Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kalopsia Adalah Bahasa Gaul yang Viral, Ini Arti dan Maksudnya

Berkhayal yang indah-indah saja

Nafi' Khoiriyah

Akhir-akhir ini, banyak istilah baru yang muncul di media sosial sebagai bahasa gaul. Salah satunya adalah istilah "kalopsia" yang banyak dipertanyakan artinya. 

Pengertian singkat kalopsia adalah khayalan tentang hal yang indah. Istilah tersebut berasal dari bahasa asing yang jarang digunakan.

Untuk mengetahui pengertian lengkap dan penggunaan istilah kalopsia, simak ulasan di bawah ini ya, Bela!

1. Apa itu kalopsia?

Pexels.com/cottonbro studio

Cukup asing di telinga, istilah kalopsia banyak dipakai oleh anak muda sebagai bahasa gaul. Namun, banyak orang yang masih bertanya-tanya tentang arti dari istilah ini sebenarnya. 

Kolapsia yang akhir-akhir ini banyak digunakan adalah kondisi saat seseorang melihat sesuatu yang jauh lebih indah daripada aslinya. Istilah tersebut juga disebut sebagai bentuk delusional yang membuat orang tidak menyadari sesuatu jauh lebih baik daripada kondisi aslinya. 

2. Asal-usul kata kalopsia

unsplash.com/Aaron Burden

Setelah ditelusuri, istilah kalopsia berasal dari bahasa Yunani Kuno "kallos" yang memiliki arti cantik dan "opsis" yang artinya mata.

Istilah tersebut sesuai dengan istilah Plato yang menyebutkan bahwa keindahan adalah hal yang relatif bergantung dengan mata yang melihatnya. 

Hampir sama dengan arti di atas, dalam bahasa Inggris, kalopsia juga diartikan dengan pemandangan yang indah atau mata yang indah. 

3. Penggunakan kata kalopsia

unsplash.com/Allef Vinicius

Meskipun jarang dipakai untuk percakapan sehari-hari, tetapi kalopsia terkadang muncul sebagai bahasa gaul anak Twitter. Berikut adalah beberapa contoh penggunaannya. 

  1. "Karena sedang berbunga-bunga, Ana nggak bisa melihat kenyataan sebenarnya. Pasti kena kolapsia tuh!" 
  2. "Saat sedang jatuh cinta, orang pasti akan kolapsia. Belum tahu saja kepribadiannya yang sebenarnya."

Contoh pemakaian kedua kata di atas menunjukkan kalau kalopsia bisa membuat orang menutup mata dengan kenyataan yang sebenarnya. 

Jadi, kalopsia adalah istilah yang banyak digunakan oleh anak muda untuk menyebut orang yang terus berkhayal yang indah-indah. Apakah kamu juga pernah mengalaminya, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Single