Tak dapat dipungkiri, lingkungan pertemanan sedikit banyak akan berdampak dan turut membentuk siapa dirimu yang sekarang. Teman-teman yang sehat akan membantu kamu untuk lebih banyak belajar dan berkembang. Sementara, teman-teman yang toxic akan cenderung bersikap posesif dan merasa terancam ketika melihat ada salah seorang yang bergerak maju. Jenis pertemanan semacam inilah yang seharusnya kamu hindari, Bela.

Oleh karena itu, pandai-pandailah dalam memilih teman, ya. Jika perlu, bacalah doa khusus berdasarkan hadis Rasulullah berikut agar terhindar dari pergaulan yang menyesatkan.

"Ya Allah , lindungilah aku dari teman yang menipu, matanya melihatku tapi hatinya mengawasiku, jika dia mengetahui kebaikanku disembunyikan, jika dia mengetahui keburukanku disiarkannya." (HR. Ibnu Hajar).

"Rasululllah SAW memberi peringatan kepada umatnya, ''Seseorang itu sesuai adat (tabiat) temannya, maka hendaklah kamu sekalian memperhatikan siapakah yang kau jadikan teman.'' (HR Abu Daud). 

Sebagai tambahan, Popbela juga merangkum sembilan sifat teman yang harus dihindari menurut islam, nih. Disimak ya!

1. Malas beribadah

9 Sifat Teman yang Harus Kamu Hindari Menurut Pandangan IslamFreepik.com/Free Picture

Sekali lagi, lingkungan pertemanan sedikit banyak akan berdampak dan turut membentuk siapa dirimu yang sekarang. Apabila kamu berteman dengan seseorang yang malas beribadah, cepat atau lambat kamu juga akan terbawa untuk turut melalaikan ibadah, lho. Padahal, orang yang kerap menyepelekan waktu ibadah merupakan salah satu ciri orang munafik. Sebagaimana firman Allah SWT berikut ini.

"Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk sholat, mereka berdiri dengan malas" (QS. An-Nisa: 142).

“Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan menuruti hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan, kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh, maka mereka itu akan masuk syurga dan tidak dianiaya (dirugikan) sedikit pun.” (QS. Maryam: 59-60).

2. Egois

9 Sifat Teman yang Harus Kamu Hindari Menurut Pandangan Islamhttps://www.pexels.com/id-id/@cottonbro

Selanjutnya, sifat teman yang harus kamu hindari menurut Islam adalah egois. Seorang teman yang punya sifat egois akan tega melakukan apa saja demi kepentingannya sendiri tanpa memikirkan orang lain. Biasanya, sifat tercela ini diiringi pula dengan hati yang mudah tersinggung dan tersulut amarah.

Allah SWT telah menyebut sifat egois ini di dalam Al-Qur’an:

“Sesungguhnya manusia diciptakan keras kepala – putus asa ketika hal-hal buruk terjadi, menyesali ketika hal-hal baik datang.” (QS. Al-Ma'arij:19--21).

Serta, hal yang sama diungkapkan oleh Nabi Sulaiman AS dalam wejangan yang ia berikan kepada anaknya:

“Wahai anakku, tinggalkanlah mira’ (jidal, mendebat karena ragu-ragu dan menentang) itu, karena manfaatnya sedikit. Dan ia membangkitkan permusuhan di antara orang-orang yang bersaudara.” [Syu’abul Iman: 8076 Al-Baihaqi, cetakan pertama, Darul Rusdi Riyadh, Asy-syamilah]

3. Sering berbohong

9 Sifat Teman yang Harus Kamu Hindari Menurut Pandangan Islamhttps://www.pexels.com/id-id/@julia-larson

Dalam setiap hubungan, menyembunyikan kebenaran memang akan selalu merusak. Begitu pula dalam hubungan pertemanan. Menurut agama Islam, seorang teman yang sering berbohong benar-benar harus kamu hindari. Tidak lain dan tidak bukan karena hanya teman yang jujur yang dapat menuntunmu untuk selalu berbuat baik dan menjauhi segala keburukan. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 119:  

“Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang jujur”.

“Dari ‘Abdullah bin Mas’ud r.a., ia berkata, Rasulullah saw. Bersabda, ‘Kalian harus jujur, karena kejujuran itu menunjukkan pada amal kebaikan, dan amal kebaikan menunjukkan kepada surga. Dan, orang itu akan tetap berkata jujur, dan memilih untuk jujur sehingga ia dicatat di sisi Allah sebagai orang jujur. Dan jauhilah oleh kalian berdusta (berbohong), karena berdusta (berbohong) itu menunjukkan kepada kemaksiatan (kejahatan), dan kemaksiatan (kejahatan) itu menunjukkan kepada neraka. Dan orang itu akan tetap berdusta (berbohong), dan memilih untuk berdusta (berbohong) sehingga dicatat di sisi Allah sebagai pendusta (pembohong).” (H.R. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan Tirmizi)

4. Tidak dapat dipercaya atau suka ingkar janji

9 Sifat Teman yang Harus Kamu Hindari Menurut Pandangan Islamhttps://www.pexels.com/id-id/@karolina-grabowska

Teman yang tak dapat dipercaya karena sering mengingkari janji memang akan lebih baik jika kamu hindari. Lagi pula, seorang teman yang amanah dapat memberimu lebih banyak kedamaian dalam hidup daripada mereka yang tidak!

Allah berfirman, “Sebenarnya barang siapa yang menepati janji dan bertakwa, maka sungguh, Allah Mencintai orang-orang yang bertakwa”. (QS. Ali 'Imran:76).

Ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah akan mencintai hambaNya yang selalu menepati janji dan bertakwa kepadaNya.

Dari Ali bin Abi Thalib radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang tidak menepati janji seorang muslim, maka dia mendapat laknat Allah, malaikat, dan seluruh manusia. Tidak diterima darinya taubat dan tebusan” (HR. Bukhari, 1870, dan Muslim, 1370).

5. Mudah memutus silaturahmi

9 Sifat Teman yang Harus Kamu Hindari Menurut Pandangan Islamhttps://www.pexels.com/id-id/@liza-summer

Pilihlah teman yang senantiasa menjaga tali persaudaraan dan suka menyambung silaturahmi dengan siapa saja! Nggak terkecuali di masa pandemi yang sekarang ini masih berlangsung. Percayalah, silaturahmi amatlah penting dalam Islam dan hal ini ditegaskan langsung oleh Allah SWT beserta para RasulNya.

Dari Aisyah ra. dari Nabi SAW bersabda, “Orang yang paling dibenci Allah ialah orang yang paling suka bermusuhan.” (HR. Bukhari).

Rasulullah SAW bersabda, "Tidak dibenarkan bagi seorang Muslim untuk meninggalkan saudaranya (tidak mengajak berbicara karena benci) lebih dari tiga hari." (HR Muslim).

Diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim melalui Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang ingin diperluas rezekinya dan ditambah umurnya, hendaklah dia menyambungkan hubungan kekeluargaan (silaturahmi)." 

6. Bermuka dua

9 Sifat Teman yang Harus Kamu Hindari Menurut Pandangan Islamhttps://www.pexels.com/id-id/@mikhail-nilov

Sifat teman yang tak kalah pentingnya untuk kamu hindari adalah sifat bermuka dua. Sifat tercela ini merupakan salah satu ciri orang yang munafik, lho. Biasanya, mereka yang punya sifat munafik memiliki kecenderungan untuk tidak teguh dalam berpendirian dan nggak ragu untuk mengadu domba orang di sekelilingnya agar dipenuhi kebencian. Wah, mengerikan sekali, ya!  

"Dan apabila mereka berjumpa dengan orang-orang yang beriman mereka berkata: 'Kami telah beriman'. Tetapi apabila mereka berjumpa kembali dengan setan-setan mereka berkata: Sesungguhnya kami bersama kamu, kami hanya berolok-olok" (QS. Al-Baqarah ayat 14).

7. Sombong atau riya’

9 Sifat Teman yang Harus Kamu Hindari Menurut Pandangan Islamhttps://www.pexels.com/id-id/@olly

Rasulullah SAW selalu menganjurkan untuk tidak berteman dengan orang-orang yang sombong, karena seharusnya seorang manusia merasa lemah dan rendah diri di hadapan Allah. Hal ini tertuang dalam hadis yang diriwayatkan oleh At-Tirmidji.

“Apabila kamu berjumpa dengan seseorang yang memperturutkan sifat pelit, mengumbar hawa nafsu, mengutamakan dunia, dan selalu membanggakan pendapatnya sendiri, maka selamatkan dirimu.” (At-Tirmidji)

Lebih lanjut, Allah SWT juga memperingatkan kita melalui surat Al-Anfal ayat 47 untuk tak berbuat riya’.

"Dan (juga) orang-orang yang menafkahkan harta-harta mereka karena riya kepada manusia, dan orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan kepada hari kemudian. Barangsiapa yang mengambil syaitan itu menjadi temannya, maka syaitan itu adalah teman yang seburuk-buruknya."

8. Bangga dengan dosa yang diperbuat

9 Sifat Teman yang Harus Kamu Hindari Menurut Pandangan Islamfreepik.com/katemangostar

Segala dosa yang pernah kamu perbuat di masa lalu merupakan aib yang penting sekali untuk dikubur dalam-dalam dengan taubat agar tak kembali terulang. Tetapi, beberapa orang justru bangga mengungkap aibnya sendiri. Menurut Islam, jenis teman semacam inilah yang perlu kamu hindari, Bela.

"Dia (Allah) berfirman, "Dan kepada orang yang kafir dan Aku beri kesenangan sementara, kemudian akan Aku paksa dia ke dalam azab neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali" (QS. Ali 'Imran: 126).

Firman Allah tentang para pendosa, “Tinggallah dengan hina di dalamnya, dan janganlah kamu berbicara dengan Aku.” (QS. Al-Mu'minun:108)

9. Dengki

9 Sifat Teman yang Harus Kamu Hindari Menurut Pandangan Islamhttps://www.pexels.com/id-id/@olly

Menurut ajaran Islam, sifat tercela dalam diri seorang teman yang seharusnya tak dimiliki adalah dengki. Bagaimana tidak? Menanam sifat dengki dalam diri dapat berdampak pada munculnya perilaku buruk lain seperti gemar bergunjing dan fitnah.

"Jika kamu memperoleh kebaikan, (niscaya) mereka bersedih hati, tetapi jika kamu tertimpa bencana, mereka bergembira karenanya. Jika kamu bersabar dan bertakwa, tipu daya mereka tidak akan menyusahkan kamu sedikitpun. Sungguh, Allah Maha meliputi segala apa yang mereka kerjakan." (QS. Ali 'Imran ayat 120).

“Dari Anas, bahwa Rasulullah SAW (beliau) bersabda: “Kedengkian akan memakan kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar, dan sedekah akan menghapus kesalahan sebagaimana air dapat mematikan api. Sholat adalah cahaya seorang mukmin, sedangkan puasa adalah perisai dari api neraka.” (HR. Ibnu Majah).

Nah, demikianlah sembilan sifat teman yang harus kamu hindari menurut ajaran agama Islam. Semoga lingkungan pertemanan kamu terbebas dari segala perbuatan tercela yang telah Popbela sebutkan di atas, ya!

Baca Juga: Cuma Benalu! Ketahui 5 Tanda Kalau Teman Hanya Memanfatkanmu

Baca Juga: 5 Alasan Lingkaran Pertemananmu Makin Kecil Saat Dewasa

Baca Juga: 10 Cara Move On Menurut Ajaran Islam dan Doa-doanya