Mengikuti saran Feng shui yang tepat, bisa menciptakan rumah yang nyaman dan aman bagi penghuninya. Dengan Feng shui yang baik akan membawa keberuntungan bagi penghuninya. Dengan menempatkan elemen yang benar seperti tata letak dan jenis objek yang digunakan, berarti kamu telah menerapkan Feng shui dengan baik.

Meski tidak selalu menjadi panduan utama dalam mendesain interior, ilmu dari Feng shui ini dapat kamu terapkan pada rumah kamu. Sehingga, jangan sampai kamu melakukan 10 kesalahan interior rumah menurut Feng shui berikut ini, ya.

1. Pintu depan yang tersembunyi

10 Kesalahan Interior Rumah Menurut Feng Shuigrid.id

Dalam Feng shui, letak pintu masuk sangat memengaruhi energi positif yang dihasilkan. Jika pintu masuk yang kamu punya tidak terlihat dari jalan, kemungkinan energi positif tidak dapat menemukan kita dan banyak peluang yang akan terlewat. 

Gunakanlah papan nama untuk mencantumkan nomor rumah, atau mengubah lanskap depan agar pintu kamu terlihat. Jika semak-semak di depan rumah mulai lebat, segera bersihkan, ya!

2. Pintu depan sejajar dengan pintu belakang

10 Kesalahan Interior Rumah Menurut Feng ShuiIdn Times Jogja

Ketika pintu depan dan belakang sejajar dan tidak ada pembatas, ini akan membuat Qi yang masuk, keluar begitu saja. Feng shui yang baik adalah membiarkan Qi menetap lama di dalam rumah dan menyebar ke setiap ruangan. 

Untuk pintu rumah kamu yang sejajar dengan pintu depan dan belakang, dapat menghalanginya dengan menaruh mebel seperti kabinet atau rak. Ini akan membuat Qi di dalam rumah kamu bertahan lama dan tidak keluar dari rumah. 

3. Tangga menuju pintu masuk

10 Kesalahan Interior Rumah Menurut Feng ShuiDekoruma.com

Jika tangga di rumah kamu tepat berada di depan pintu masuk, taruhlah perabotan yang apik seperti rak atau vas bunga. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar Qi tidak langsung pergi ke lantai atas. Qi yang baik akan berkumpul di ruang utama lalu menyebar ke lantai atas. 

4. Pintu kamar mandi menghadap pintu masuk

10 Kesalahan Interior Rumah Menurut Feng Shuiblibli.com

Kamar mandi bisa menyerap dan menghabiskan energi positif dari Qi yang berada di dalam rumah. Kamu bisa mengakalinya dengan menaruh rak dengan vas bunga untuk mengalihkan pandangan tamu yang berkunjung, dari pintu kamar mandi. 

5. Tangga di pusat rumah

10 Kesalahan Interior Rumah Menurut Feng Shuipinhome.com

Kesalahan interior rumah dalam ilmu feng shui berikutnya adalah peletakan tangga di pusat rumah. Dalam feng shui, bagian di tengah rumah dinamai dengan 'Tai Qi' yang berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan. Jika menaruh tangga di tengah rumah, hal ini dipercaya dapat menyebabkan ketidakstabilan dalam rumah.

Dari ketidakstabilan tersebut dapat memengaruhi setiap aktivitas di rumah. Sebaiknya, taruhlah patung atau meja di sisi tangga untuk menjaga kestabilan di dalam rumah. 

6. Kamar mandi di tengah ruangan

10 Kesalahan Interior Rumah Menurut Feng Shuidekoruma.com

Tai Qi yang berada di ruang tengah akan terserap habis, jika terdapat kamar mandi di ruang tengah. Hal ini dikarenakan kamar mandi akan menyerap setiap energi positif yang berada di dekatnya. 

Untuk kamu yang memiliki rumah dengan kamar mandi di tengah ruangan, dapat mengakalinya dengan menaruh tanaman hijau di dalam kamar mandi. Jika tidak memiliki tanaman asli, kamu dapat menggantinya dengan tanaman buatan. 

7. Kamar tidur di atas garasi

10 Kesalahan Interior Rumah Menurut Feng Shuidekoruma.com

Pergerakan dari garasi akan menciptakan ketidakstabilan di dalam kamar dan memengaruhi kamu. Jika letak kamar kamu berada di atas garasi, sebaiknya taruh tanaman hijau untuk menambah vitalitas dan energi kehidupan. 

8. Lorong yang panjang dan sempit

10 Kesalahan Interior Rumah Menurut Feng Shuipixabay.com

Dengan lorong yang panjang dan sempit, akan membuat Qi yang baru masuk ke rumah, akan terlalu cepat bergerak. Idealnya, Qi berjalan seperti air yang mengalir dan memenuhi setiap ruang. 

Jika kamu memiliki rumah dengan lorong yang panjang dan sempit, taruhlah guci atau lukisan. Hal ini akan membuat Qi mengalir dengan stabil. Biarkan tamu yang datang, menikmati keindahan karya seni yang ada di lorong. 

9. Cermin berhadapan dengan pintu kamar mandi

10 Kesalahan Interior Rumah Menurut Feng ShuiTokopedia.com

Menurut ilmu feng shui, cermin adalah pusat energi negatif di dalam ruangan, terutama di kamar mandi. Jika kamu menaruh cermin sejajar dengan pintu kamar mandi, akan membuat energi negatif tersebar lebih cepat. Taruhlah cermin di sisi lain, agar kamar mandi terlihat lebih luas dan energi negatif tidak tersebar dengan cepat.

10. Peletakan kursi menghadap ke pintu

10 Kesalahan Interior Rumah Menurut Feng Shuishopee.com

Dalam feng shui, dijelaskan bahwa sebaiknya setiap kursi yang berada di rumah penataannya menghadap ke pintu. Hal ini dilakukan agar kamu mengetahui siapa yang datang atau pergi.

Untuk rumah dengan kursi yang tidak menghadap pintu kamu bisa meletakkan cermin di dinding dan menaruh tanaman di belakang sofa yang diposisikan mengarah ke pintu. Dengan cermin kamu dapat melihat jika ada yang datang atau meninggalkan ruangan. 

Itulah 10 kesalahan interior rumah menurut feng shui, yang bisa menjadi arahanmu dalam mengatur interior rumah. Siap diterapkan, Bela?

Baca Juga: 5 Jenis Pohon Palem Hias yang Cocok untuk Interior Rumah, Bikin Cantik

Baca Juga: 7 Hiasan Rumah yang Bisa Membawa Energi Negatif menurut Feng Shui

Baca Juga: 14 Cara Buang Sial di Rumah Menurut Feng shui