Saat cinta tak terbalas, itu memang menyakitkan. Apalagi ketika mengetahui orang yang kamu sayangi, ternyata tidak menyayangimu kembali. Sebaiknya, ambil tindakan untuk segera move on.

Jangan sampai berlarut dalam kesedihan atau terus mempertahankan cinta yang bertepuk sebelah tangan. Tak perlu juga terus-menerus berkorban perasaan dengan setiap hari berharap bahwa dia akan berubah pikiran.

Tak ada kepastian, lebih baik segera lupakan dengan 5 cara melupakan seseorang yang tidak mencintaimu di bawah ini.

1. Batasi berkomunikasi dengan dia

5 Tips Melupakan Orang yang Tidak MencintaimuPexels.com/Vlada Karpovich

Sembuhkanlah lukamu dulu dengan cara membatasi segala komunikasi dengannya. Baik pertemuan secara langsung maupun aktivitas di media sosial. Kamu nggak harus mengabaikan dia selamanya, kok. Ini hanya bersifat sementara sampai kamu benar-benar bisa move on.

2. Berkenalanlah dengan orang baru

5 Tips Melupakan Orang yang Tidak Mencintaimuunsplash.com/Ben Duchac

Jangan menyiksa dirimu dengan terus menggalaukannya. Berkenalanlah dengan orang-orang baru. Dengan cara itu, kamu akan lebih mudah saat melakukan proses move on.

Perluas lagi pergaulanmu dan cari teman sebanyak mungkin. Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas yang kamu sukai. Selain membuatmu cepat move on, ini juga bisa meningkatkan kualitas dirimu.

3. Kurangi intensitasmu dalam chatting​​​​​​​-an dengannya

5 Tips Melupakan Orang yang Tidak MencintaimuPexels.com/Rodnae Productions

Kamu sudah berhasil membatasi diri untuk nggak bertemu. Kamu juga sudah berhasil untuk nggak stalking dia lagi di media sosial.

Nah, tapi kalau kamu masih sering chatting-an, percuma dong. Boleh kamu ngobrol sama dia. Namun, itu hanya untuk kepentingan di luar asmara saja.

Kalau kamu terus-menerus chatting dengan orang yang kamu ingin lupakan, kamu malah akan semakin galau.

4. Akui bahwa kamu memang merasa sedih akan hal ini

5 Tips Melupakan Orang yang Tidak MencintaimuPexels.com/Rafael Barros

Jangan pernah menyangkal atas rasa sakit yang kamu rasakan. Ini bukanlah cara move on yang baik. Akui perasaan itu, bahwa kamu memang sakit, sedih, kecewa, dan lainnya. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam melangkah untuk melupakannya.

5. Jangan berlarut dalam kesedihan

5 Tips Melupakan Orang yang Tidak Mencintaimufreepik.com/ArthurHidden

Tenang, kamu nggak sendiri. Orang yang patah hati juga pasti pernah merasakan sedih. Meskipun, rasa sedih nggak bisa dihindari, percayalah itu bisa disembuhkan.

Mengalami patah hati karena cinta tak terbalas bisa jadi adalah saat terbaik untuk menemukan jati diri kamu. Rasa sakit yang kamu rasakan bisa menjadi cara untuk kamu lebih mengembangkan potensi diri.

Ambil tindakan dengan melakukan kelima tips di atas. Konsisten, sedikit demi sedikit nggak apa-apa. Nanti, akan terlihat hasilnya. Daripada langsung memaksakan untuk melupakan, kamu malah bisa semakin tertekan.

Berusahalah untuk membuang hal-hal negatif yang membuatmu sedih. Tentunya, dengan cara mencari kesibukan dalam berbagai kegiatan yang baik. Sehingga, hal tersebut bisa untuk meningkatkan kualitasmu juga. Bukan hanya sebagai selingan untuk bersenang-senang sementara saja.

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "Jangan Menyiksa Diri, Ini 5 Tips Melupakan Orang yang Gak Mencintaimu"

Baca Juga: 6 Hal Indah yang Kamu Pelajari Saat Cintamu Bertepuk Sebelah Tangan

Baca Juga: 35 Kata-Kata Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

Baca Juga: 5 Zodiak yang Sulit Memaafkan dan Melupakan