Ketika kita memulai sebuah hubungan, kita memiliki ekspektasi satu sama lain. Mungkin kita berharap bisa menghabiskan waktu yang panjang bersama pasangan, atau mungkin kita sudah memiliki banyak rencana dengan pasangan di masa depan. Tapi ketika sebuah hubungan yang sudah dibangun terpaksa berakhir, semua komitmen dan janji pada akhirnya tak bisa ditepati.

Tiba-tiba, semua gambaranmu tentang masa depan sirna. Masa depan seakan-akan menjadi sesuatu yang penuh ketidakpastian. Emosimu pun teraduk-aduk. Dari sedih, kecewa, marah, atau bahkan hingga merasakan dendam. Ya, putus cinta itu memang tidak enak.

Kamu berpikir, bagaimana cara untuk bisa move on? Bisakah kamu melupakan dia dengan cepat? Sebenarnya bisa, tapi itu semua tergantung pada tekad bulatmu. Berikut ini Popbela beri bocoran tentang beberapa cara ampuh yang dipercaya bisa membuat kamu melupakan mantan dengan cepat.

1. Terima kenyataan bahwa hubunganmu sudah berakhir

8 Cara Ampuh Agar Bisa Cepat Melupakan Mantanhttps://www.pexels.com/@prateekkatyal

Hal pertama dan paling penting adalah kamu harus bisa menerima kenyataan bahwa hubungan kamu dengannya sudah berakhir. Berhenti memikirkan tentang berbagai kemungkinan yang seharusnya terjadi, berhenti memikirkan soal kesalahan kamu ada di mana, dan berhenti menyalahkan. Dengan menerima kenyataan pahit itu, kamu akan lebih mudah untuk melangkah maju. Ingat, ya, Bela, kalau kamu ingin move on, jangan menoleh ke belakang lagi.

2. Beri kamu waktu untuk memproses putus cinta tersebut

8 Cara Ampuh Agar Bisa Cepat Melupakan MantanPexels.com/Anna Shvets

Melupakan mantan tidak bisa secepat kilat. Ada proses yang perlu kamu jalani. Beri kamu waktu untuk memproses berbagai perasaan yang mungkin berkecamuk. Tapi kamu harus tahu batasnya. Misalnya, kamu memberi waktu bagi diri kamu sendiri untuk menangis sepuas-puasnya, tapi setelah itu tahan diri untuk tidak menangis lagi. Bahkan sebuah luka akan membutuhkan waktu untuk sembuh, demikian pula hatimu.

3. Ubah rasa benci dan marah dengan rasa bersyukur

8 Cara Ampuh Agar Bisa Cepat Melupakan MantanPixabay.com/DanaTentis

Saat putus cinta, rasa benci dan marah itu wajar, tapi sebisa mungkin jangan menyimpan dendam. Sebaliknya, gantilah rasa benci dan marah itu dengan rasa bersyukur. Ketimbang marah, karena si dia meninggalkanmu, mungkin kamu bisa bersyukur karena sekarang kamu bisa menghabiskan waktu lebih banyak dengan teman dan keluarga. Setiap kali perasaan marah itu muncul, coba berusaha untuk mengubah pikiranmu dengan sesuatu yang positif.

4. Rajut kembali mimpi dan cita-citamu

8 Cara Ampuh Agar Bisa Cepat Melupakan MantanShutterstock/fizkes

Saat menjalin hubungan asmara, tak jarang kamu ‘kehilangan’ dirimu sendiri. Ketika semua hal yang dilakukan untuk kepentingan bersama, kamu harus mengikuti kesenangannya, dan akhirnya kamu lupa akan kesenangan kamu sendiri. Putus cinta bisa membuat kamu untuk menemukan dirimu kembali, merajut kembali mimpi dan cita-citamu, dan memanjakan dirimu sendiri.

5. Temukan lingkungan yang bisa mendukungmu

8 Cara Ampuh Agar Bisa Cepat Melupakan MantanPexels.com/Jessica Ticozzelli

Lingkungan juga bisa membantu proses kamu melupakan mantan secara cepat. Kamu akan membutuhkan lingkungan yang bisa mendukungmu, yang bisa membuatmu tertawa, dan bersenang-senang. Tapi jangan menghabiskan waktu dengan membicarakan hal-hal buruk tentang mantanmu, ya, atau membicarakan soal hubunganmu yang sudah lewat. Hal itu malah akan membuat kamu makin teringat pada mantan.

6. Habiskan waktu dengan melakukan hobi baru

8 Cara Ampuh Agar Bisa Cepat Melupakan Mantanhttps://www.pexels.com/@bluerhinomedia

Mungkin selama ini kamu lebih banyak menghabiskan waktu dengan mantan. Pergi nonton bioskop, makan malam bersama, atau menonton dia bertanding futsal dengan teman-temannya. Nah, setelah putus, coba dedikasikan waktu kamu untuk melakukan hobi baru. Cara ini membuat kamu tetap sibuk dan pada akhirnya bisa membuatmu lebih cepat melupakan mantan. Mencoba hal baru akan membuat pikiranmu lebih segar dan siapa tahu membuat kamu menemukan bakat terpendammu.

7. Berolahraga untuk menghilangkan pikiran negatif

8 Cara Ampuh Agar Bisa Cepat Melupakan MantanShutterstock/miya227

Kamu mungkin menganggap saran untuk berolahraga setelah putus cinta adalah sesuatu yang klise, tapi ini benar adanya. Untuk bisa cepat melupakan mantan, kamu tak hanya butuh pikiran yang sehat, tapi juga tubuh yang sehat. Tubuh yang sehat bisa membuatmu lebih positif, jadi ini merupakan sesuatu yang berkesinambungan. Selain itu, olahraga akan melepaskan hormon endorfin, yang bisa memberi dampak positif bagi suasana hatimu.

8. Kenali kembali nilai dan harga dirimu

8 Cara Ampuh Agar Bisa Cepat Melupakan MantanFreepik.com

Terakhir dan tak kalah penting, kamu harus pahami nilai dirimu sendiri. Hubungan cintamu mungkin sudah berakhir, tapi jangan menganggap dirimu gagal. Sebuah hubungan bisa saja memang tidak bisa dijalankan dan harus berakhir, tapi bukan berarti itu adalah akhir duniamu. Kamu harus ketahui nilai dan harga dirimu, sehingga kamu berhak atas sebuah hubungan yang percaya akan nilaimu itu. Percayalah bahwa kamu berhak mendapatkan yang lebih baik.

Itulah beberapa cara ampuh yang bisa membuatmu lebih cepat melupakan mantan. Jalani prosesnya, ya, Bela. Kamu pasti akan bisa move on, kok.

Baca Juga: Anti Galau, Ini 13 Cara Cepat Move On dari Mantan Gebetan

Baca Juga: 5 Pikiran Toxic Ini Bikin Kamu Susah Move On Setelah Putus Cinta

Baca Juga: 5 Tanda Hubungan Asmara Kamu Hanya Buang Waktu, Saatnya Move On!