Memilih pasangan untuk menikah jelas berbeda dengan memilih saat pacaran. Hal ini karena pernikahan sejatinya berlangsung sekali seumur hidup. Itulah mengapa setiap orang akan berusaha untuk mencari dan menjadi yang terbaik.

Namun, nyatanya jodoh itu tidak bisa ditebak, kan, Bela? Baik itu waktu maupun sosoknya, kita tidak akan pernah tahu seperti apa pastinya. Bahkan, orang yang mungkin tidak kamu sangka pun bisa menjadi jodohmu, seperti halnya sahabat.

Meski sama-sama tidak mudah, menikah dengan sahabat nyatanya bisa memberikan banyak keuntungan, lho. Apa sajakah itu? Simak ulasannya di bawah, yuk!

1. Tidak memerlukan waktu lebih lama untuk saling mengenal

Selain Lebih Bahagia, Inilah 5 Keuntungan Menikah dengan SahabatPexels.com/Andrea Piacquadio

Menjalani kehidupan rumah tangga memaksamu untuk melakukan banyak diskusi dengan pasangan. Inilah mengapa kamu harus mencari sosok yang bisa kamu ajak ngobrol banyak hal. Tidak perlu harus selalu sejalan, paling tidak ia bisa menyeimbangkan setiap pandangan.

Nah, di sinilah keuntungan dari menikah dengan sahabat. Yup! Kamu tidak memerlukan waktu lebih lama untuk saling mengenal lagi, karena kalian sudah banyak tahu satu sama lain.

2. Pernikahan bisa bertahan lebih lama

Selain Lebih Bahagia, Inilah 5 Keuntungan Menikah dengan SahabatPexels.com/Lucas Mendes

Dilansir dari laman Bright Side, seorang peneliti bertanya apa rahasia utama dari langgengnya sebuah hubungan kepada pasangan yang sudah menikah lebih dari 15 tahun. Lalu, jawaban paling umum yang ditemui, yaitu karena pasangannya adalah sahabat mereka sendiri.

Jawaban paling umum kedua adalah karena mereka mencintai pasangannya sebagai diri mereka pribadi. Di mana hal ini juga menjadi salah satu aspek dari cinta berbasis persahabatan. Itu artinya, menikah dengan sahabat bisa membuat pernikahan bertahan lebih lama, Bela!

3. Bisa memberikan rasa puas dengan kehidupan

Selain Lebih Bahagia, Inilah 5 Keuntungan Menikah dengan SahabatPexels.com/Văn Thắng

Pada dasarnya, pernikahan bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Namun, penelitian menunjukkan kalau rumah tangga yang dimulai dan didasari dengan persahabatan bisa mendapatkan dua kali lebih banyak kesejahteraan daripada pasangan biasa.

Penelitian lain mengungkapkan kalau orang yang menikah dengan sahabatnya akan merasa lebih dekat satu sama lain, memiliki lebih banyak kepuasan hubungan, juga memiliki rasa hormat yang lebih besar.

4. Tidak ada rasa canggung menghadapi kekurangan masing-masing

Selain Lebih Bahagia, Inilah 5 Keuntungan Menikah dengan Sahabatfreepik.com/ lookstudio

Mencari seseorang yang mau menerima semua kekurangan kita itu tidak mudah. Diperlukan waktu dan pengalaman yang panjang untuk beradaptasi satu sama lain.

Hal ini akan sedikit berbeda jika kamu memilih sahabat sebagai pasanganmu. Mereka pastinya sudah lebih banyak melihat apa saja baik buruk dan kekuranganmu.

Jadi, menikah dengan sahabat bisa membuatmu menjadi diri sendiri seutuhnya dan tidak perlu takut dengan rasa canggung.

5. Akan merasakan kebahagian sepanjang hidupnya

Selain Lebih Bahagia, Inilah 5 Keuntungan Menikah dengan SahabatPexels.com/Adam Kontor

Sosok teman itu penting karena bisa mendatangkan kebahagiaan dalam hidup kita. Namun, menjalin persahabatan yang mendalam dan berlanjut pada pernikahan bisa memberikan kebahagian yang jauh lebih besar.

Menikah dengan sahabat berpotensi meningkatkan kesehatan secara emosional, fisik dan psikologis sehingga membuat kita bisa berumur panjang.

Itulah keuntungan menikah dengan sahabat yang bisa kamu dapatkan. Intinya pilihlah pasangan hidup yang sudah kamu kenal dengan baik, ya!

Baca Juga: Belajar dari Ayudia dan Ditto, Inilah Rasanya Menikah dengan Sahabat Sendiri

Baca Juga: Hati-Hati Jika Kamu Mengalami 5 Hal Ini, Bisa-Bisa Persahabatanmu Jadi 'Aneh'

Baca Juga: Pacaran dengan Sahabat Sendiri? 8 Hal Ini Mungkin Akan Kamu Rasakan