Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jangan Anggap Sepele, Inilah 7 Jenis Gangguan Jiwa yang Kerap Terjadi

Kenali jenis penyakitnya untuk bisa diatasi.

Vidya Nathania

Penyakit mental atau yang biasa dikenal dengan masalah kejiwaan memiliki perbedaan yang signifikan dengan penyakit fisik yang terlihat. Masala kejiwaan memang menghancurkan kondisi psikis seseorang dengan menciptakan rasa stres dan depresi yang dapat berujung kematian. 

Kalau dahulu penyakit mental masih kurang dianggap, namun di era yang baru ini orang-orang yang mengalami penyakit mental pun semakin meningkat dan tak boleh untuk dibiarkan begitu saja. 

Maka daripada itu, di tengah banyaknya seminar yang membahas tentang masalah kejiwaan ini, maka kita pun juga harus semakin peduli dan tak boleh menganggap bahwa masalah ini adalah masalah yang sepele. Salah satu caranya ialah dengan mempelajari beberapa jenis gangguan jiwa yang kerap kali dialami orang-orang. 

1. Gangguan akibat trauma

Di urutan pertama, terdapat salah satu jenis gangguan jiwa yang sering kali ditemui pada banyak orang. Ya, jenis gangguan jiwa yang diakibatkan rasa trauma yang berlebihan. Munculnya rasa trauma memang seringkali didukung oleh kejadian masa lampau yang sangat mengerikan seperti kekerasan seksual, kecelakaan, ditinggal oleh orang yang disayang, dan masih banyak kejadian lainnya. 

Biasanya, kejadian tersebut dialami saat korban masih berusia cukup dini walau banyak juga yang mengalami saat dewasa. Seseorang yang mengalami jenis gangguan jiwa yang satu ini akan diikuti rasa ketakutan yang cukup tinggi saat menjalani hidup dan tak kuat jika harus mengingat kejadian yang ia alami. 

2. Gangguan kepribadian

Dapat menghancurkan kepribadian seseorang, mungkin itulah yang bisa mendefinisikan jenis gangguan jiwa yang satu ini. Ciri-ciri seseorang yang mengalami gangguan kepribadian ini biasanya memiliki tingkat egois yang cukup tinggi, tak peduli dengan perasaan orang lain, harus memenuhi keinginannya, dan tidak pernah mengalami perasaan bersalah. Penderita biasanya dikenal dengan psikopat atau anti social disorder.

lofficielbaltics.com

3. Gangguan terkait makanan

Untuk jenis gangguan jiwa memang bisa dialami oleh semua orang, namun kebanyakan dialami oleh kaum perempuan. Gangguan jiwa yang satu ini mempengaruhi pola makan yang cukup ekstrem. 

Beberapa jenis gangguan jiwa ini dikenal dengan sebutan bulimia yaitu seseorang yang berusaha memuntahkan kembali makanannya dikarenakan tak ingin berat badannya naik sehingga menimbulkan stres yang berlebihan, dan anorexia yaitu ketakutan yang berlebihan jika tubuhnya mengalami perubahan seperti sedikit berisi. 

Banyak kasus yang menunjukkan perihal perilaku korban ini menyiksa dirinya hingga dapat menyebabkan kematian.

4. Gangguan Pikiran

Sesuai dengan namanya, gangguan pikiran ini merupakan salah satu dari jenis gangguan jiwa yang memang tertuju pada permasalahan pada pikiran seseorang sehingga menjadi sedikit menyimpang. 

Seseorang yang mengalami gangguan jiwa yang satu ini biasanya sering mengalami halusinasi atau memiliki dunianya tersendiri. Skizofrenia adalah salah satu contoh dari gangguan jiwa yang melibatkan pikiran.

norisukeyoshioka.com

5. Gangguan mood

Apakah kamu adalah tipe yang moody-an? Sering mengalami perubahan suasana hati yang begitu ekstrem? Waspada, karena itu bisa menjadi ciri-ciri dari jenis gangguan jiwa pada mood seseorang. 

Ketika perasaan sedih, senang, marah, dapat terjadi berganti secara cepat dengan ekspresi yang sangat berlebihan sehingga orang tersebut menjadi stres dan bahkan depresi. Jika dibiarkan dan tak segera diatasi dapat mengakibatkan seseorang mengidap bipolar atau gangguan jiwa lainnya yang dikenal mempengaruhi mood seseorang.

6. Gangguan yang mengakibatkan rasa cemas

Rasa cemas dan khawatir memang merupakan salah satu bentuk emosional pada manusia yang normal dialami. Namun, kamu perlu waspada jika rasa khawatir dan cemas tersebut sudah berlebihan sehingga tidak dapat dikontrol. 

Karena hal tersebut bisa termasuk ke dalam jenis gangguan jiwa yang dapat membuat seseorang menjadi tak dapat berpikir secara jernih seperti hendak bunuh diri atau ingin menyakiti orang lain. Hal yang satu ini juga sangat memerlukan pengawasan oleh psikolog langsung.

anneofcarversville.com

Wah, ternyata beberapa jenis gangguan jiwa di atas pastinya sudah sering ditemui di kehidupan sehari-hari kan, Bela? Karena banyak dialami oleh orang-orang, kini kamu pun harus waspada jika menemui seseorang dengan kondisi psikis yang terganggu agar dapat segera diatasi.

IDN Media Channels

Latest from Health