Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Berencana Foto Keluarga Saat Lebaran? Lakukan 7 Tips Ini Yuk!

Sudah siap bersenang-senang, Bela?

Andina Rahayu

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri akan segera tiba. Apakah kamu selalu mengabadikan momen berkumpul dan bersilaturahmi ini dalam kamera, Bela? Zaman sekarang memang tak butuh lagi kamera mahal untuk mengabadikan momen istimewa, karena kamera smartphone pun hasil bidikannya tak kalah bagus lho.

Tapi ketika berfoto bersama seringkali ada saja masalah yang ditemui. Lalu, bagaimana mengambil foto yang baik dengan seluruh keluarga? Nah, agar semua anggota keluarga nampak kece di foto tersebut, praktikkan tujuh tips foto keluarga saat lebaran di bawah ini yuk! Pastikan tak ada satupun yang terlewat ya!

Persiapkan dengan matang

Pexels.com/Prasanna Kumar

Tentunya sebelum sesi foto dilakukan, persiapkan dulu kamera atau smartphone yang akan kamu gunakan untuk mengambil foto. Kemudian, lakukan tes foto dengan bantuan beberapa saudaramu terlebih dulu sebelum memanggil semua orang untuk berkumpul. Dengan persiapan yang matang, pemotretan akan mulus dan orang-orang tak perlu menunggu terlalu lama.

Tentukan lokasi

Pexels.com/melindapack

Pemilihan lokasi bisa dilakukan berdasarkan beberapa pertimbangan. Misalnya apakah tempat pengambilan foto itu terlalu ramai orang lalu-lalang atau bagaimana background yang akan nampak bagus untuk foto bersama. Pilih tempat yang cukup cahaya ya, dan yang terpenting adalah muat untuk semua orang yang akan dipotret.

Perhatikan kostum

Pexels.com/Benjamin Combs

Supaya foto lebaran hasilnya maksimal, perhatikan kostum atau dress code juga ya. Alangkah lebih baik kalau seluruh anggota keluarga menggunakan kostum dengan warna senada. Tujuannya agar tercipta suasana kompak dan keakraban di antara anggota keluarga. Kalau yang berfoto usianya bervariasi, gunakan pose semi formal.

Multiple Shot

Pexels.com/Robert Shunev

Multiple shot atau mengambil foto beberapa kali sekaligus adalah sebuah cara  yang digunakan untuk menghindarkan kamu tidak mendapatkan foto yang diinginkan. Jadi, jika hasil foto pertama tidak bagus, masih ada cadangan di foto-foto berikutnya yang mungkin saja menampilkan hasil berbeda. Menariknya, kamu bisa mengambil beberapa jepretan candid.

Atur jarak

Pexels.com/Nicolas Ladino Silva

Kamu bisa menampilkan kehangatan keluarga dengan berfoto 'rapat' satu sama lain. Bukankah keluarga adalah orang-orang yang paling dekat denganmu? Selain itu, jarak yang berdekatan juga menyimpan banyak tempat di frame. Tapi kalau tak banyak orang dalam frame, kamu bisa mengambil jarak medium agar antar keluarga terlihat lebih intimate.

Komunikasi

Pexels.com/Stacey Gabrielle Koenitz Rozells

Banyak orang mendapat hasil foto lebaran kurang maksimal karena kurangnya komunikasi. Karena itulah, kamu harus mampu mengarahkan seluruh anggota keluarga yang akan berfoto untuk melihat ke kamera. Lalu jangan lupa juga untuk komunikasikan kapan kamu akan mengambil foto, sehingga nantinya tak ada yang salah pose.

Ambil angle dari atas

Pexels.com/Dakota Corbin

Untuk foto bersama dengan jumlah orang sangat banyak, pertimbangkan untuk memotret dari tempat yang tinggi, misalnya di atas tangga. Dengan sudut tinggi, maka ukuran kepala-kepala orang akan terlihat kurang lebih sama besar. Tapi kalau kamu mengambil dari bawah, mereka yang ada di baris belakang ukuran kepalanya akan jauh lebih kecil. Selain itu, angle dari atas bisa membuatmu sedikit lebih langsing.

Itulah beberapa tips dan cara foto keluarga saat lebaran. Jadi, sudah siap bersenang-senang di momen lebaran tahun ini Bela? Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration