Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Atasi Masalah Rambut Rontok dengan 5 Makanan Lezat Ini Yuk!

Enak dan bermanfaat!

Ajeng Dwi Damarasri

Rambut adalah mahkota perempuan. Mungkin ini yang menjadi alasan mengapa para cewek sangat merawat dan peduli terhadap rambutnya. Jujur deh, kamu mungkin juga akan rela mengeluarkan jumlah yang nggak sedikit untuk pergi ke salon bukan? Sayangnya masalah rambut seperti kerontokan masih sering dialami oleh banyak orang. Panik dong jika melihat banyaknya helai rambut tertinggal di sisirmu! Jangan sedih kamu nggak sendiri, Bela!

Nyatanya rambut akan rontok secara alami hingga 100 helai setiap harinya. Namun gangguan autoimun, diabetes, kekurangan vitamin, stres, dan kurang tidur bisa memicu terjadinya kebotakan dini. 80 juta orang Amerika bahkan diperkirakan mengalaminya. Di sisi lain, ada penelitian yang menunjukkan bahwa pola makan pun mempengaruhi kesehatan rambutmu. Nah, untuk mencegah kerontokan, kamu bisa mengonsumsi makanan ini!

1. Salmon

pohuski.com

Rambut membutuhkan protein untuk memicu pertumbuhan rambut baru dan menjaganya tetap kuat. Selain berguna untuk menghasilkan keratin, protein juga merupakan salah satu komponen struktural utama pada rambut. Untuk memaksimalkan kesehatan rambut, kamu bisa memilih protein yang berasal dari laut, seperti salmon. Ikan yang juga kaya akan kandungan asam omega 3 ini bisa memberi kilau alami pada rambut dan kulit. Bukan hanya diolah sebagai masakan matang, salmon juga enak dimakan mentah sebagai salmon sashimi lho

2. Madu

livingtired.org

Madu memang terkenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh termasuk rambut. Makanan kesukaan karakter Winnie The Pooh ini dipercaya dapat memperbaiki tampilan rambut yang menipis. Sebuah studi pernah dilakukan terhadap pasien yang mengalami dermatitis seboroik yang mengakibatkan terjadinya scaling, gatal, dan rambut rontok. Kemudian penelitian ini mencoba mengoleskan madu yang terdiri dari 90% madu dan 10% air ke kulit kepala mereka selama 4 hari. Hasilnya terjadi peningkatan yang signifikan pada rambut mereka. Wow!

3. Kacang dan biji-bijian

deviart.com

Sama seperti salmon, kacang-kacangan juga memiliki kandungan omega 3 yang tinggi. Nggak hanya itu, beberapa variasi biji-bijian seperti kenari, biji rami, dan minyak seperti biji anggur, bunga matahari, dan wijen juga mengandung omega 6 lho. Jenis kacang dan biji-bijian ini dapat membantu pertumbuhan rambutmu menjadi lebih tebal dan kuat. Meski begitu, tetap konsumsi sewajarnya ya. Terlalu banyak makan kacang bisa memicu tumbuhnya jerawat bagi sebagian orang.

4. Bayam

fromfood2love.com

Sebuah studi menemukan bahwa perempuan dengan masalah rambut rontok biasanya memiliki kadar zat besi dan vitamin D2 yang rendah. Jangan-jangan, kamu salah satunya! Nah, untuk mengantisipasinya, kamu bisa sering-sering mengonsumsi bayam sebagai pelengkap makananmu. Meski nggak terbukti dapat menambah kekuatan tubuh, sayuran kesukaan tokoh kartun Popeye ini kaya akan zat besi dan vitamin C yang bagus untuk rambutmu. Bila bosan dengan sajian sup bening bayam dan jagung, kamu dapat mengolahnya sebagai salad atau creamy spinach dengan cream cheese dan saus jamur. Yum!

5. Tiram

foodmarketgypsy.com

Sering dengar kan sampo penumbuh rambut yang banyak mengandung zinc? Ternyata, zinc merupakan nutrisi yang kuat untuk mencegah dan mengobati rambut rontok. Mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan ini dapat memperlambat kerontokan rambut dan memberi nutrisi pada batang rambut sehingga nggak mudah patah. Nah, menurut National Institutes of Health, dalam satu porsi tiram memiliki kandungan zinc yang lebih banyak dibandingkan makanan lainnya. Jika terlalu menyukainya, walnut, telur, kacang hijau, bibit gandum, dan buncis bisa menjadi alternatif yang nggak kalah enaknya. Nah, jadi jangan panik lagi ya, Bela! Jika rambutmu mulai rontok, kamu dapat mulai mengatur pola makanmu!

IDN Media Channels

Latest from Hair