Bunga potong, dapat menjadi pilihan utama untuk kamu yang ingin mempercantik ruang sekaligus menghadirkan aroma bunga alami. Namun, untuk kamu yang suka menghias ruangan dengan bunga potong, pastinya merasa sedih jika bunga yang baru kamu beli cepat layu.

Bunga potong akan cepat layu jika kamu tidak merawatnya dengan baik, namun ada beberapa jenis bunga yang mampu bertahan lebih lama karena faktor genetik. Untuk kamu, Popbela telah merangkum dari berbagai sumber, jenis bunga potong yang mampu bertahan lebih dari seminggu. Yuk, disimak!

1. Anggrek dendrobium

Inilah 8 Jenis Bunga Potong yang Mampu Bertahan Lebih dari Seminggufreepik.com

Jenis anggrek dendrobium, mampu bertahan lebih dari seminggu setelah tangkainya dipotong. Belilah anggrek dendrobium dalam kondisi bunga yang masih kuncup, agar kamu dapat menikmati pesona bunga yang sudah mekar di rumah. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir jika kelopaknya akan berguguran selama di perjalanan.

2. Anyelir

Inilah 8 Jenis Bunga Potong yang Mampu Bertahan Lebih dari Seminggupixabay.com

Setelah dipotong, bunga anyelir mampu bertahan dua sampai tiga minggu di dalam vas yang berisi air. Selain itu, jika kamu merawatnya dengan baik, kelopak bunga ini akan mekar semakin lebar menyerupai rok penari balet. Biasa hidup di pegunungan, bunga anyelir menyukai suhu udara yang sejuk sekitar 15 sampai 20 derajat celcius. Jadi, jangan sampai kamu letakkan di ruangan yang lembap dan panas, ya.

3. Freesia

Inilah 8 Jenis Bunga Potong yang Mampu Bertahan Lebih dari Seminggufreepik.com/marya-83

Freesia menjadi salah satu bunga yang paling sering dijadikan bunga potong. Keindahannya sudah terlihat sejak masih kuncup, saat kelopaknya mekar dapat dipastikan kamu akan jatuh hati dengan bunga ini. Pada umumnya, kelopak bunga freesia akan mekar satu persatu. Jadi, untuk menjaga kesegarannya kamu perlu rajin memotong kelopak yang sudah layu, ya, Bela!

4. Lili

Inilah 8 Jenis Bunga Potong yang Mampu Bertahan Lebih dari Seminggufreepik.com/yingyaipumi

Bunga lili atau biasa dikenal sebagai bunga bakung memiliki harga pasar yang cukup mahal. Namun, karena keindahannya, banyak orang masih memilih bunga ini untuk dijadikan hiasan ruang. Bunga lili mampu bertahan sampai dua minggu dari kuncup hingga mekar di dalam vas berisi air. Setelah kelopak bunga mekar, kamu dapat memotong putik bunga lili agar tidak berjatuhan dan mengotori ruangan.

5. Kuping gajah

Inilah 8 Jenis Bunga Potong yang Mampu Bertahan Lebih dari Seminggufreepik.com/lovelypeace

Memiliki kesan mewah dan eksklusif, bunga kuping gajah mampu bertahan lebih dari seminggu di dalam vas berisi air. Dikenal juga dengan nama anthurium andraeanum, pada zaman dahulu bunga ini banyak tumbuh di istana kerajaan Jawa. Bunga ini masih berkerabat dengan  aglaonema, philodendron, keladi hias, alokasia dan memiliki sekitar 1000 anggota marga anthurium.

6. Craspedia

Inilah 8 Jenis Bunga Potong yang Mampu Bertahan Lebih dari SemingguPixabay/Kusami

Masuk ke dalam keluarga daisy, bunga craspedia juga dikenal dengan nama billy button atau drumstick. Bunga ini mampu bertahan lebih dari seminggu setelah pemotongan. Dengan bunga yang berbentuk bola-bola kuning menyerupai matahari, bunga craspedia akan semakin cantik saat mengering. Di negara empat musim, tanaman ini akan mekar sepanjang musim panas.

7. Anggrek oncidium

Inilah 8 Jenis Bunga Potong yang Mampu Bertahan Lebih dari SemingguWikipedia

Jenis anggrek oncidium memiliki mahkota kecil berwarna kuning yang indah. Meski terlihat rapuh, bunga anggrek oncidium mampu bertahan lebih dari seminggu. Dengan akar serabut, bunga ini mampu beradaptasi dengan cepat di lingkungan yang baru. Kamu dapat menaruh anggrek oncidium bersama jenis bunga yang lain di dalam satu vas, tanpa perlu takut merusak keindahannya.

8. Alstroemeria

Inilah 8 Jenis Bunga Potong yang Mampu Bertahan Lebih dari SemingguPixabay/GAIMARD

Alstroemeria atau yang akrab dikenal dengan nama lily peru, pertama kali dibudidayakan di Eropa. Bunga alstroemeria memiliki makna pengabdian, kekuatan dan persahabatan. Meski memiliki harga yang cukup mahal di pasaran, namun keindahan dan aromanya yang semerbak tidak akan membuat kamu ragu untuk membelinya.

Itulah beberapa jenis bunga potong yang mampu bertahan lebih dari satu minggu. Selain memilih jenis yang tepat, kamu perlu melakukan perawatan yang benar agar kesegaran dan kualitas bunga potong tetap terjaga.

Beberapa cara yang dapat kamu lakukan, di antaranya memotong batang bunga sebelum memasukkannya ke dalam vas agar sirkulasi air dapat berjalan dengan maksimal. Mengganti air sekitar dua sampai tiga kali sehari, serta hindari sinar matahari langsung agar bunga tidak cepat layu.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Ini Bisa Jadi Pewangi Alami Ruangan, Aromanya Segar!

Baca Juga: Cocok untuk Dekorasi Rumah, 10 Rekomendasi Tanaman Hias Berdaun Lebar

Baca Juga: 9 Jenis Aglaonema Lokal, Tanaman Hias untuk Mempercantik Rumah