Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Film MCU dengan Pendapatan Lebih dari Rp15 Triliun

"Avengers: Endgame" masih bertahan di kursi pertama

Aisyah Banowati

Franchise MCU (Marvel Cinematic Universe) terus mengeluarkan produksi film terbaik mereka pada abad ini. Penggunaan efek CGI yang canggih, plot twist di akhir cerita, proses produksi yang mendetail, serta aksi heroik penuh ketegangan dari para superhero dalam MCU terus menarik atensi penggemar.

Tak heran jika popularitas franchise ini tak padam meski semakin banyak tokoh baru bermunculan. Title 'Box Office' pun berhasil diterima lebih dari sepuluh judul film. Pendapatannya pun tak main-main, beberapa film bahkan berhasil mengantongi keuntungan hingga miliaran Dolar Amerika. Berikut daftarnya!

1. Avengers: Endgame - US$2,8 miliar/ Rp39 triliun

Setelah Thanos berhasil mendapatkan seluruh infinity stones, sebanyak 50% populasi di dunia pun menghilang. Kemudian, 23 hari setelah peristiwa tersebut, Captain Marvel membawa pulang Iron Man yang terombang-ambing di luar angkasa.

Lima tahun berlalu dan mereka yang ditinggalkan masih merasakan kehilangan, termasuk para Avengers yang tersisa. Harapan kemudian muncul ketika Ant-Man berhasil keluar dari quantum realm. 

Kehadiran Ant-Man berhasil meyakinkan para Avengers untuk melakukan perjalanan waktu dan mengambil infinity stone sebelum Thanos. Ketika kemenangan selangkah lebih dekat, Nebula dari masa lalu yang masih memihak Thanos menghancurkan semua rencana.

2. Avengers: Infinity War - US$2,05 miliar/ Rp27 triliun

Thanos punya ambisi untuk menghancurkan dunia. Dalam upayanya, Thanos berusaha mengumpulkan enam infinity stones yang tersebar di jagat raya. Mengetahui rencana Thanos, para Avengers di bumi kembali bekerja sama dan melakukan berbagai upaya untuk mencegah Thanos mendapatkan infinity stone.

3. Spider-Man: No Way Home - US$1,92 miliar/ Rp24,4 triliun

Pertarungan antara Spider-Man dan Mysterio (Jake Gyllenhaal) di London membuat identitasnya terbongkar. Fitnah yang dibuat Mysterio terhadap Peter Parker (Tom Holland) membuat Peter di cap sebagai musuh masyarakat. 

Merasa tersudut, Peter mendatangi Doctor Strange untuk meminta bantuan agar orang-orang lupa terhadapnya. Permintaan pun disetujui, namun dilema yang dirasakan Peter membuat Doctor Strange kesal hingga melakukan kesalahan.

Kesalahan yang dibuat Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) membuat batasan antara semesta terbuka. Masuknya musuh dari semesta lain pun tak dapat dihindari. Peter Parker dihadapkan pada situasi sulit yang belum pernah ia temui.

4. The Avengers - US$1,52 miliar/ Rp21,5 triliun

Selain berhasil mencuri tesseract, Loki juga sukses memantrai Dr. Erik Selvig (Stellan Skarsgård) dan Hawkeye (Jeremy Renner). Menyadari betapa gentingnya situasi saat ini, Nick Fury yang merupakan direktur S.H.I.E.L.D mulai membentuk tim untuk menyelamatkan dunia. 

Nick (Samuel L. Jackson) berhasil menyatukan Captain America, Iron Man, Hulk, Thor dan Black Window ke dalam satu tim bernama Avengers. Namun, meski telah memiliki tim paling kuat yang pernah ada, konflik internal yang tak terhindari membuat para Avengers sulit untuk bersatu.

5. Avengers: Age of Ultron - US$1,40 miliar/ Rp20,1 triliun

Avengers menyerbu markas Hydra untuk mengambil tongkat chitauri milik Loki yang berisi Mind Stone. Di markas Avengers, Tony Stark (Robert Downey Jr) dan Bruce Banner (Mark Ruffalo) diam-diam menggunakan Mind Stone untuk menyelesaikan program pertahanan global bernama Ultron.

Naas, rancangan tersebut gagal dan Ultron malah berbalik melawan para Avengers. Ultron berambisi memusnahkan seluruh umat manusia demi menyelamatkan bumi. Setelah berhasil membangun pasukannya sendiri, Ultron siap meratakan peradaban.

6. Black Panther - US$1,34 miliar/ Rp19,2 triliun

Peperangan dalam Captain America: Civil War telah menewaskan ayah T'Challa (Chadwick Boseman) yang membuatnya kembali ke Wakanda. Kehadirannya ditentang oleh sekelompok orang, salah satunya dengan kelompok yang dipimpin oleh Erik Killmonger (Michael B. Jordan). 

Dibantu adiknya, Shuri (Letita Wright), T'Challa berusaha bertahan dari segala tekanan yang diberikan Erik. Di tengah rasa duka akibat kepergian sang ayah, T'Challa terus melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan tahta. Juga untuk membuktikan diri sebagai seorang Raja Wakanda Sejati.

7. Iron Man 3 - US$1,21 miliar/ Rp17,3 triliun

Tony Stark (Robert Downey Jr) terobsesi untuk terus berinovasi dengan kostum Iron Man miliknya. Obsesinya ini lahir dari kekhawatiran bahwa dirinya tidak cukup kuat untuk melindungi orang-orang di sekitarnya. 

Masalah bertambah ketika ada pelaku pengeboman yang meresahkan. Informasi yang didapat membawa Tony Stark pada upayanya untuk menghentikan The Mandarin (Ben Kingsley)—sosok yang disebut sebagai dalang di balik teror bom tersebut.

8. Captain America: Civil War - US1,15 miliar/ Rp16,5 triliun

Pemerintah berencana mengawasi para Avengers setelah pengejaran terhadap Crossbone menimbulkan banyak kerusakan. Wacana tersebut membuat Avengers terpecah ke dalam dua tim, yakni tim Captain America dan tim Iron Man. 

Keadaan menjadi rumit ketika terjadi pengeboman yang menewaskan ayah dari Black Panther. Penelusuran terkait siapa dalang di balik pengeboman tersebut mengarah pada Winter Soldiers yang merupakan anak buah Hydra. 

Banyaknya kejanggalan membuat Captain America yakin jika Winter Soldiers bukanlah penjahat sebenarnya. Namun, bagi Iron Man, apa yang dilakukan Captain America adalah melindungi penjahat. Pertempuran antar dua kubu ini pun tak dapat dihindari.

9. Spider-Man: Far From Home - US$1,13 miliar/ Rp15 triliun

Bersama teman-temannya, Peter Parker (Tom Holland) pergi berlibur ke Eropa. Namun, kedatangan Nick Fury (Samuel L Jackson) mengubah agendanya. Nick memperkenalkan Peter dengan Mysterio (Jake Gyllenhaal) dan mengajaknya bekerja sama untuk mengalahkan Hydro-Man.

10. Captain Marvel - US$1,13 miliar/ Rp15 triliun

Di tahun 1995, di Planet Kree, Komandan Starforce bernama Yon-Rogg (Jude Law) sedang melatih Vers (Brie Larson) untuk mengontrol kekuatannya. Saat menjalankan misi, Vers masuk ke dalam jebakan yang dibuat oleh komandan bangsa Skrull, Talos. 

Ingatan masa lalu Vers perlahan muncul saat ia sedang diinterogasi Talos (Ben Mendelsohn). Vers kemudian melarikan diri dan pergi ke bumi. Di bumi akhirnya terungkap jika Vers adalah seorang pilot yang telah dinyatakan tewas sejak 1989. 

Dahulu, Vers atau Carol Danvers adalah pilot yang menerbangkan pesawat uji coba untuk mesin berkecepatan cahaya yang dirancang oleh Dr. Wendy Lawson. Ketika ingatan akan masa lalunya mulai kembali, serangan dari Talos tetap tak dapat dihindari.

Seluruh judul film MCU di atas dapat kembali kamu tonton ulang dengan berlangganan di platform OTT Disney Hotstar. Selamat menonton!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration