Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jangan Stres Kalau Tidak Mau Mengalami Masalah Kulit Ini

Dampaknya bikin nggak cantik lho!

Jennifer Alexis

Di tengah padatnya aktivitas, tuntutan pekerjaan, dan berbagai masalah hidup yang dihadapi, nggak jarang jika stres terjadi pada diri kita. Tidak hanya mengganggu pikiran, stres ternyata juga berdampak buruk terhadap kulit lho!

1. Jerawat

pinterest.com

Stres dapat menyebabkan inflamasi kronis pada tubuh sehingga meningkatkan produksi minyak dan berlebih yang dapat menutup pori-pori. Akibatnya, kulit menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri untuk berkembang biak. Nggak heran bila kulit akan mengalami breakout dan berjerawat.

2. Kulit kusam dan kering

rd.com

Nggak hanya menimbulkan jerawat, tingkat stres yang tinggi juga menghambat produksi asam hyaluronic yang dapat melembapkan kulit. Akibatnya kulit akan terasa kering dan bersisik saat di garuk. Kulit juga akan tampak kusam. Jadi nggak cantik deh!

3. Penuaan dini

nlimedspa.com

Saat stres menyerang, tubuh memproduksi hormon kortisol yang dapat mempercepat proses penuaan pada kulit. Akibatnya, keriput akan muncul dan wajah akan tampak tua sebelum waktunya.

Bukan hanya hal di atas, stres juga secara perlahan akan menurunkan kesehatanmu lho, Bela. Jika kamu merasa nahwa kamu sedang dalam tahapan stres, nggak ada salahnya untuk istirahat agar pikiran dan tubuh kembali rileks.

IDN Media Channels

Latest from Skin