Punya peliharaan di rumah, seperti anjing atau kucing memang menyenangkan. Sebab, mereka dapat menjadi hiburan di kala stres saat selesai bekerja. Namun, terkadang kondisi hewan peliharaan yang sulit diatur membuat mereka mengalami masalah kebersihan. Salah satunya masalah kutu pada kucing.

Jika kamu salah satu pemilik kucing yang membebaskan hewan peliharaan berkeliaran di luar rumah, masalah ini tentu tak asing bagimu. Sebab, kita tidak tahu ke mana saja kucing tersebut bermain hingga akhirnya dihinggapi kutu.

Kucingmu terlanjur kutuan? Jangan panik, berikut delapan cara mudah mengatasi kutu pada kucing dengan bahan-bahan alami di rumah.

1. Rutin mandikan kucing menggunakan sampo khusus kucing

8 Cara Mudah Menghilangkan Kutu Kucing, Bahan-Bahannya Mudah DicariUnsplash.com/Mikhail Vasilyev

Cara pertama untuk menghilangkan kutu pada kucing adalah dengan menjaga kebersihannya. Mandikan secara rutin kucing peliharaanmu menggunakan sampo khusus kucing. Dengan kulit dan bulu yang terjaga kebersihannya, kutu akan hilang dengan sendirinya.

Jika kamu malas atau tak ada waktu untuk memandikan kucing, bawa saja kucing peliharaanmu ke pet shop. Di sana kucingmu bukan hanya dibersihkan, melainkan juga akan diberi perawatan khusus.

2. Gunakan obat kutu

8 Cara Mudah Menghilangkan Kutu Kucing, Bahan-Bahannya Mudah Dicariblibli.com

Apabila kamu merasa memandikan saja tidak cukup, kamu bisa menghilangkan kutu kucing menggunakan obat kutu. Balurkan obat kutu ke seluruh tubuh kucing, diamkan beberapa saat dan kemudian bersihkan.

Penggunaan obat kutu ini sangat mudah. Bahkan kamu tidak perlu membawanya ke dokter hewan. Salah satu obat kutu kucing yang banyak dijual di pasaran adalah Fluffy for Cat.

3. Balurkan minyak telon

8 Cara Mudah Menghilangkan Kutu Kucing, Bahan-Bahannya Mudah Dicariolx.co.id

Jika tak ada obat kutu, untuk sementara kamu bisa membalurkan minyak telon ke tubuh kucing untuk menghilangkan kutu. Bau dan kandungan pada minyak telon akan membuat kutu tak berdaya. 

Namun, saat mengoleskan minyak telon ke tubuh kucing, jangan terlalu banyak. Sebab, nanti kucing akan menjilatinya karena wanginya yang sedap.

4. Lidah buaya sebagai bahan cairan pembasmi kutu

8 Cara Mudah Menghilangkan Kutu Kucing, Bahan-Bahannya Mudah Dicariunsplash.com/FOODISM360

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk membasmi kutu adalah jus lidah buaya. Cara membuatnya, blender lidah buaya dan beberapa potong cabai rawit. Blender hingga halus, kemudian saring.

Air yang sudah disaring, dapat kamu gunakan untuk membasmi kutu pada kucing dengan cara menyemprotnya secara teratur. 

5. Bisa juga menggunakan cuka

8 Cara Mudah Menghilangkan Kutu Kucing, Bahan-Bahannya Mudah Dicarithekitchn.com/Cat Meshia

Mau lebih praktis lagi? Kamu bisa menggunakan larutan cuka untuk membasmi kutu kucing. Caranya, larutkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Campur sambil dihangatkan di atas kompor. Setelah itu, semprotkan secara merata ke tubuh kucing. Larutan cuka hangat dapat membuat kutu lemas dan jatuh dengan sendirinya.

6. Lemon juga ampuh membasmi kutu

8 Cara Mudah Menghilangkan Kutu Kucing, Bahan-Bahannya Mudah DicariUnsplash.com/Crema Joe

Bukan hanya menyehatkan, lemon juga ternyata ampuh membasmi kutu kucing, lho! Caranya, belah lemon menjadi empat bagian. Masukan potongan lemon ke dalam air mendidih, lalu diamkan semalaman. Setelah itu, saring air lemon dan semprotkan pada kucing untuk menghilangkan kutunya.

7. Cuka apel dapat digunakan untuk membasmi kutu

8 Cara Mudah Menghilangkan Kutu Kucing, Bahan-Bahannya Mudah DicariUnsplash.com/Bulbul Ahmed

Sama seperti cuka, larutan cuka apel dapat kamu gunkaan untuk menghilangkan kutu kucing. Caranya, larutkan cuka apel dan air dengan perbandingan 2:1. Aduk rata larutan tersebut, kemudian kamu dapat langsung menggunakannya tanpa harus dipanaskan terlebih dulu. Semprotkan larutan cuka apel ke tubuh kucing dan diamkan sebentar. Sisir bulu kucing dan kutu akan ikut rontok.

8. Gunakan air garam saat mandi

8 Cara Mudah Menghilangkan Kutu Kucing, Bahan-Bahannya Mudah Dicarifoodnavigator.com

Terakhir, kamu bisa menggunakan air garam untuk mandi kucing. Caranya, larutkan garam dengan air hangat. Kemudian, gunakan larutan air garam tersebut untuk membilas tubuh kucing saat mandi. Kutu akan lemas dan ikut terbilas saat mandi.

Selain melakukan cara di atas, cara lainnya untuk menghindari kucing dari kutu adalah dengan mencegahnya keluar rumah dan rajin menyisir bulunya. Dengan demikian, kucingmu akan terbebas dari masalah kutu.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya, Bela.

Baca Juga: 40 Inspirasi Nama Kucing Betina dan Jantan yang Menggemaskan

Baca Juga: Hidup Mewah, Rumah Kucing Ini Akan Bikin Kamu Iri

Baca Juga: 11 Bahasa Tubuh Kucing Ini Menandakan Ia Menyukaimu