Sebagai makhluk sosial, tentu kita tidak bisa hidup sendiri. Kita butuh kehadiran orang lain dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Salah satu sosok yang kehadirannya penting dalam hidup ialah teman.

Teman bisa menjadi orang yang membantu kita di kala sulit dan juga bisa menjadi sosok yang mendukung kita di kala terpuruk. Nggak cuma satu, tipe teman ternyata juga beragam, lho.

Tipe-tipe teman ini wajib dimiliki olehmu supaya kehidupan terasa jauh lebih mudah. Kira-kira apa saja, ya, tipe teman tersebut? Spesial untuk kamu, berikut 7 tipe teman yang wajib kamu punya dalam hidup

1. Teman sedari kecil

Ini 7 Tipe Teman Terbaik yang Wajib Ada dalam HidupmuPinterest.com/Camillestyles

Tipe teman ini biasanya nggak hanya mengenalmu dari sisi luar, tapi juga sisi dalammu. Kebersamaan yang tercipta sejak kecil membuat kamu dan temanmu tumbuh dan melewati banyak momen kehidupan bersama, baik itu momen menyedihkan, mengharukan, sampai ke momen membahagiakan. Jenis tipe teman yang ini juga biasanya jadi teman kepercayaan, karena bisa menyimpan semua rahasia yang dibagikan. 

2. Pendengar yang baik

Ini 7 Tipe Teman Terbaik yang Wajib Ada dalam Hidupmufreepik.com/katemangostar

Nggak semua orang bisa jadi pendengar yang baik. Oleh karena itu, kamu perlu bersyukur saat mempunyai teman yang setia dan tetap tahan atas setiap keluh kesah yang terlontar dari bibirmu. Kemampuan mereka untuk merespons tanpa menghakimi dan juga selalu membantu setiap permasalahanmu perlu diapresiasi, lho. Apresiasi termudah yang bisa kamu lakukan ialah dengan bersikap sama seperti temanmu, yaitu mau mendengarkan dan membantunya setiap saat. 

3. Punya hobi yang sama

Ini 7 Tipe Teman Terbaik yang Wajib Ada dalam HidupmuPinterest.com

Tipe yang ini disatukan oleh ketertarikan, minat, atau hobi yang sama. Dengan samanya hobi, maka kamu dan temanmu akan sering bertemu karena melakukan kegiatan tersebut bersama-sama. Nggak hanya itu, teman tipe ini juga jadi teman yang enak untuk diajak diskusi soal hobi tanpa perlu takut merasa bosan karena membicarakan topik yang memang digemari oleh kalian. 

4. Teman suportif

Ini 7 Tipe Teman Terbaik yang Wajib Ada dalam HidupmuPinterest.com/Haleyrichterphoto

Selalu hadir di setiap permasalahanmu jadi ciri tipe teman yang suportif. Nggak cuma itu, ciri teman yang satu ini biasanya juga selalu mendorongmu untuk melakukan hal-hal menantang yang bisa membuatmu makin berkembang, lho. Tipe teman yang satu ini bisa bikin diri kita jadi manusia yang makin “maju” tiap harinya.

5. Teman jujur

Ini 7 Tipe Teman Terbaik yang Wajib Ada dalam HidupmuPinterest.com/Sadie rob huff

Berani bicara jujur mesti menyakit hati jadi salah satu tipe teman yang satu ini. Mereka dengan lantang mengungkapkan kebenaran meski pahit untukmu. Dengan keberaniannya, mereka mengatakan hal sesungguhnya tersebut meski ia tahu nantinya hatimu akan terluka. Bukan tanpa alasan, mereka melakukan ini karena mereka sayang denganmu, lho. 

6. Rekan kerja yang menjadi teman

Ini 7 Tipe Teman Terbaik yang Wajib Ada dalam HidupmuPinterest.com/Whowhatwear

Tipe teman yang harus ada selanjutnya dalam hidup ialah rekan kerja yang menjadi temanmu. Tipe ini biasanya berawal dari rasa bosan karena beban kerja yang sama kemudian berlanjut menjadi akrab. Saling menyemangati satu sama lain dan juga merasa banyak kemiripan menjadi alasan kalian berteman. Kalau kamu salah satunya yang mempunyai tipe teman ini, jangan terlalu terbuka soal kehidupan pribadi, ya. Hal ini demi menjaga profesionalitasmu di tempat kerja. 

7. Teman lelaki

Ini 7 Tipe Teman Terbaik yang Wajib Ada dalam HidupmuPinterest.com

Sudah memiliki pasangan bukan berarti tidak boleh memiliki teman lawan jenis, lho, Bela. Hal ini dikarenakan pertemanan tidak dibatasi oleh gender. Teman pria juga bisa menambah perspektifmu, terutama ketika kamu ingin menimbang sebuah keputusan yang memerlukan cara pandang laki-laki. Dengan banyaknya perspektif yang kamu dapati tersebut, nantinya kamu jadi lebih mudah untuk membuat sebuah keputusan. 

Itu dia beberapa tipe teman yang wajib ada dalam hidupmu. Kira-kira, kamu sudah punya semuanya belum?

Baca Juga: 6 Ciri-ciri Teman yang Bermuka Dua, Jangan Sampai Tertipu!

Baca Juga: Bukan Hanya Rindu, Ini 10 Arti Mimpi Bertemu Teman Lama!

Baca Juga: 20 Ayat Alkitab Tentang Persahabatan