Fase PDKT alias pendekatan menjadi sebuah fase yang menyenangkan terutama jika kamu telah lama single dan memang sedang mencari pasangan. Tak jarang pula, PDKT jadi saat terindah, di mana kamu dan gebetan masih sama-sama berbunga-bunga dan kerap menunjukkan sisi romantis masing-masing.

Tapi, tak selamanya PDKT berjalan mulus dan hanya ada keindahan, kamu pun harus siap dengan segala kemungkinan yang bisa saja membuatmu patah hati. Sakit hati memang menyebalkan, terkadang malah mengingatkan kita akan kenangan buruk dari hubungan sebelumnya.

Hal ini bukan berarti tak bisa dihindari, kok, Bela. Berikut tips menghindari patah hati saat PDKT yang bisa kamu lakukan agar tidak terjebak dengan seseorang atau kondisi yang malah merugikanmu nantinya.

1. Memiliki ekspektasi yang realistis

7 Tips Menghindari Patah Hati Saat PDKT, Nggak Galau Lagi!https://www.pexels.com/@cottonbro

Tips menghindari patah hati saat PDKT yang pertama adalah dengan menanamkan ekspektasi yang realistis pada dirimu soal hubungan ini. Meski baru ‘pendekatan’ terkadang kitalah yang justru berharap terlalu tinggi bahwa kamu dan gebetan akan berakhir bahagia. Tidak, lho, justru ekspektasi berlebihan malah akan membuatmu jauh lebih terpuruk ketika kenyataan tak sejalan dengan harapanmu.

2. Terbukalah tentang harapanmu

7 Tips Menghindari Patah Hati Saat PDKT, Nggak Galau Lagi!https://www.pexels.com/@katerina-holmes

Jujur dan terbuka tentang harapanmu merupakan cara lain untuk menghindari patah hati saat PDKT yang tak kalah penting. Bicarakan dengan gebetanmu mengenai apa yang kamu harapkan tentang hubungan ini, dan pastikan calon pasanganmu juga ikut terbuka. Dengan begini kamu bisa mendapatkan pencerahan mengenai masa depan hubungan kalian.

3. Jangan menerapkan ‘optimisme buta’

7 Tips Menghindari Patah Hati Saat PDKT, Nggak Galau Lagi!https://www.pexels.com/@william-fortunato

"Dia orang baik dan jujur kok, jadi tidak mungkin akan melakukan hal buruk". Berpikir positif memang bagus, tapi jangan sampai pikiran baik berubah menjadi optimisme buta. Begitu pula dalam fase PDKT, kamu terlalu optimis sehingga melupakan kemungkinan terburuk yang bisa terjadi. Selalu camkan hal ini dalam pikiranmu, "hope for the best, prepare for the worst".

4. Tunjukkan kompromi dan keseriusanmu

7 Tips Menghindari Patah Hati Saat PDKT, Nggak Galau Lagi!freepik/tirachardz

Salah satu hal penting yang juga perlu kamu perhatikan adalah tunjukkan kompromi dan keseriusanmu soal hubungan. Perlihatkan pada gebetanmu kalau kamu serius dan sudah enggan menjalani hal tak pasti. Tapi juga jangan lupa untuk menunjukkan kompromi, dan ingatlah bahwa hubungan akan selalu membutuhkan usaha dari kedua belah pihak.

5. Berdiskusi dengan teman serta keluarga

7 Tips Menghindari Patah Hati Saat PDKT, Nggak Galau Lagi!freepik.com/tirachardz

Tips menghindari patah hati saat PDKT berikutnya adalah berdiskusi dengan teman serta keluarga mengenai apa yang kamu alami. Siapa tahu, mereka bisa memberimu nasihat berguna tentang ini. Tak ada salahnya untuk curhat, malah itu akan membuatmu lega.

6. Jadikan ajang untuk saling mengenal

7 Tips Menghindari Patah Hati Saat PDKT, Nggak Galau Lagi!https://www.pexels.com/@ku3weddinghouse

PDKT sejatinya adalah fase untuk kalian saling mengenal, fokus dengan hal itu akan menghindari patah hati juga, lho. Perlu diingat bahwa tidak semua orang bisa cocok denganmu. Siapa tahu kamu dan gebetan memiliki cara pandang atau pola pikir yang berbeda, sehingga akan sulit bagi kalian untuk bisa melanjutkan hubungan ke tahap yang lebih serius.

7. Jangan terlalu gegabah

7 Tips Menghindari Patah Hati Saat PDKT, Nggak Galau Lagi!Pexels.com/Mikhail Nilov

Jangan terlalu gegabah ketika pendekatan adalah hal yang juga penting untuk diperhatikan. Menunjukkan kalau kamu begitu putus asa dan ingin segera meresmikan hubungan malah akan membuat gebetan ilfeel. Apalagi jika masih masa PDKT kamu sudah menunjukkan sifat posesif dan bersikap layaknya pacar resmi, wah, itu perlu dihindari.

Itulah beberapa tips menghindari patah hati saat PDKT. Jangan terlalu diambil hati, karena pada dasarnya PDKT adalah fase saat kamu mencari kecocokkan dengan calon pasanganmu. Jika memang bukan jodoh, tak perlu sedih terlalu lama, ya.

Baca Juga: 7 Perilaku Perempuan Saat PDKT yang Bikin Para Lelaki Ilfeel 

Baca Juga: Malu Tapi Mau, 6 Zodiak Ini Paling Pasif Saat PDKT

Baca Juga: 10 Tips Menolak Cowok yang PDKT Denganmu Tanpa Harus Menyakitinya