Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Fakta Kepribadian ISTP, Si Introvert yang Suka Tantangan

Pribadi yang berani dan bebas

SEO Intern Popbela

Introvert sering dipandang sebagai seseorang yang pendiam dan sering berdiam diri di dalam rumah. Namun ternyata, tidak semua introvert begitu. Ada juga yang menyukai kegiatan di luar ruangan bahkan yang menantang seperti tipe kepribadian ISTP. 

Karena sedikit berbeda dengan jenis introvert lainnya, ISTP merupakan salah satu jenis yang dapat dikatakan cukup langka. Rata-rata orang dengan kepribadian tersebut hanya sekitar 4-6% dari populasi di dunia. 

Supaya mengenal lebih jauh, simak penjelasan ISTP kepribadian dan fakta menariknya berikut ini ya, Bela!

Apa itu ISTP?

freepik.com/tirachardz

ISTP merupakan singkatan dari Introvert, Sensing, Thinking, Prospecting. Jenis kepribadian tersebut termasuk dalam enam belas tipe kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) yang dikembangkan oleh Katherine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers. 

ISTP kepribadian cenderung banyak menghabiskan waktu sendiri dan mandiri. Mereka sangat suka mencari hal-hal baru yang bisa memacu adrenalin. Selain itu, orang dengan tipe kepribadian ini banyak dikenal sebagai individu yang bebas.

Fakta menarik ISTP

1. Dikenal sebagai pribadi yang tenang

freepik.com

Fakta kepribadian ISTP yang pertama adalah mereka sering digambarkan sebagai pribadi yang tenang. ISTP banyak menghabiskan waktu untuk memikirkan segala sesuatu di dalam pikirannya sendiri. 

Orang dengan tipe kepribadian tersebut cenderung menjaga isi kepala mereka supaya tetap dingin dan tetap objektif dalam menghadapi sebuah masalah. Maka dari itu, tidak jarang mereka suka disalahpahami sebagai seorang yang pendiam oleh orang di sekitarnya.

2. Banyak mengeksplorasi hal-hal baru

freepik.com

Sebagai pribadi yang menyukai tantangan, ISTP suka menjelajahi berbagai kegiatan atau pengalaman baru. Bagi orang dengan kepribadian tersebut, menjalani hari yang berbeda jauh lebih menarik dibandingkan harus menjalani rutinitas yang sama.  

Mereka sangat menikmati kegiatan yang mungkin dianggap sebagian besar orang cukup berbahaya, seperti panjat tebing, selancar, dan lain-lain.

Karena kegiatan yang dilakukan cukup menantang, mereka pun sering berkumpul dan beraktivitas bersama dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengannya.

3. Berorientasi pada hal-hal praktis

freepik.com/ Lifestylememory

Secara khusus, ISTP kepribadian dan minatnya tertuju pada hal-hal praktis yang bisa diaplikasikan langsung secara nyata. Mereka banyak menaruh minat pada kegiatan yang bisa memiliki manfaat nyata, baik bagi dirinya atau orang sekitar. 

Ketertarikan mereka pada hal tersebut membuatnya banyak melakukan aktivitas di lapangan. Mereka akan senang jika ada orang lain yang memiliki minat dan menghargai proyek yang tengah mereka kerjakan.

4. Bisa menangani masalah dengan baik

freepik.com/benzoix

Fakta selanjutnya adalah ISTP dikenal sebagai pemecah masalah yang andal. Ketika ISTP berhadapan dengan suatu masalah, mereka akan memahami penyebabnya dan menawarkan beberapa solusi untuk memecahkan hal tersebut. 

Di situasi atau masalah tertentu, mereka bahkan tidak takut untuk mengambil risiko demi menemukan solusi yang tepat. Oleh karena itu, orang dengan kepribadian ini sering dipercaya orang lain untuk menyelesaikan suatu masalah.

5. Cenderung berpikir logis dan objektif

freepik.com/benzoix

Dalam menilai atau memutuskan sesuatu, ISTP kepribadian kecenderungannya berpikir objektif. Menilai sesuatu sesuai dengan fakta yang ada jauh lebih penting daripada hanya berpaku pada perasaan pribadi merupakan ciri khas ISTP. 

Mereka juga dipandang sangat logis dalam menyikapi segala sesuatu. Tidak jarang, kenyataan tersebut akan diutarakan secara terang-terangan.

6. Mandiri dalam mengerjakan sesuatu

freepik.com/8photo

ISTP juga merupakan pribadi yang mandiri. Mereka lebih menyukai aktivitas yang bisa dilakukan sendiri. Orang dengan kepribadian ISTP sangat menyukai kebebasan yang bisa mereka dapatkan dari kemandirian. 

Mereka sangat toleran pada pendapat dan tindakan orang lain selama hal tersebut tidak mengganggu. Karena keterbukaan dan sikapnya tersebut, mereka biasanya juga memberikan kesempatan serta kebebasan untuk mandiri pada orang lain.

7. Pribadi yang santai dan fleksibel

freepik.com/stockking

Terakhir, ISTP juga dikenal sebagai seseorang yang santai. Sebagai introvert, fokus hidup mereka ada pada masa sekarang. ISTP kepribadiannya tidak terlalu merasa khawatir tentang masa depan dan hidup dengan mengikuti arus yang ada.

Mereka mudah untuk menyesuaikan diri di segala situasi. Tidak jarang, mereka bisa bertindak sesuai spontanitas.

Meski begitu, mereka tetap tahu melepaskan energi secara efektif. Tak heran jika orang yang berhubungan dengan ISTP akan banyak menemukan hal-hal menarik untuk dilakukan bersama.

Itulah penjelasan ISTP kepribadian dan fakta-faktanya. Adakah yang relate dengan kamu, Bela?

Penulis: Cesilia Sasanda Eka Putri Noveliana

IDN Media Channels

Latest from Single