Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan tak menjadi halangan bagi pasangan suami istri untuk tetap menyalurkan kebutuhan biologisnya, seperti berhubungan intim. Namun yang perlu diingat, hubungan intim tersebut harus dilakukan di malam hari setelah berbuka agar tidak membatalkan puasanya.

Dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 187, Allah Ta’ala berfirman:

أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَى نِسَائِكُمْ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ عَلِمَ اللَّهُ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُونَ أَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ فَالْآَنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ وَلَا تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ تِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ فَلَا تَقْرَبُوهَا كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ آَيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

“Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan istri-istri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam.” (QS. Al Baqarah: 187).

Selain dibolehkan, berhubungan intim di bulan Ramadan juga memiliki keutamaannya sendiri, lho. Penasaran apa sajakah itu? Berikut Popbela akan menjelaskan tentang pahala bercinta di bulan Ramadan beserta dalilnya.

1. Mendapat pahala sedekah

5 Pahala Bercinta di Bulan Ramadan Beserta DalilnyaFreepik.com/lookstudio

Berhubungan intim di malam hari saat bulan Ramadan ternyata bernilai pahala sedekah, lho. Hal tersebut telah dijelaskan oleh Rasulullah dalam hadis riwayat Muslim. Dari Abu Dzar Al-Ghifari, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَفِى بُضْعِ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ ». قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيَأْتِى أَحَدُنَا شَهْوَتَهُ وَيَكُونُ لَهُ فِيهَا أَجْرٌ قَالَ « أَرَأَيْتُمْ لَوْ وَضَعَهَا فِى حَرَامٍ أَكَانَ عَلَيْهِ فِيهَا وِزْرٌ فَكَذَلِكَ إِذَا وَضَعَهَا فِى الْحَلاَلِ كَانَ لَهُ أَجْرٌ »

“Hubungan badan antara kalian (dengan istri atau hamba sahaya kalian) adalah sedekah. Para sahabat lantas ada yang bertanya pada Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Wahai Rasulullah, apakah dengan kami mendatangi istri kami dengan syahwat itu mendapatkan pahala?’ Beliau menjawab, ‘Bukankah jika kalian bersetubuh pada yang haram, kalian mendapatkan dosa. Oleh karenanya jika kalian bersetubuh pada yang halal, tentu kalian akan mendapatkan pahala’.” (HR. Muslim)

2. Pahala karena memenuhi hak suami

5 Pahala Bercinta di Bulan Ramadan Beserta DalilnyaFreepik.com/lookstudio

Selain bernilai sedekah, bercinta di malam hari saat bulan Ramadan juga bisa membuatmu mendapat pahala karena kamu telah memenuhi hak suami. Dikisahkan pada zaman Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, ada seorang wanita yang datang dan mengadukan perlakuan suaminya kepada Rasulullah.

Dari Hushain bin Mihshan, bahwasanya saudara perempuan dari bapaknya (yaitu bibinya), pernah mendatangi Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam karena ada suatu keperluan. Setelah ia menyelesaikan keperluannya, Rasulullah bertanya kepadanya, “Apakah engkau telah bersuami?” Ia menjawab, “Sudah.” Beliau bertanya lagi, “Bagaimana sikapmu kepada suamimu?” Ia menjawab, “Aku tidak pernah mengurangi (haknya) kecuali yang aku tidak mampu mengerjakannya.”

Maka, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab:

 فَانْظُرِي أَيْنَ أَنْتِ مِنْهُ، فَإِنَّمَا هُوَ جَنَّتُكِ وَنَارُكِ.

“Perhatikanlah bagaimana hubunganmu dengannya karena suamimu (merupakan) surgamu dan nerakamu.” (HR. Ahmad)

3. Pahala taat kepada suami

5 Pahala Bercinta di Bulan Ramadan Beserta DalilnyaFreepik.com/Racool_studio

Seorang suami mempunyai hak atas istrinya yang harus senantiasa ditaati dan ditunaikan oleh sang istri dengan baik. Bahkan, seorang istri tidak boleh menolak ketika suaminya ingin berhubungan intim. Maka dari itu, berhubungan intim di bulan Ramadan akan mendatangkan pahala karena menunjukkan ketaatan kepada suami.

وَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لاَ تُؤَدِّى الْمَرْأَةُ حَقَّ رَبِّّهَا حَتَّى تُؤَدِّى حَقَّ زَوْجِهَا وَلَوْ سَأَلَهَا نَفْسَهَا وَهِيَ عَلَى قَتَبٍ لَمْ تَمْنَعْهُ

“Demi Allah, yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, seorang wanita tidak akan bisa menunaikan hak Allah sebelum ia menunaikan hak suaminya. Andaikan suami meminta dirinya padahal ia sedang berada di atas punggung unta, maka ia (istri) tetap tidak boleh menolak.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

4. Pahala karena melakukannya dengan ikhlas

5 Pahala Bercinta di Bulan Ramadan Beserta DalilnyaFreepik.com/Jcomp

Berhubungan intim di bulan Ramadan bisa bernilai ibadah jika didasari dengan niatan ikhlas dan mengharap ridha Allah Ta'ala. Hal tersebut tertuang dalam Alquran surat An Nisa ayat 114.

لَا خَيْرَ فِي كَثِيرٍ مِنْ نَجْوَاهُمْ إِلَّا مَنْ أَمَرَ بِصَدَقَةٍ أَوْ مَعْرُوفٍ أَوْ إِصْلَاحٍ بَيْنَ النَّاسِ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ ابْتِغَاءَ مَرْضَاةِ اللَّهِ فَسَوْفَ نُؤْتِيهِ أَجْرًا عَظِيمًا

“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar.” (QS. An Nisa: 114).

5. Pahala masuk surga bagi istri

5 Pahala Bercinta di Bulan Ramadan Beserta DalilnyaFreepik.com/Freepic.diller

Setiap perempuan yang sudah menikah diwajibkan untuk dapat memenuhi hak-hak suaminya, terutama dalam hal kebutuhan biologis. Seorang istri yang melakukannya dengan ikhlas bahkan mendapat ganjaran masuk surga. Seperti hadis Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam berikut ini:

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

“Jika seorang wanita selalu menjaga salat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina), dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, ‘Masuklah ke dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka’.” (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban)

Itulah informasi tentang pahala bercinta di bulan Ramadan beserta dalilnya. Semoga menambah pengetahuanmu ya, Bela.

Baca Juga: Unik & Menarik, Ini 7 Tradisi Puasa Ramadan di Berbagai Negara

Baca Juga: Apakah Menonton Film Porno Bisa Membatalkan Puasa? Ini Jawabannya

Baca Juga: Hukum Berpuasa Setelah Berhubungan Intim dan Tata Cara Mandi Junub