Salah satu hal yang penting dalam pernikahan adalah menyiapkan gaun pengantin, terutama bagi calon mempelai wanita. Banyak pertimbangan untuk memilih apakah sebaiknya menyewa saja, membelinya, atau malah membuat sendiri baju pengantin sesuai keinginanmu. Hal ini tentu saja kembali pada kebutuhanmu, Bela! Jika kamu ingin gaun pengantinmu berbeda dari yang lain, maka sebaiknya kamu membelinya saja. Namun, jika budget-mu tidak cukup, ada baiknya memilih untuk menyewa saja.

Untuk kamu yang akan segera menikah atau yang sedang memikirkan pernikahan, kali ini Popbela akan membeberkan plus dan minus dalam memilih baju pengantin. Tentunya, kamu harus mempertimbangkan dari berbagai aspek agar kamu tetap bisa tampil cantik di hari bahagiamu.

1. Menyewa baju pengantin

Membeli, Menyewa atau Membuat Gaun Pengantin, Lebih Baik Mana?Lea-annbelter.com/diegomuraphotography

Kini sudah banyak tempat penyewaan gaun pengantin di berbagai daerah. Hal ini tentu semakin membuat calon pengantin lebih praktis untuk menyewa baju pengantin. Sebagian orang memilih untuk menyewa pakaian pengantin karena hanya dipakai satu kali, yakni di hari pernikahan saja. Menyewa baju pengantin juga akan bisa meminimalisir budget karena kamu pasti tahu membuat gaun pengantin tentunya nggak murah. Selain itu, jika kamu menyewa maka kamu nggak perlu mencucinya lagi. Tinggal kembalikan ke tempat penyewaan dan kamu nggak perlu repot-repot lagi membersihkannya.

Namun, tentu saja kalau kamu menyewa baju pengantin, kamu nggak bebas untuk memilih pakaian seperti apa yang kamu inginkan karena pilihan yang terbatas. Belum lagi jika kamu memiliki ukuran tubuh yang terlalu kecil atau terlalu besar, pasti ini akan semakin menyulitkan. Gaun pengantin memang lebih baik yang pas di badan. Jika terlalu longgar atau terlalu sempit tentunya tidak akan nyaman. Terlebih lagi kamu harus berada dalam pesta selama seharian dan itu akan sangat menyiksamu. Meski kamu nggak diwajibkan untuk mencuci gaun pengantin yang kamu sewa, tapi kamu tetap harus menanggung risiko dan bertanggung jawab jika ada kerusakan pada pakaian yang kamu kenakan.

2. Membeli baju pengantin

Membeli, Menyewa atau Membuat Gaun Pengantin, Lebih Baik Mana?Fashiongonerogue.com

Selain menyewa, kamu juga bisa memilih untuk membeli baju pengantin yang kamu inginkan. Jika kamu membeli, tentunya kamu akan menemukan banyak pilihan model baju pengantin. Orang yang memilih untuk membeli biasanya karena ia ingin momen sekali seumur hidupnya bisa ia abadikan melalui pakaian yang tak dimiliki oleh orang lain. Tentunya pakaian pengantinnya ini bisa menjadi kenang-kenangan berharga untukmu. Kamu pun bisa menemukan ukuran yang pas untukmu. Selain itu, kamu juga bisa menyewakan pakaian yang kamu punya ke orang lain sehingga bisa menambah pundi-pundi dompetmu.

Mempunyai baju pengantin sendiri tentunya menyenangkan. Namun, yang perlu kamu ketahui membeli pakaian pengantin itu nggak murah. Kamu harus menyiapkan budget lebih karena harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Sedangkan, budget untuk pernikahan bukan hanya untuk membeli baju pengantin, tapi juga untuk memikirkan gedung, katering, dekorasi, hingga suvenir. Selain itu, kamu pun harus menyiapkan tempat untuk menyimpan gaun bersejarahmu ini agar tetap terjaga dengan baik dan nggak cepat rusak.

3. Membuat atau mendesain sendiri baju pengantin

Membeli, Menyewa atau Membuat Gaun Pengantin, Lebih Baik Mana?Galiahav.com

Kebanyakan orang bingung memilih untuk menyewa atau membeli baju pengantinnya. Namun, ada juga orang yang memilih untuk membuat sendiri baju pengantinnya. Jika kamu membuat gaun pengantin sendiri maka nggak ada yang bakal menyamai dengan pakaian milik orang lain. Apalagi jika kamu adalah tipe orang yang out of the box. Kamu bisa mengekspresikan dirimu melalui gaun yang kamu kenakan. Kamu juga bisa memilih desainer manapun yang kamu inginkan untuk menyempurnakan gaun di hari bahagiamu ini dan menyesuaikan pakaian pengantin agar pas di tubuhmu. Dengan kata lain, pakaian ini akan sesuai dengan keinginanmu.

Namun, memilih untuk membuat pakaian sendiri tentunya membutuhkan budget yang jauh lebih besar ketimbang membeli atau menyewanya. Apalagi jika kamu ingin detail pakaian yang cukup rumit dan desainer kenamaan. Untuk membuat sebuah gaun pengantin, kamu harus merogoh kocek hingga puluhan juta rupiah. Belum lagi, kamu membutuhkan waktu lebih lama karena membuat gaun pengantin tak semudah membuat gaun lain pada umumnya.

Membeli, Menyewa atau Membuat Gaun Pengantin, Lebih Baik Mana?Usmagazine.com

Menyewa, membeli, maupun membuat sendiri gaun pengantin memang memiliki plus minusnya sendiri. Namun, apapun yang kamu pilih sebaiknya kamu mendiskusikannya dengan pasanganmu terlebih dahulu. Karena pernikahan adalah menyatukan dua orang menjadi satu dan tentunya pendapat dari pasanganmu harus kamu hargai. Kalau kamu pilih menyewa, membeli, atau membuat sendiri pakaian yang akan kamu kenakan di hari bahagiamu nanti, Bela?

BACA JUGA: Tips Memilih Gaun Pengantin yang Tepat Sesuai Bentuk Tubuh