Mendengar bisikan lembut dari pasangan atau suara gemericik air membuat kamu merasakan sensasi berbeda? Jika kamu pernah mengalami itu dan merasakan sensasi yang menjalar dari kulit kepala hingga ke seluruh tubuh itu tandanya kamu sedang menikmati respon saraf sensorik dari ASMR.

ASMR sendiri adalah singkatan dari Autonomous Sensory Meridian Response, yakni sensasi yang dapat ditimbulkan oleh input suara dan visual pada beberapa orang. Respons yang diberikan bisa berupa rasa menggelitik atau rasa nikmat dan nyaman. ASMR memberikan sensasi geli dan menenangkan yang dapat menciptakan suasana nyaman ketika mendengarnya. Hal ini dihasilkan oleh berbagai rangsangan di tubuh, terutama di kulit kepala dan tengkuk atau orang-orang menyebut ini dengan "orgasme otak".

Setiap orang memiliki respons yang berbeda terhadap suara-suara tertentu yang dihasilkan oleh rangsangan ASMR. Apakah kamu tahu, ternyata ASMR dapat menciptakan sensasi seksual tersendiri, lho.

Dengan mendengarkan suara-suara tersebut dapat memicu sensasi tersendiri yang akan meningkatkan gairah seksual. Tentunya ini akan semakin merangsang kamu dan pasangan untuk melakukan hubungan intim melalui sensasi ASMR. Berikut adalah fakta-fakta yang telah Popbela rangkum seputar seks ASMR.

1. Apa itu seks ASMR?

7 Fakta Mengenai Seks ASMR, Memberikan Sensasi Rileks Saat Bercintaunsplash.com/wevibe

Sebelum mengetahui lebih dalam tentang seks ASMR, Popbela akan menjelaskan apa sih seks ASMR itu. Seks ASMR merupakan pemicu visual atau pendengaran tertentu yang dapat meningkatkan rangsangan dan juga pengalaman seksual di atas ranjang. Aktivitas seksual seperti bisikan lembut kepada pasangan atau suara menggoda dapat menciptakan rangsangan tersendiri yang membuat hasrat seksual meningkat.

Cobalah untuk menemukan jenis ASMR yang cocok untuk pasangan dan mencobanya dalam kehidupan seks kamu bersama pasangan. Ini akan menciptakan pengalaman seks yang lebih menyenangkan dan menenangkan. 

2. Proses seks ASMR

7 Fakta Mengenai Seks ASMR, Memberikan Sensasi Rileks Saat Bercintafreepik.com/gpointstudio

ASMR mungkin menjadi hal asing yang baru kamu dengar, tapi ternyata ini adalah pengetahuan lama yang mungkin selama ini kamu tidak mengetahui apa namanya. ASMR bisa muncul melalui panca indra seperti kontak fisik atau sentuhan, penciuman, penglihatan serta pendengaran.

Respons yang kamu rasakan atas sesuatu yang didengar atau dilihat, di situlah ASMR bekerja. Proses seseorang mengalami ASMR, yaitu diawali dari indra perasa dipicu oleh suatu hal, kemudian otak akan merespons secara spontan dan akhirnya merasakan sensasi rileks dan nikmat terhadap hal-hal tertentu.

Ini adalah salah satu cara untuk membuat kamu dan pasangan menjadi rileks dan lebih intim berdua. Seperti saat mendengarkan suara bisikan dari pasangan sembari memejamkan mata kamu akan merasakan seolah aliran darahmu mengalir lebih cepat dan merinding. Bisikin yang mulanya biasa saja, dapat terdengar begitu menggoda dan menumbuhkan rangsangan seksual. 

3. Seks ASMR sebagai emotional healing

7 Fakta Mengenai Seks ASMR, Memberikan Sensasi Rileks Saat Bercintaunsplash.com/Jan Zhukov

Seks ASMR ternyata juga memiliki beberapa manfaat lho, bela. Salah satunya adalah untuk emotional healing. Perasaan tidak nyaman dan juga emosi tidak menentu yang diakibatkan oleh banyak hal dapat saja dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu dapat mengatasi itu dengan seks ASMR sebagai salah satu obatnya.

ASMR saat ini sudah sering dimanfaatkan sebagai “obat” bagi mereka yang sedang mengalami emotional swing, insomnia, gelisah, panik, dan hal lain yang memiliki hubungan dengan keadaan emosi dan kondisi mental. Selain menjadi obat, kamu juga dapat merasakan kenikmatan saat melakukan seks ASMR, lho. Asyik, kan? 

4. Seks ASMR menjauhkan dari kecemasan berlebih

7 Fakta Mengenai Seks ASMR, Memberikan Sensasi Rileks Saat Bercintaunsplash.com/wevibe

Manfaat lainnya dari seks ASMR adalah dapat mengurangi kecemasan dan membantu untuk lebih rileks. Setelah melakukan hubungan seksual yang dipacu oleh sensor ASMR ini akan memberikan efek menenangkan untuk kamu dan pasangan. Ini juga dapat memberi kamu kesadaran sensorik yang baik atau sekadar membuat suasana menyenangkan.  Bahkan suara air bisa menjadi ASMR yang menenangkan yang berarti kamu dapat meminta pasangan untuk mandi berasama dengan kamu. Ini akan berubah menjadi waktu yang cukup intim di antara kalian berdua. 

5. Seks ASMR yang dapat kamu terapkan di ranjang

7 Fakta Mengenai Seks ASMR, Memberikan Sensasi Rileks Saat Bercintafreepik.com/drobotdean

Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap suara dan visual yang dihasilkan oleh ASMR. Seks ASMR dapat disampaikan melalui sentuhan lembut, pernapasan berat saat berbisik kepada pasangan, gerakan tangan, mendengarkan suara kancing terbuka, menggaruk kuku di kulit atau pakaian pasangan, tatapan mata, ataupun sentuhan ringan. Ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan saat berada di atas ranjang. Membuat suasana terasa lebih intim dan memicu gairah seksual di antara kamu dan pasangan agar sesi bercinta semakin panas. 

6. Seks ASMR membangkitkan gairah seksual

7 Fakta Mengenai Seks ASMR, Memberikan Sensasi Rileks Saat Bercintaunsplash.com/wevibe

Seks ASMR tidak melibatkan posisi tertentu atau gerakan baru. Namun ini lebih tentang menemukan pemicu yang membuat kamu dan pasangan lebih bersemangat untuk bercinta. Mulai dari bisikan lembut atau coba minta pasangan untuk menggerakkan jari-jarinya ke tulang belakangmu. Kamu juga dapat mencoba menonton video atau podcast ASMR erotis untuk pengalaman yang lebih intim bersama pasangan.

Beberapa orang bahkan menyatakan bahwa ini lebih ampuh menciptakan gairah seksual daripada menonton video porno, lho. Ditambah lagi, ini juga dapat membantu kamu menjelajahi fantasi dan keinginan kamu dalam suasana yang lebih halus dan lancar. Apa pun pemicunya sesuaikan sedikit dan ubah menjadi pengalaman sensual yang mengesankan untuk kamu dan pasangan.  

7. Seks ASMR berbeda untuk setiap orang

7 Fakta Mengenai Seks ASMR, Memberikan Sensasi Rileks Saat BercintaPexels.com/Valeria Boltneva

ASMR membawa efek yang berbeda pada setiap orang. Sensasi ASMR pada satu orang bisa jadi memiliki efek yang tidak sama pada orang lainnya. Cobalah untuk mencari dan mencoba rangsangan mana yang paling pas untuk dilakukan saat seks ASMR yang tentunya dapat membuat nyaman kamu dan pasangan. Beberapa orang tidak memiliki pemicu ASMR sama sekali. Namun, sebagian lagi mengaku mereka merasa seks menjadi lebih menyenangkan, menggelitik dan menenangkan. Beberapa rangsangan seks ASMR yang dapat dilakukan adalah melalui bisikan, hembusan nafas, dan sentuhan.  

Nah, itulah lima informasi fakta seputar seks ASMR. Tidak ada salahnya untuk mengaplikasikan seks ASMR ke dalam kehidupan seks kamu dan pasangan. Namun bagi kamu yang baru pertama kali dan ingin mencoba ASMR seks ini disarankan untuk membicarakannya terlebih dahulu dengan pasangan terkait dengan apa yang pas untuk kalian berdua, ya.

Tetap berpikiran terbuka dan fokus pada percobaan sampai kamu menemukan teknik yang cocok untukmu. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Lagu Terbaik Saat Bercinta yang Bikin Suasana Makin Bergairah

Baca Juga: Selain Bikin Semangat, Ini 7 Manfaat Berhubungan Seks di Pagi Hari

Baca Juga: 6 Zodiak Paling Sensual yang Bisa Membuat Pasangannya Bergairah