Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Penyebab Kulit Berjerawat yang Wajib Kamu Ketahui

Ternyata no.5 bisa jadi pemicunya lho!

Vidya Nathania

Jerawat, merupakan masalah kulit yang paling mengganggu setiap perempuan. Kehadirannya tak hanya merusak seluruh penampilan, tetapi juga menimbulkan rasa tak nyaman seperti rasa gatal atau perih yang disebabkan oleh peradangan pada jerawat. Memang hal utama yang wajib kamu lakukan saat sedang berjerawat ialah dengan segera mengatasinya. 

Namun, sebelum kamu mengatasinya, penting sekali untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu agar dapat memudahkanmu untuk mengatasi masalah kulit tersebut. Pada artikel kali ini, Popbela akan membahas tentang penyebab kulit berjerawat yang wajib untuk kamu ketahui. Yuk ikuti terus ya!

1. Hormon

Oprah.com

Penyebab kulit berjerawat yang satu ini memang tak dapat dihindari. Masalah hormon memang terjadi secara alami pada tubuh seseorang. Namun, mungkin kamu bisa merawatnya dengan menggunakan rangkaian produk perawatan untuk kulit berjerawat agar sedikit lebih membantu mengurangi permasalahan pada kulitmu.

2. Makanan

thespruceeats.com

Jerawat juga dapat disebabkan oleh faktor dari dalam yaitu makanan yang kita konsumsi. Jika kamu sering mengonsumsi makanan yang kurang sehat seperti gorengan, makanan cepat saji, makanan terlalu manis atau yang mengandung banyak pengawet, sebaiknya kurangi dan perbanyak mengonsumsi makanan sehat yang dapat menjaga kulitmu tetap bersih.

3. Kurang menjaga kebersihan kulit wajah

freeonlinedartsgame.info

Jika kamu tak ingin memiliki masalah jerawat, sebaiknya kamu perlu memperhatikan kesehatan kulitmu dengan menjaganya. Karena kurangnya menjaga kebersihan seperti malas membersihkan makeup, tidak melakukan double cleansing saat memakai makeup, asal saat mencuci wajah merupakan penyebab kulit berjerawat.

4. Air yang tak bersih

eminenceorganics.com

Salah satu dari penyebab kulit berjerawat ialah kebersihan air yang kurang. Terkadang, memang air yang kita gunakan seringkali keruh atau kurang bersih. Walau hal tersebut sulit untuk dihindari, namun kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan toner setelah mencuci wajah atau menggunakan air mineral saat mencuci wajah agar kulit bebas dari bakteri penyebab jerawat.

5. Terkena produk rambut

allthingshair.com

Wah, nggak disangka ternyata produk rambut yang sering kita gunakan juga dapat menjadi penyebab kulit berjerawat lho! Penggunaan sampo, kondisioner, dan hair mask memang tak bisa lepas dari rangkaian rambut yang kita gunakan. Namun, bagi beberapa perempuan yang memiliki kulit sensitif, bahan yang terkandung di dalam produk perawatan rambut memang dapat memicu bertumbuhnya jerawat. Dalam mengatasi hal tersebut, sebaiknya kamu perlu sedikit berhati-hati saat sedang keramas atau menggunakan kondisioner ya.

6. Kurang vitamin

medicalnewstoday.com

Jika kamu adalah tipe orang yang jarang sekali mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seperti sayur dan buah, berarti hal tersebutlah yang menjadi penyebab kulit berjerawat. Karena kulitmu sangat membutuhkan berbagai vitamin untuk dapat meregenerasi kulit, terutama vitamin C dan E. Sebaiknya, coba untuk mulai kembali hidup sehat dengan membiasakan diri mengonsumsi sayur dan buah.

7. Salah menggunakan produk wajah

firstcry.com

Pernah nggak sih, ketika kamu sedang mencoba produk skincare baru, bukannya mulus, kulitmu malah ditumbuhi banyak jerawat? Hal tersebut memang sangat umum terjadi karena itu adalah reaksi kulitmu saat produk yang kamu gunakan tak cocok dengan kulitmu. Namun, tenang saja karena peneybab kulit berjerawat yang satu ini akan hilang denagn sendirinya jika kamu segera menghentikan pemakaian produk. 

Jadi, itu dia beberapa penyebab kulit berjerawat yang ternyata merupakan hal-hal yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Nah, setelah membahas dan mengetahui seluruh penyebab kulit berjerawat, jangan lupa untuk cek kembali apa yang menjadi penyebab kulitmu berjerawat. Setelah kamu mengetahuinya, baru deh kamu lebih mudah juga untuk mengatasinya!

IDN Media Channels

Latest from Skin