Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Sisi Gelap INTP, Diam-Diam Menghanyutkan!

Dikenal dingin dan cuek

Anatasia Anjani

Tes kepribadian Myers-Briggs memiliki 16 kemungkinan hasil atau tipe kepribadian, masing-masing ditunjukkan dengan empat huruf. Salah satunya ada INTP atau Introvert, Nurturing, Thinking, dan Perception. INTP adalah salah satu tipe yang paling langka, hanya mewakili 1-3% dari populasi umum (dan hanya 2% wanita).

Sering dijuluki "Si Pemikir", "Si Ahli Logika", atau "Sang Analis", tipe kepribadian INTP cukup mengesankan dalam banyak bidang dan merupakan salah satu tipe Myers-Briggs yang paling cerdas.

Mereka memiliki kemampuan luar biasa dalam memecahkan masalah dan berpikir out of the box. Jelas sekali, MBTI ini memiliki kecerdasan yang luar biasa, nah tapi mereka juga memiliki sisi gelap, lho? Apa saja itu?

Intip di sini, ya, jawabannya, Bela!

1. Tidak mudah berempati

pexels.com/anete-lusina

INTP sangat sulit berempati dengan orang lain. Ya, kelemahan utama sebagian besar INTP terletak pada huruf “T.” Alih-alih merasa, seperti beberapa tipe kepribadian lainnya, INTP cenderung mengabaikan aspek emosional kehidupan yang berujung pada cacat dalam hubungannya dengan orang lain.

Jika kamu mencoba untuk membuka diri terhadap INTP dengan detail pribadi dan kerentanannya, kamu mungkin merasa diabaikan atau tidak puas dengan kurangnya masukan dan investasi mereka dalam percakapan.

Sisi emosional INTP mereka memang kurang berkembang dan berfokus pada logika. Mereka adalah pemecah masalah, jadi mereka mungkin bisa menawarkan perspektif atau solusi unik sebagai pengganti empati.

2. Tidak mudah bersosialisasi

pexels.com/Andrea Piacquadio

INTP bisa menjadi menarik diri secara sosial dan sangat tidak nyaman dalam lingkungan sosial. Kepribadian ini umumnya menarik diri dari pergaulan karena fokus mereka pada teori, pekerjaan, dan pemecahan masalah. Singkatnya, mereka hidup dalam pikiran mereka sendiri dan lebih memilih untuk menyendiri.

Mereka sangat introvert. Ketika diberi kesempatan untuk berbicara tentang topik keahliannya, INTP akan menjelaskan secara bebas, mengejutkan rekan kerja dan kenalan yang pernah berada di sekitar mereka sebelumnya. Namun, obrolan ringan hampir mustahil baginya.

Jika kamu melibatkan INTP tentang tentang topik kompleks atau ide baru, mereka akan keluar dari cangkangnya dan berkembang. Tetapi, berhati-hatilah karena pemikiran mereka tentang topik yang lebih kompleks tampak berbelit-belit atau berantakan bagi orang luar. Mereka mungkin masuk akal dan tampak cukup terorganisir bagi INTP yang introspektif, tetapi mereka selalu terlihat canggung dalam percakapan.

3. Tidak pandai berbicara

Pexels.com/Pixabay

Anehnya, INTP tidak pandai berdebat. Hal itu dikarenakan mereka memiliki pemikiran yang berbelit-belit. Misalnya, ketika berdebat atau berbicara tentang suatu topik yang belum mereka pahami sepenuhnya, INTP akan menyatakan asumsi dan opini sebagai fakta. Mereka sangat ingin mendapatkan informasi lengkap, namun mungkin saja memberikan informasi yang salah kepada orang lain saat mencari kebenaran.

INTP juga terlalu analitis terhadap rekan kerjanya, sering mengoreksi tata bahasa, dan detail yang tidak relevan. Karena mereka menganggap pemecahan masalah bersifat pribadi, mudah bagi mereka untuk merasa frustrasi ketika dihadapkan dengan bukti yang bertentangan dengan teorinya.

4. Overthinker

pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA

Mungkin teman INTP kamu terlihat malas, tapi kenapa bisa begitu? Mereka tentu cukup pintar untuk memotivasi diri mereka sendiri. Bagi banyak orang, INTP dianggap lesu karena rasa ragu dan takut gagal yang berlebihan, serta pemikiran mereka yang berfokus pada diri sendiri terkadang merugikan.

Faktanya, INTP kesulitan memberikan perhatian penuh selama kelas (walaupun mereka suka belajar dan berpikir kritis) karena mereka terjebak dalam detail dan pemikiran yang bersinggungan. Namun, hal ini tidak terlalu menghambat INTP di tempat kerja.

5. Terlalu pemilih

Twitter.com

INTP adalah sosok yang pemilih. Jadi, hanya segelintir orang yang mereka percaya. INTP juga hanya peduli untuk berusaha menjalin hubungan jangka panjang dan dekat dengan orang-orang yang sesuai dengan kecerdasannya atau, setidaknya, dapat mengikuti logika mereka dalam percakapan yang mendalam. Jika terlibat asmara dengan INTP, kamu mungkin tahu bahwa itu adalah mata uang dua sisi.

Meskipun mereka kreatif dalam mencari cara untuk memeriahkan hubungan kalian, tetapi mereka cepat mengutamakan diri sendiri dan mengabaikan emosi. INTP kesulitan menempatkan diri sendiri pada posisimu. Jadi kamu perlu memberi tahu mereka jika kamu kesal.

INTP menyimpan banyak misteri, banyak di antaranya yang bisa dianggap sebagai sisi gelap dari kepribadian. Menjadi salah satu tipe kepribadian yang paling langka, INTP berusaha untuk dipahami lebih baik daripada sebenarnya, jadi sangat penting untuk memahami kebiasaan mereka dan alasan di baliknya.

Ingatlah bahwa meskipun gambaran umum INTP sangat akurat dalam banyak situasi, setiap INTP adalah individu dengan tipe kepribadiannya sendiri yang unik. Jadi kamu juga harus mengenali mereka sebagai individu.

IDN Media Channels

Latest from Single