

Wikimedia

Mengutip American Kennel Club, Dachshund menduduki no ke-12 ras anjing paling populer. Memiliki postur tubuh panjang dengan kaki pendek, membuat Dachshund terlihat seperti sosis yang menggemaskan.

Selain itu, Dachsund memiliki rasa ingin tahu yang tinggi serta aktif yang membuatnya sebagai salah satu ras anjing berumur panjang.

Anjing ras ini sangat senang makan, namun perlu diperhatikan lagi agar tidak obesitas. Kelebihan berat badan pada dachshund menimbulkan risiko cedera punggung bawah atau invertebral disk disease (IVDD).

7. Pomeranian (10-16 tahun)

Adobe Stock

Ras anjing lucu dan berbulu lebat ini cukup populer di antara dog lovers. Memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan wajah menggemaskan, tak heran pomeranian berada di urutan ke-23 dalam daftar ras anjing paling populer.

Selain berumur panjang, Pomeranian memiliki karakteristik yang manis, setia dan sangat aktif. Bulu lebat yang menawan pada Pomeranian membuat anjing ini mirip seperti bola kapas yang menggemaskan.

Meski menggemaskan, terkadang Pomeranian bisa menjadi sedikit sombong dan agresif. Tetapi ketika bersama tuannya, hewan ini sangat hangat dan ramah.

Kira-kira mana nih, anjing favoritmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration