Saat kamu hamil, mungkin gairah seksual sering kali nggak menentu. Kadang rendah atau bahkan sedang tinggi-tingginya. Terkadang ada kekhawatiran juga untuk melakukan hubungan seks saat tengah hamil. Sebenarnya kamu nggak perlu khawatir, Bela. Banyak sekali manfaat seks saat hamil jika dilakukan dengan tepat.

Bahkan beberapa manfaat ini juga akan membuat janinmu semakin sehat. Nggak banyak orang tahu, ini manfaat seks saat hamil.

1. Apakah aman melakukan seks saat hamil?

Nggak Banyak Orang Tahu, Ini Manfaat Seks Saat Hamilfreepik.com/ selenittt

Untuk para perempuan yang sehat tanpa adanya masalah dalam kehamilannya, seks bisa menjadi pengalaman yang aman dan menyenangkan. Banyak manfaat seks saat hamil dalam Kesehatan mental dan fisik. Hal ini termasuk meningkatkan hubungan emosionalmu dengan pasangan.

Selain itu, seks saat hamil juga menghilangkan stres dan kecemasaan karena kondisi kehamilan itu sendiri. Kamu nggak usah khawatir dengan keadaan si kecil dalam perut, karena rahim, otot rahim, sumbat lender (yang terbentuk di sekitar serviks), dan cairan ketuban melindungi bayimu saat kamu sedang bercinta.

2. Orgasme akan lebih intensif

Nggak Banyak Orang Tahu, Ini Manfaat Seks Saat Hamilfreepik.com/ user7350813

Banyak perempuan mengatakan, orgasme akan lebih kuat terjadi saat kehamilan. Tentunya manfaat seks saat hamil ini meningkatkan kepuasan seksualmu dan pasangan.

Selama trimester kedua, hormon dan peningkatan aliran darah akan secara signifikan dapat menaikkan gairah seks. Bahkan zat yang dilepaskan di otak setelah orgasme dapat membantu meringankan rasa sakit dan meningkatkan kekebalan tubuhmu.

3. Seks adalah jenis olahraga yang bagus

Nggak Banyak Orang Tahu, Ini Manfaat Seks Saat Hamilfreepik.com/ elenabatkova

Jika kamu termasuk orang yang nggak aktif dalam berolahraga, seks juga bisa menggantikannya. Saat kamu aktif secara seksual, kamu akan terus berolahraga dan membakar kalori.

Tentunya manfaat seks saat hamil ini akan menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan masalah yang cukup serius saat kehamilan. Biasanya setelah berhubungan seks saat hamil, kamu mungkin akan tertidur lebih cepat dan nyenyak.

4. Melatih kontraksi otot panggul

Nggak Banyak Orang Tahu, Ini Manfaat Seks Saat Hamilfreepik.com/ prostooleh

Untuk memperkuat persalinan, kamu tentunya perlu melatih otot panggulmu dengan berbagai macam olahraga. Nah, manfaat seks saat hamil itu sudah meliputinya. Orgasme membuat kontraksi otot panggul dan tentunya memperkuat, meredakan nyeri, dan meningkatkan kontrol kandung kemih. Tentunya otot panggul yang kuat dapat menjaga mempercepat pemulihan setelah melahirkan nantinya.

5. Meningkatkan kepercayaan diri

Nggak Banyak Orang Tahu, Ini Manfaat Seks Saat Hamilfreepik.com/ user22452435

Saat hamil, akan ada perubahan dalam tubuh dan hormon yang berfluktuasi. Hal ini akan menyebabkan perasaan insecure ke tubuhmu yang semakin membesar saat hamil. Banyak perempuan merasa dirinya nggak menarik.

Kabar baiknya, manfaat seks saat hamil lainnya adalah membantu meningkatkan kepercayaan diri dan akan membuatmu merasa nyaman dengan kondisi tubuhmu. Dengan kepercayaan diri yang lebih tinggi kamu akan terlihat semakin cantik.

6. Memperkuat imun dalam tubuh

Nggak Banyak Orang Tahu, Ini Manfaat Seks Saat Hamilfreepik.com/ prostooleh

Saat kondisi hamil, tubuhmu juga rentan akan berbagai masalah Kesehatan. Di sini peran imun dalam tubuh sangatlah penting untuk mempertahankan kesehatanmu dan calon bayi yang ada di perutmu.

Selain mengubah ke gaya hidup yang lebih sehat dan pola makan teratur, seks juga dapat membantu meningkatkan imun tubuh.

Manfaat seks saat hamil adalah meningkatkan tingkat antibodi IgA (Imunoglobulin A) untuk meningkatkan imunitas dan memberikan resistensi terhadap penyakit musiman.

Itu dia beberapa manfaat berhubungan seks saat hamil. Kalau masih ragu, kamu bisa konsultasikan ke dokter kandungan, ya. Jika menurut dokter kandunganmu tidak memiliki masalah, maka kamu bisa mendapatkan banyak manfaat saat berhubungan seks di tengah kehamilan.

Baca Juga: 10 Adegan Telanjang di Film yang Paling Ikonik

Baca Juga: Precum Bisa Membuat Hamil? Ini 6 Fakta Seputar Pra-ejakulasi

Baca Juga: Penuh Makna, Ini 7 Arti Mimpi Hamil Muda