Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Beda Banget! Ternyata Begini Perbedaan Gaya Makeup Dulu dan Sekarang

Kamu lebih suka yang mana nih?

Vidya Nathania

Di tengah perkembangan dunia makeup, maka makeup pun telah menjadi suatu kebutuhan. Makeup mampu menyamarkan ketidaksempurnaan pada wajah dan menonjolkan kelebihan bentuk wajah sehingga mampu memaksimalkan penampilan seseorang. 

Memiliki banyak jenis dan pilihan gaya, makeup tak hanya dapat digunakan pada saat menghadiri acara formal saja, tetapi makeup pun juga dapat digunakan untuk sehari-hari. Ternyata hal ini tak hanya berlaku untuk perempuan di era modern ini, makeup sudah dikenal sejak dahulu dan perempuan zaman dahulu pun sudah menggunakan makeup untuk mempercantik dirinya. Gaya makeup dulu dan sekarang terlihat sangat berbeda, buat kamu yang ingin tahu seperti apa, yuk kita intip perbedaannya!

1. Bagian complexion

Byrdie.com

Tak seperti sekarang, zaman dulu highlighter belum populer dan lebih mengandalkan bedak biasa untuk tahap akhir complexion. Berbeda dengan gaya makeup di era modern ini, tampaknya glowing makeup terlihat cukup marak di kalangan para beauty enthusiast yang menonjolkan sentuhan kilau pada tampilan makeup.

2. Bentuk alis

goodhousekeeping.com

Semua orang pasti tahu dengan bentuk alis ikonik a la 90-an yang berbentuk tipis dan melengkung. Memang cukup unik, tetapi pada zamanya, bentuk alis tersebut sangatlah hits. Jika dibandingkan dengan bentuk alis pada zaman sekarang, perbedaannya cukup signifikan. Zaman sekarang, bentuk alis lebih natural dan menonjolkan alis yang tebal serta tegas.

3. Riasan mata

imstuckin1999.tumblr.com

Pada riasan mata, tidak ada perubahan pemilihan warna pada zaman dulu dan sekarang. Namun, untuk teknik pengaplikasian serta gayanya memiliki perbedaan yaitu jika dulu teknik blending belum hadir sehingga eyeshadow terlihat tidak membaur, sedangkan zaman sekarang mengandalkan teknik blending sehingga eyeshadow dapat membaur dengan sempurna pada area kelopak mata.

4. Shade foundation

pinterest.com

Bersyukurlah karena melalui proses uji coba dan penelitian, maka banyak brand kosmetik yang sudah bisa menciptakan shades warna foundation yang sesuai dengan warna kulit setiap orang sehingga warnanya dapat menyatu sempurna dengan warna kulitmu. Pada zaman dulu, foundation hanya tersedia 1 shade warna saja yang dapat membuat hasil warna kulit dengan leher menjadi belang.

5. Lipstik

stealherstyle.net

Penggunaan lipstik merah memang tak pernah lekang oleh zaman dan menjadi produk andalan saat dipakai kemana saja. Jenis warna merahnya pun harus disesuaikan dengan warna kulit agar terlihat sangat cocok. Yang menjadi perbedaannya ialah hasil akhir dari lipstik yang digunakan, jika dulu lipstik merah yang glossy lebih digemari, dan zaman sekarang, hasil akhir matte lebih menjadi incaran.

6. Dominasi warna

Bustle.com

Terlihat sangat dinamis dan penuh warna, makeup zaman dulu memang banyak menggunakan warna merah, ungu, biru, hijau, dan warna-warna lainnya. Kadang kala, perpaduannya pun tampak sangat berlebihan. Berbeda dengan sekarang yang gaya makeup-nya lebih sederhana serta didominasi oleh pilihan warna nude dan cokelat yang elegan.

7. Gaya rambut

goodhousekeeping.com

Selain gaya makeup, tentu saja perlu untuk tahu gaya rambut yang dianggap sebagai penyempurna tampilan. Kalau zaman dulu kesan ramai pada gaya rambut dianggap sangat populer, maka hal tersebut tidak berlaku untuk sekarang yang lebih didominasi dengan gaya rambut minimalis seperti di sebekah kanan.

Wah, ternyata gaya makeup dulu dan sekarnag beda banget ya, Bela? Perubahan makeup pun terlihat semakin baik dan semakin menarik untuk dicoba.

IDN Media Channels

Latest from Make Up