Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Manfaat Kecantikan dari Baking Soda yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Wah, ternyata bisa untuk no. 5!

Vidya Nathania

Setiap kali mendengar bahan baking , pasti yang ada di pikiranmu adalah bahan tambahan untuk membuat kue bukan? Yup, baking soda memang dikenal sebagai bahan dapur untuk membuat kue dan masakkan lainnya. Tapi, tahu nggak sih ternyata baking soda memiliki sejuta manfaat di dunia kecantikan? Dari mulai digunakan untuk berbagai perawatan tubuh, kulit hingga menjadi pembersih brush

Nggak hanya sekedar mitos, bahan yang satu ini memang sudah teruji dengan manfaat lainnya tersebut. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang manfaat lain dari baking soda, yuk ikuti terus artikelnya ya Bela!

1. Masker untuk kulit berminyak

businessinsider.my

Dalam dunia kecantikan, baking soda memang dikenal sebagai salah satu bahan eksfoliasi terbaik yang mampu mengangkat sel kulit mati dengan maksimal. Untuk menciptakan masker untuk kulit berminyak, campurkan setengah gelas baking soda dengan 2 sdm cuka apel kemudian aduk hingga membentuk pasta. Selain dapat membantu menciptakan tekstur pasta, cuka apel juga memiliki kandungan yang dapat bekerja sebagai anti bakteri dan membantu menyeimbangkan pH kulitmu.

2. Sebagai perawatan kuku

southernliving.com

Buat kamu yang bermasalah dengan kuku jari yang berwarna kuning, gunakan saja baking soda untuk mengembalikan warna kuku jarimu. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup campurkan baking soda dengan air seperlunya saja hingga bertekstur kental kemudian gosok pada bagian kuku jarimu selama beberapa menit dan bilas hingga bersih. Lakukan hal tersebut 2 kali seminggu secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

3. Scrub untuk kulit badan

httpbeyoutifulmag.com

Nggak hanya dapat digunakan sebagai scrub untuk kulit wajah, baking soda dapat mengefoliasi kulit badan juga lho. Campurkan sedikit baking soda dengan sabun yang kamu gunakan kemudian gosok bagian tubuhmu agar mendapatkan kulit yang bersih dan sehat.

4. Sebagai deodoran alami

bellissimo.ie

Karena baking soda juga dikenal sebagai anti bakteri, maka banyak yang menggunakan bahan yang satu ini sebagai deodoran alami. Cara membuatnya ternyata cukup mudah lho! Kamu cukup mencampurkan baking soda dengan essential oil favoritmu untuk mendapatkan harum yang kamu inginkan. Gunakan sehabis mandi pada bagian ketiakmu dan kamu pun siap melakukan aktivitas!

5. Pemutih gigi alami

rd.com

Seringnya mengonsumsi minuman berkafein, makanan manis atau penggunaannya antibiotik dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan warna gigi berubah menjadi kuning. Hal tersebut ternyata dapat diatasi oleh baking soda lho! Mengandung agen pemutih, kamu bisa menggosok gigi menggunakan baking soda yang dicampur air. Lakukan 2 kali dalam seminggu untuk hasil akhir yang maksimal.

6. Mengatasi bau mulut tak sedap

hellosehat.com

Atasi bau mulut tak sedap dengan berkumur menggunakan baking soda seusai menggosok gigimu. Dipercaya dapat membasmi bakteri penyebab bau mulut, baking soda memang sudah digunakan sejak dahulu sebagai pembasmi bau mulut.

7. Pembersih brush makeup

janeiredale.com

Salah satu rahasia untuk menjaga kulit tetap sehat dan terbebas dari jerawat adalah dengan menjaga kebersihan brush makeup yang kamu gunakan. Agar brush makeup-mu bersih tanpa menyisakan noda, gunakan baking soda untuk membantu membersihkannya. Menjadi salah satu manfaat lain dari baking soda, membersihkan brush dengan baking soda juga dapat merawat bulu-bulu brush agar tidak rusak.

Nah, itu dia manfaat lain dari baking soda yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang selama ini sering kamu alami. Sebaiknya beli baking soda sebagai persediaan bahan yang sewaktu-waktu dapat kamu gunakan. 

IDN Media Channels

Latest from Skin