Buka puasa bersama adalah salah satu kegiatan rutin yang selalu ditunggu-tunggu setiap Ramadan datang. Momen ini juga bisa jadi ajang temu kangen dengan orang-orang terkasih, seperti bersama pasangan, teman lama, atau rekan kerja.

Namun, pandemi COVID-19 saat ini membuat kegiatan kita jadi terbatas dan sulit untuk bertemu banyak orang. Meski nggak bisa ke mana-mana, tapi menjalani Ramadan di rumah saja juga membawa sisi positif, lho. Nggak percaya? Coba simak ini dia 7 keuntungan buka puasa di rumah bersama keluarga.

1. Tempat yang leluasa

7 Keuntungan Buka Puasa di Rumah Bersama KeluargaFreepik.com/Odua

Kamu pasti tahu bagaimana hectic-nya saat mengadakan acara buka puasa di restoran atau kafe. Selain harus berebut tempat dengan orang lain yang hendak buka puasa juga, ramainya pengunjung membuatmu tak leluasa untuk mengobrol. Beda halnya kalau kamu berbuka puasa di rumah bersama keluarga. Kamu nggak perlu melakukan reservasi tempat, bahkan berebut dengan orang lain.

2. Tak terbatas waktu

7 Keuntungan Buka Puasa di Rumah Bersama KeluargaFreepik.com/Odua

Setiap restoran memiliki jadwal operasional dan waktu reservasi yang terbatas. Hal ini membuat waktu buka puasamu jadi singkat dan terburu-buru. Nggak enak banget, kan? Coba kalau di rumah, kamu nggak perlu mengkhawatirkan hal itu sehingga bisa lebih santai menikmati waktu berbuka puasa.

3. Lebih hemat pengeluaran

7 Keuntungan Buka Puasa di Rumah Bersama KeluargaFreepik.com/Splitov27

Kalau dihitung kembali, biaya untuk berbuka puasa di luar jauh lebih mahal dibandingkan dengan di rumah. Sebab, kamu perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi, parkir, hingga harga makanan dan minuman di restoran yang terbilang tak murah. Kalau kamu berbuka puasa di rumah bersam keluarga, tentu kamu bisa lebih menghemat pengeluaran, Bela.

4. Bisa belajar masakan baru

7 Keuntungan Buka Puasa di Rumah Bersama KeluargaFreepik.com/artnami

Karena punya waktu yang lebih banyak saat di rumah, kini kamu bisa mulai bereksperimen dengan berbagai macam menu masakan untuk membuat hidangan berbuka puasa. Kamu juga bisa berdiskusi dengan anggota keluarga yang lain tentang menu apa yang ingin disantap nanti. Selain membuat hidangan buka puasa lebih variatif dan nggak membosankan, aktivitas ini juga bisa membantu mengasah kemampuan memasakmu, Bela.

5. Membangun kekompakan keluarga

7 Keuntungan Buka Puasa di Rumah Bersama KeluargaFreepik.com/Odua

Jangan salah, buka puasa di rumah bersama keluarga ternyata bisa membangun kekompakan keluarga, lho. Sebab, sebelum sama-sama buka puasa, kamu bisa berbagi tugas dengan seluruh anggota keluarga untuk berpartisipasi dan menyiapkan hidangan buka puasa. Misalnya, kamu yang memasak, sedangkan anggota keluarga yang lain menyiapkan peralatan makan di meja.

6. Punya banyak waktu dengan keluarga

7 Keuntungan Buka Puasa di Rumah Bersama KeluargaFreepik.com/Odua

Meski tinggal di satu atap yang sama, tapi setiap anggota keluarga tentu memiliki kesibukan masing-masing. Bahkan karena kesibukan itu, kamu dan anggota keluarga yang lain jadi jarang mengobrol. Nah, kamu bisa memanfaatkan momen buka puasa di rumah ini untuk lebih banyak mengobrol dengan keluarga. Ini juga bisa membuatmu jadi lebih dekat dengan keluarga.

7. Bisa salat tarawih bareng

7 Keuntungan Buka Puasa di Rumah Bersama KeluargaFreepik.com/Rawpixel.com

Ini dia keuntungan buka puasa di rumah bersama keluarga yang nggak kalah penting. Setelah berbuka puasa, kamu bisa melakukan salat tarawih berjamaah dengan anggota keluarga yang lain. Kemudian, kamu juga bisa membaca Alquran bersama. Selain meningkatkan keakraban dengan keluarga, kegiatan ini juga bisa mendekatkan hubunganmu dengan Allah.

Itulah 7 keuntungan buka puasa di rumah bersama keluarga. Nikmati momen Ramadan ini dan jadikan lebih berarti dari tahun-tahun sebelumnya ya, Bela.

Baca Juga: 5 Resep Camilan Buka Puasa Praktis Ini Bisa Kamu Buat Sendiri, Lho!

Baca Juga: Super Mudah, Ini Resep Minuman Segar Buka Puasa Kreasi Yummy

Baca Juga: 10 Menu Buka Puasa untuk Diet Sehat dan Nggak Bikin Perut Buncit