Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Menghadapi Jerawat Saat Udara Panas

Cuaca panas bikin rentan jerawatan, Bela!

Rizkya Dian Maharani

Saat musim panas tiba, kamu biasanya akan merasakan kalau kondisi kulit jadi tidak nyaman. Hal ini dikarenakan sengatan matahari yang bikin kamu cepat keringetan, maka kulit jadi sering terasa berminyak. Udara yang panas bisa membuat kondisi jerawat lebih parah atau malah semakin banyak jerawat yang muncul. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Intip yuk!

1. Perhatikan kebersihan tangan

independent.co

Saat wajah dan tubuh kita berkeringat karena kepanasan, maka pori-pori kulit jadi mudah tersumbat. Produksi minyak berlebihan jika bertemu bakteri bisa bikin kulit jadi kotor dan jerawatan. Maka, jangan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, karena kuman dan bakteri dari tangan bisa terbawa ke wajah kamu.

2. Sesuaikan perawatan kulit kamu

barelythebeauty.com

Cuaca yang panas biasanya akan memengaruhi kondisi kulit kamu. Jadi, kamu sebaiknya menyesuaikan perawatan kulit ketika musim panas. Misalnya, hindari produk yang kandungannya lebih padat soalnya dapat membuat pori-pori tersumbat. Misalnya kamu bisa menggunakan produk dengan label non-comedogenic dengan efek yang lebih ringan di kulit.

3. Pakaian yang menyerap keringat

madeugold.com

Bahan pakaian bisa berpengaruh terhadap kondisi kulit kamu terutama saat musim panas. Sebaiknya kenakan baju dengan bahan yang lebih tipis, terutama yang mampu menyerap keringat agar terhindar dari munculnya jerawat di badan khususnya di bagian punggung. Kalau memungkinkan, gantilah baju yang sudah basah akibat keringat supaya kesehatan kulit tetap terjaga.

4. Rutin membersihkan wajah

racked.com

Jangan pernah menunggu sampai jerawat sudah parah. Kamu harus rajin membersihkan wajah dengan produk pembersih yang tepat, contohnya produk dengan bahan benzoyl peroxide yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan scrub atau masker pada kulit seminggu sekali, jadi bisa meminimalisasir produksi minyak di kulit.

5. Lindungi dengan sunscreen

rox.com

Teriknya cuaca bisa membuat jerawat kamu jadi memerah dan hitam, maka akan muncul bekas jerawat yang bisa jadi susah hilang. Coba lindungi kulit kamu dengan rutin menggunakan sunscreen. Meskipun sunscreen tidak menghilangkan jerawat atau mencegah jerawat muncul, tapi bisa mengurangi resiko bekas jerawat pada kulit kamu, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Skin