Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara agar Tidak Menjadi Beban Keluarga, Ikuti Langkah Ini!

Banyak yang bisa kamu lakukan

Nafi' Khoiriyah

Semakin beranjak dewasa, seorang anak biasanya akan mulai merasa bahwa dirinya hanya menjadi beban keluarga. Apalagi jika orangtua mulai menua dan kita masih belum bisa menunjukkan pencapaian apa-apa. 

Perasaan semacam itu memang wajar dimiliki, tetapi diam saja juga bukanlah solusi yang tepat. Kamu perlu mengetahui cara agar tidak menjadi beban keluarga supaya sedikit demi sedikit bisa meringankan beban orangtua. 

Ada berbagai cara yang bisa kamu ikuti agar tidak menjadi beban keluarga. Cara tersebut bisa dimulai dari hal kecil sampai hal besar.

Berikut Popbela.com sajikan ulasannya untukmu. Simak yuk, Bela!

1. Mencari pekerjaan

pexels.com/Valeria Boltneva

Cara agar tidak menjadi beban keluarga yang pertama tentu saja dengan mencari pekerjaan. Pekerjaan tersebut tidak harus muluk-muluk, yang terpenting adalah bisa mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri. 

Hal ini dilakukan karena banyak orang merasa menjadi beban keluarga saat mereka menganggur. Daripada menganggur, kamu bisa mencari pengalaman dengan memulainya dari pekerjaan yang kecil terlebih dahulu. 

Sikap semacam itu tentu lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak berusaha sama sekali untuk mendapatkan pekerjaan. Mereka yang semacam itu biasanya lebih mengedepankan gengsi daripada harus bekerja apa adanya. 

2. Mencari beasiswa

pexels.com/Feedyourvision

Jika kamu belum lulus sekolah atau kuliah, maka cara yang tepat untuk bisa meringankan beban keluarga adalah dengan mencari beasiswa. Sebab, biaya untuk menyekolahkan anak cukup tinggi hingga mengharuskan orangtua bekerja dengan sangat keras. 

Supaya bisa turut meringankan beban mereka, maka sebaiknya kamu mengambil program beasiswa. Saat ini, ada banyak sekali tawaran beasiswa, baik yang diperuntukkan bagi warga yang tidak mampu maupun untuk umum. 

3. Melakukan kesibukan yang positif

pexels.com/Andrea Piacquadio

Cara agar tidak menjadi beban keluarga tidak harus dengan kegiatan yang menghasilkan uang. Kamu juga bisa melakukan kegiatan yang positif supaya bermanfaat di kemudian hari. Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa mencari relasi atau teman yang baik. 

Sebab, kini banyak remaja yang salah dalam memilih pergaulan sehingga terjerumus dengan hal negatif. Dengan kegiatan yang positif, orangtua pun akan senang dan tidak akan merasa terbebani. 

4. Menyelesaikan masalah sendiri

pexels.com/Inzmam Khan

Semakin dewasa, kamu harus mulai belajar untuk bertanggung jawab kepada diri sendiri. Rasa tanggung jawab itu ditunjukkan dengan cara menyelesaikan masalah sendiri. Pasalnya, masih banyak orang dewasa yang terus menerus menyeret orangtuanya ke dalam masalah yang ia ciptakan sendiri. 

Masalah itu bisa berupa efek dari perbuatan kamu, misalnya masalah utang piutang dengan teman, masalah percintaan, dan masalah kenakalan remaja pada umumnya. Jangan sampai orangtua yang harus turun tangan dari kekacauan yang kamu buat sendiri. 

5. Melakukan pekerjaan rumah

unsplash.com/CDC

Cara agar tidak menjadi beban keluarga yang paling mudah adalah dengan membantu orangtua melakukan pekerjaan rumah. Pekerjaan rumah yang dimaksud adalah cuci piring, menyetrika, cuci, baju, dan semacamnya.

Ketika kecil, kamu mungkin harus disuruh untuk melakukan pekerjaan tersebut. Namun ketika dewasa, jangan sampai orangtua masih harus mendikte apa yang seharusnya kamu lakukan di rumah sendiri. Jadi, bangun inisiatifmu supaya tidak menjadi beban keluarga.

6. Jangan mengandalkan orangtua

unsplash.com/sofatutor

Hampir sama dengan sebelumnya, kamu juga perlu lebih mandiri dan tidak mengandalkan orangtua untuk urusan pribadimu yang lainnya. Misalnya, soal pekerjaan, finansial, sampai soal manajemen waktu yang sering dianggap sepele. 

Ketika tinggal di rumah, orangtua mungkin masih memperlakukan kamu layaknya dulu di usia belia. Meski begitu, kamu harus memiliki inisiatif untuk mulai melakukan hal-hal yang simpel secara mandiri. Sebab, kemandirian itu akan sangat berguna nantinya jika kamu tinggal terpisah dengan keluarga. 

7. Memenuhi kebutuhan sendiri

Pexels.com/Cottonbro

Cara agar tidak menjadi beban keluarga yang terakhir adalah dengan memenuhi kebutuhan sendiri. Saat belum bekerja atau sedang di awal bekerja, kamu tidak harus membantu finansial orangtua kecuali mereka memang membutuhkannya. 

Namun, kamu harus bisa memenuhi kebutuhan sendiri dengan berbagai macam cara, misalnya yakni kebutuhan makeup, skincare, dan perawatan diri lainnya. Dari situ, kamu bisa memulai me-manage keuangan sendiri dan pelan-pelan lepas menjadi beban orangtua.

Itulah 7 cara agar tidak menjadi beban keluarga yang bisa kamu lakukan. Dengan cara-cara di atas, semoga kamu bisa meringankan beban orangtua dan juga semakin menjadi pribadi yang mandiri. Aamiin. 

IDN Media Channels

Latest from Single