Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Hal yang Secara Tidak Sadar Dilakukan Seseorang Saat Merasa Kesepian

Melakukan segala cara untuk mendistraksi pikiran

Raden Putri

Bela, pernah nggak, sih, waktu melakukan sesuatu, kamu tiba-tiba mempertanyakan alasan di balik perilakumu itu? Terkadang, saat merasa kesepian, kamu cenderung melakukan hal-hal di luar kebiasaan untuk menghilangkan perasaan tersebut. Bahkan, tanpa disadari perilaku tersebut sebenarnya berkaitan erat dengan rasa kesepian yang sedang dialami.

Melansir dari Bolde, rasa kesepian ternyata dapat memengaruhi perilaku seseorang secara tidak langsung. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang secara tidak sadar akan dilakukan seseorang saat merasa kesepian. Apa saja? Simak rangkuman informasi selengkapnya berikut ini.

1. Terlalu sering bermain media sosial

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Menelusuri media sosial selama berjam-jam mungkin terlihat sebagai hal biasa untuk menghabiskan waktu. Tapi, hal ini sering kali menunjukkan tanda kesepian yang dialami seseorang. Pasalnya, kamu mencoba mengisi kesenjangan antara kehidupan nyata dengan dunia maya melalui berbagai kegiatan online.

Media sosial memang memberikan perasaan terhubung dengan orang-orang yang berada nan jauh di sana. Namun, biasanya perasaan tersebut hanya sementara dan justru menjebak seseorang agar merasa lebih kesepian dari sebelumnya.

2. Maraton film atau drama

Pexels.com/KoolShooters

Menonton film atau drama favorit bisa menjadi salah satu cara untuk bersantai dan mengisi waktu luang. Namun, jika kamu melakukannya secara maraton atau terus-menerus, itu bisa menjadi tanda kesepian. Kamu memilih untuk tenggelam dalam dunia dan cerita fiksi guna menghindari keheningan yang melanda saat sendirian. Kamu juga menutupi perasaan kesepian itu dengan fokus pada cerita yang disajikan.

3. Belanja lebih banyak dari biasanya

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Ketika sedang merasa kesepian, beberapa orang memilih untuk berbelanja dan menghabiskan waktu mencari barang yang diinginkan. Namun, jika jumlahnya berubah menjadi lebih banyak dari yang biasanya, maka itu bisa jadi kamu sedang merasa kesepian. Kamu berusaha mengatasi kekosongan itu dengan sensasi menyenangkan yang timbul setelah membeli sesuatu.

4. Perubahan jam tidur

Pexels.com/Ketut Subiyanto

Perubahan jam tidur juga bisa menjadi salah satu tanda seseorang merasa kesepian. Beberapa orang menggunakan tidur sebagai pelarian dari perasaan sendirian. Sedangkan, beberapa yang lainnya justru tidak bisa tidur karena perasaan yang sedang gundah dan gelisah.

Gangguan pada pola tidur juga bisa terjadi sebagai respons adanya tekanan emosional karena kesepian. Hal ini bisa berdampak pada kesehatan dan suasana hati seseorang.

5. Sering mengirim chat kepada orang lain

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Jika kamu lebih sering menggunakan ponsel untuk mengirim pesan acak kepada orang lain, secara tidak langsung itu bisa menjadi tanda bahwa kamu sedang merasa sendirian. Kamu mencoba untuk berinteraksi dengan orang lain, meski hanya melalui pesat singkat. Cara ini juga dipakai untuk mengurangi perasaan dikucilkan dan meningkatkan rasa terhubung satu sama lain.

6. Menurunnya tingkat kebersihan pribadi

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Terkadang, saat merasa sedih dan sendirian, seseorang akan mulai untuk tidak terlalu memedulikan penampilanya. Mereka merasa tidak memiliki alasan untuk berdandan dan lebih memilih untuk tampil seadanya. Hal ini dapat terlihat dalam beberapa hal utama, seperti tidak rutin mandi, tidak memedulikan kerapihan penampilan fisik, hingga mengabaikan berbagai rutinitas perawatan yang biasanya dilakukan.

7. Sering pergi keluar meski sebenernya tidak perlu

Pexels.com/Zois Fotis

Kesepian terkadang membuat seseorang ingin pergi keluar rumah dan menghabiskan waktu bersama dengan orang lain di ruang publik. Hal ini dilakukan untuk mencoba mengisi waktu luang dengan berbagai aktivitas agar tidak sendirian. Selain itu, aktivitas ini juga dipilih untuk mengalihkan pikiran dan menyibukkan diri supaya tidak merasa kesepian.

8. Bekerja terlalu keras

Pexels.com/Pavel Danilyuk

Beberapa orang yang merasa kesepian sering kali memilih untuk menyibukkan diri dengan menyelesaikan suatu pekerjaan. Mereka secara tidak sadar suka mengambil banyak proyek agar tidak memiliki waktu untuk merasakan kekosongan. Mereka mungkin akan memilih untuk lembur di kantor atau membawa pekerjaan ke rumah demi mengalihkan pikirannya dari rasa kesepian.

Nah, itu dia beberapa hal yang secara tidak sadar akan dilakukan seseorang saat merasa kesepian. Apa kamu pernah melakukannya juga, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single