Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Merawat Kucing Angora, Buat Kamu Pencinta Kucing 

Pemilik kucing angora harus baca, nih!

Aisyah Banowati

Sebelum memutuskan untuk memelihara kucing, khususnya jenis angora, kamu perlu memahami cara perawatannya. Kucing angora memerlukan perawatan khusus, karena jenis angora memerlukan perhatian lebih, seperti kucing ras lainnya.

Sering disebut Anggora, namun kucing bernama asli Angora Turki ini adalah ras kucing kuno yang berasal dari Anatolia Tengah. Kucing angora termasuk kucing domestik yang manja dengan pemiliknya. Jika merasa kurang mendapat perhatian, kucing angora akan berubah menjadi sedikit nakal. Selain itu, kucing angora adalah kucing yang anggun dan cerdas dalam menjalankan perintah.  

Sebelum memutuskan untuk memelihara, inilah tips cara merawat kucing anggora untuk pemula yang benar, cocok buat kamu pencinta kucing.

1. Menyediakan kandang yang luas

m.imgur.com

Kucing anggora suka bermain, berlari dan melompat, jadi pastikan kamu memiliki ruang untuk memberikan kucing angora kemerdekaan untuk bergerak, baik di dalam rumah, taman ataupun menyediakan kandang yang besar. Perhatikan juga tempat kamu menaruh kandang. Hindari meletakkan kandang di bawah sinar matahari langsung, hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kelembapan kandang. Bersihkan kadang setiap hari, agar kucing kamu tidak terjangkit penyakit. 

2. Memandikan kucing angora secara rutin

Shutterstock.com/Irina Kozorog

Pada umumnya, kucing akan membersihkan dirinya sendiri dengan menjilati tubuhnya. Untuk kamu yang memelihara kucing angora, kamu bisa memandikan kucing peliharaan kamu setidaknya dua bulan sekali. Kucing angora memiliki bulu yang lembut serta rapuh, jadi hindari memandikan kucing kamu terlalu sering. Gunakan sampo khusus kucing untuk menjaga kesehatan bulunya. Jika bulu kucing angora kamu mulai rontok parah, segera bawa ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

3. Menyisir bulu pada tubuh kucing

infobinatang.com

Tips merawat kucing anggora lainnya adalah dengan menyisirnya secara rutin. Kucing sangat suka disisir, meski belum mandi, kamu bisa membantu kucing kamu untuk menyisir tubuhnya. Kamu bisa menggunakan sisir bergigi rapat (fine-toothed comb) atau  sikat licin (slicker brush) untuk menghilangkan bulu yang kusut. Menyisir bulu pada tubuh kucing akan menghindari tertelannya hairball, yang bisa menyebabkan masalah pada pencernaan.

4. Rajin memotong kuku

petpintar.com

Kuku kucing tumbuh di atas permukaan yang mirip cangkang. Saat kukunya diasah, secara alami, lapisan atasnya akan terlepas. Terkadang karena sulit, lapisan kuku atas kucing tidak terlepas, sehingga membuat kuku kucing tumbuh ke dalam daging. Kuku yang tumbuh ke dalam daging, akan menyebabkan iritasi. Sebelum iritasi, sebaiknya potong kuku kucing kamu secara teratur, ya.

5. Bersihkan telinga secara rutin

www.halodoc.com

Perawatan kucing angora selanjutnya adalah membersihkan telinga kucing angora kamu setidaknya dua minggu sekali. Gunakan bola kapas atau kain bersih basah dan usap lembut bagian telinga kucing. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun atau cairan pembersih telinga kucing, untuk membantu membersihkan kotoran pada telinga. Jika telinga kucing kamu mengeluarkan carian berbau tidak sedap atau darah, bawalah ke dokter untuk mendapat perawatan.

6. Menyikat gigi secara rutin

www.halodoc.com

Yup, gigi kucing juga perlu disikat, nih! Kucing rentan terkena penyakit gigi dan mulut, lho. Meski sulit, kamu perlu membiasakan merawat kucing angora kamu dengan rutin sikat gigi. Agar kucing kamu terbiasa, pertama-tama kamu bisa mengoleskan pasta gigi kucing pada jari, kemudian membiarkan kucing kamu menjilatinya. Jika sudah terbiasa, mulai dengan menyikati gigi kucing dengan sikat gigi halus.

Jika kamu memiliki kucing lebih dari satu, hindari penggunaan satu sikat bersama. Hal ini akan menyebabkan pertukaran bakteri dan membuat kucing kamu rentan terkena penyakit.

7. Menjaga pola makan kucing

whiskasindonesia.com

Makanan yang baik untuk kucing angora, adalah makanan yang mengandung protein tinggi. Pastikan protein yang diberikan tidak kurang dari 40 persen. Di sisi lain, kamu juga perlu menjaga pola makan kucing kamu agar tidak obesitas. Kamu bisa melakukan konsultasi ke dokter hewan, untuk mengatur pola makan dan merek makanan yang akan kucing kamu konsumsi. 

Itulah cara merawat kucing anggora untuk pemula, buat kamu pencinta kucing. Perhatikanlah, kesehatan kucing kamu mulai dari kandang sampai makanan. Sempatkan waktu untuk bermain bersama, agar kucing kamu tidak merasa kesepian, ya! 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration