Menjadi mahkota perempuan, merawat dan menjaga kesehatan rambut merupakan sebuah keharusan. Nggak cukup hanya menggunakan sampo atau kondisioner saja, rambut juga memerlukan perawatan khusus untuk mempertahankan keindahannya. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan hair oil dan hair serum.

Meski serupa, nyatanya hair oil dan hair serum memiliki berbagai macam perbedaan, baik dari tekstur hingga cara pengunaannya. Untuk itu penting banget mengetahui perbedaan hair oil dan hair serum agar sesuai dengan kondisi dan kebutuhkan rambut kamu. Jadi penasaran, kira-kira bedanya apa sih? Langsung intip yuk! 

1. Hair Oil

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Hair Oil dan Hair Serumheypretty.co

Pemilik rambut kering pasti sudah tak asing lagi dengan produk perawatan rambut satu ini. Hair oil berfungsi untuk menjaga kelembapan, melindungi rambut dari suhu panas alat styling atau hair dryer, dan dapat menutrisi rambut rusak. Dari segi tekstur, hair oil cenderung lebih thick dan berminyak, jadi ketika mengaplikasikannya cukup sedikit saja agar rambut tidak terasa lepek.

Umumnya, hair oil hanya digunakan pada batang rambut dan dilakukan setelah keramas. Namun, kini kamu dapat dengan mudah menemukan produk hair oil yang dapat digunakan pada kulit kepala dan diaplikasikan sebelum keramas. So, hair oil cocok banget untuk kamu yang memiliki rambut cenderung kering dan rusak. 

2. Hair Serum

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Hair Oil dan Hair Serumverywellhealth.com

Berbeda dengan hair oil, hair serum justru memiliki tekstur yang lebih cair seperti air, tetapi terasa lebih pekat. Hair serum bermanfaat untuk menutrisi dan memberikan keharuman untuk rambut. Selain itu, produk ini juga mampu membuat rambutmu terlihat lebih berkilau dan sehat. 

Nah, kinerja hair serum akan jauh lebih optimal jika digunakan setelah keramas dan rambut dalam keadaan setengah kering. Selain itu, kamu bisa mengaplikasikan hair serum mulai dari batang hingga ke ujung rambut. Jadi, hair serum akan lebih cocok digunakan untuk rambut yang cenderung berminyak. 

Okay, itu dia perbedaan hair oil dan hair serum. Karena sekarang sudah tahu bedanya, maka gunakan produk yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut kamu ya, Bela! 

Baca Juga: Rambut Tebal dan Anti Rontok, 7 Rekomendasi Hair Oil Lokal Terbaik

Baca Juga: 5 Pilihan Hair Mask yang Bikin Rambut Semakin Indah

Baca Juga: Sering Pakai Hair Dryer Bikin Rambut Rusak? Ini Fakta Sebenarnya!