Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Nggak Cuma untuk Kulit, 7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

Banyak manfaatnya!

Vidya Nathania

Siapa sih yang tak kenal dengan jenis minyak yang satu ini? Semua pasti mengenal minyak yang berasal dari buah zaitun ini. Dikenal dengan beragam manfaatnya yang tak hanya baik untuk kesehatan, namun juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Hal tersebut sering terlihat dari banyaknya merek kecantikan yang memilih minyak zaitun sebagai kandungan utama pada rangkaian produk perawatan.

Namun, seperti apa saja sih manfaat minyak zaitun untuk kecantikan yang sebenarnya? Kalau kamu penasaran, simak terus artikelnya sampai habis!

1. Dapat dijadikan sebagai lip scrub

freeze-frame.com.au

Saat ini banyak sekali bahan alami yang bisa dibuat sebagai lip scrub, namun minyak zaitun terpilih menjadi salah satu bahan alami terbaik untuk perawatan bibir. Karena memperbaiki tekstur bibir yang kering menjadi lebih kenyal merupakan salah satu manfaat minyak zaitun untuk kecantikan. Untuk itu, yang perlu kamu lakukan untuk membuat lip scrub dengan minyak zaitun yaitu cukup mencampurkan gula pasir secukupnya dengan 1 sdt minyak zaitun, kemudian campur hingga merata, aplikasikan pada bibir, dan gosokkan hingga kulit mati terangkat dengan sempurna.

2. Menjaga kesehatan kuku

scholl.co.uk

Kandungan vitamin E yang tinggi membuat manfaat minyak zaitun untuk kecantikan selanjutnya ialah mampu memperbaiki tampilan kuku menjadi lebih sehat. Jika kamu memiliki kuku jari yang sudah rusak akibat penggunaan kuteks atau kurangnya nutrisi pada kuku, oleskan minyak zaitun pada kuku sebelum tidur dan diamkan semalaman agar minyak zaitun dapat meresap dengan sempurna pada kuku hingga dibilas pada pagi harinya.

3. Melembapkan kulit wajah

nykaa.com

Merupakan manfaat minyak zaitun untuk kecantikan yang paling populer, penggunaan minyak zaitun secara rutin dapat menghidrasi kulit wajah serta mencegah kulit dari berbagai tanda penuaan sehingga kulit wajah tampak sangat kenyal dan sehat. Selain kulit wajah, kamu juga dapat mengoleskan minyak zaitun pada area kulit tubuh yang kering seperti siku dan lutut.

4. Mengurangi masalah rambut rontok

jamienelsonphoto.blogspot.com

Selain baik untuk kulit, manfaat minyak zaitun untuk kecantikan lainnya tentu dapat dilihat dari keampuhannya dalam menciptakan tampilan rambut yang indah. Selain mampu mempertahankan kelembapan pada folikel rambut, minyak zaitun pun kerap kali digunakan sebagai perawatan untuk rambut rontok. Caranya cukup mudah, pijat kulit kepala dengan menggunakan minyak zaitun, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan cara yang satu ini setiap sebelum keramas agar hasilnya benar-benar terlihat.

5. Menjadi pengganti shaving cream

glamour.com

Ingin mencukur tetapi produk shaving cream-mu habis? Tenang saja Bela, karena minyak zaitun dapat digunakan untuk menggantikan shaving cream. Tentu saja hal tersebut merupakan manfaat minyak zaitun untuk kecantikan yang jarang diketahui oleh para perempuan. Teksturnya yang lembut dapat menghindari luka dari penggunaan pisau cukur, serta mampu melembapkan kulit sehingga tak tampak kering.

6. Mengatasi ruam pada kulit

qsun.co

Beberapa orang pasti pernah mengalami masalah ruam pada kulit. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh keadaan kulit yang terlalu kering yang kurang terhidrasi sehingga menimbulkan luka kemerahan pada kulit. Salah satu manfaat minyak zaitun untuk kecantikan yang dapat melembapkan kulit, membuat bahan alami yang satu ini mampu mengatasi masalah ruam sehingga kulit menjadi bersih kembali.

7. Berperan sebagai pembersih makeup

popsugar.com

Cukup unik, manfaat minyak zaitun untuk kecantikan yang terakhir yaitu dapat menggantikan peran sebagai pembersih makeup. Tekstur minyaknya memang ampuh dalam membersihkan makeup, namun tak hanya itu, kandungan vitaminnya mampu menutrisi kulit wajah agar tetap sehat.

Nah, itu dia beberapa manfaat minyak zaitun untuk kecantikan yang membuat jenis minyak yang satu ini sangat menarik untuk dicoba!

IDN Media Channels

Latest from Skin