Menjalani hubungan jarak jauh apalagi saat sudah menikah memang bukanlah perkara yang mudah. Pernikahan tentunya berbeda seperti saat pacaran, kamu dan pasangan telah mengucapkan janji suci untuk sehidup semati. Namun, bukan berarti long distance marriage (LDM) tidak bisa dilalui. Banyak pasangan yang berhasil dan langgeng menjalani LDM, lho.

Setiap pasangan yang telah menikah tentunya mendambakan untuk dapat tinggal bersama pasangan, terlebih jika sudah memiliki anak. Akan tetapi mungkin ada faktor yang mengharuskan tinggal terpisah untuk beberapa waktu.

Sebagai pasangan LDM, kamu tetap bisa mesra, meski sedang jauh, kok. Jangan khawatir hubungan akan merenggang, Popbela telah merangkum tips agar kamu dan pasangan tetap mesra saat Long Distance Marriage. Yuk, simak tipsnya berikut ini.

1. Sepakat untuk LDM

Tetap Mesra, Ini 13 Tips Menjalani Long Distance Marriagefreepik.com/prostooleh

Langkah awal sebelum kamu dan pasangan menjalani LDM adalah kalian berdua sepakat untuk menjalani ini. Perlu mendiskusikan hal-hal terkait LDM secara matang. Pastikan alasan menjalani LDM cukup kuat, dan keputusan ini diambil untuk membuat kondisi keluarga lebih baik.

Ketika kamu dan pasangan telah sepakat untuk menjalani LDM, ini akan membuat kalian tetap bertahan dengan segala tantangan saat LDM. Romansa-romansa juga akan tercipta meski kalian terpisahkan oleh jarak. Namun ketika salah satu di antara kalian tidak sepakat dengan keputusan ini, maka LDM akan terasa lebih berat dan susah menumbuhkan romansa diantara kamu dan pasangan. 

2. Saling menjaga komunikasi

Tetap Mesra, Ini 13 Tips Menjalani Long Distance Marriagepexels.com/ Inna Lesyk

Komunikasi yang baik menjadi kunci dari kesuksesan sebuah hubungan yang sehat. Apalagi dalam hubungan LDM adanya komunikasi yang terbuka dan lancar sangat dibutuhkan. Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan pasangan secara rutin.

Ketika komunikasi dapat berjalan dengan baik, moment untuk tetap bermesraan saat jauh semakin besar. Seperti menyampaikan rasa kangen, ingin segera bertemu, atau sekadar bilang rindu aroma tubuh pasangan. Meskipun pekerjaan akan menyita sebagian besar perhatian dan waktumu, ingatah bahwa pasangan menanti kabar darimu. Nobody is ever too busy. If they care, they will make time.

3. Memanfaatkan teknologi

Tetap Mesra, Ini 13 Tips Menjalani Long Distance Marriagefreepik.com/rawpixel.com

Komunikasi adalah juga kunci menjaga hubungan agar tetap harmonis, seperti yang dijelaskan di atas. Banyak cara untuk tetap berkomunikasi saat ini, salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi. Sering-seringlah berbagi cerita dengan pasanganmu melalu chatting atau telepon. Bahkan kamu dapat melihat wajah pasanganmu melalui video call untuk mengobati rindu. So, kalian tetap bisa mesra meski LDM, ya, Bela. 

4. Menjaga komitmen

Tetap Mesra, Ini 13 Tips Menjalani Long Distance MarriagePexels.com/Vera Arsic

Menjalin hubungan dalam sebuah janji suci pernikahan pastinya membutuhkan komitmen. Memiliki pernikahan yang langgeng dan hubungan yang mesra tentunya menjadi impian semua pasangan. Oleh karena itu sangat penting menjaga dan memegang teguh komitmen dalam dalam sebuah hubungan. Berpegang teguh pada komitmen hubungan akan menjaga hubungan agar tetap berjalan dengan baik. 

5. Menghargai setiap waktu yang dilalui bersama

Tetap Mesra, Ini 13 Tips Menjalani Long Distance Marriagehttps://www.pexels.com/@katerina-holmes

Waktu untuk bersama menjadi begitu mahal bagi pasangan LDM. Meski tidak seperti pasangan umumnya yang memiliki kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama. Justru hal ini membuat pasangan LDM lebih dapat menghargai setiap waktu yang dilalui bersama. Dengan memanfaatkan waktu bersama, moment yang tercipta berdua akan terasa lebih mengena. Kamu dapat memanfaatkan waktu saat bersama dengan hal-hal romantis seperti makan malam bersama, atau berlibur ke tempat yang selama ini kalian impikan. Perlu, lho, sesekali menciptakan momen romantis bersama pasangan.

6. Saling menjaga kepercayaan

Tetap Mesra, Ini 13 Tips Menjalani Long Distance MarriagePexels.com/Orione Conceição

Dalam hubungan dibutuhkan untuk saling menjaga kepercayaan, terlebih untuk para pasangan LDM, maka saling menjaga kepercayaan adalah hal yang wajib dilakukan. Kepercayaan dalam hubungan adalah sesuatu yang mahal harganya. Kamu dapat menjaga kepercayaan dan romansa dalam hubungan dengan bersikap mesra pada pasangan. Ini akan membuat hubungan kalian hangat dan menjaga pihak ketiga agar tidak masuk ke dalamnya, meskipun akan selalu ada yang lebih dari kamu ataupun sebaliknya. Namun ketika pasangan kamu dapat menjaga kepercayaan yang kamu berikan, selamat kamu adalah orang yang beruntung.  

7. Jadwalkan untuk bertemu

Tetap Mesra, Ini 13 Tips Menjalani Long Distance Marriagehttps://www.pexels.com/@katerina-holmes

Sebagai pasangan LDM tentunya kamu sering dilanda kangen dan merasa ingin segera bertemu? Jarak mungkin memisahkan kalian berdua, namun kamu dan pasangan jangan sampai lupa untuk menjadwalkan waktu untuk bertemu. Memanfaatkan waktu yang ada untuk bertemu dengan pasangan, karena bagaimanapun sentuhan fisik terlebih untuk pasangan yang telah menikah itu merupakan hal yang penting.

Rencanakan kapan waktu terbaik untuk bertemu. Apakah pulang ke rumah atau bertemu di suatu tempat dapat kamu bicarakan bersama pasangan. Buat agenda berdua untuk quality time bersama pasangan. Membayangkannya saja sudah terasa menyenangkan, bukan?

8. Saling berbagi cerita

Tetap Mesra, Ini 13 Tips Menjalani Long Distance MarriagePexels.com/VeraArsic

Menyisihkan waktu untuk menghubungi pasangan dan saling berbagi cerita terdengar sederhana bukan? Namun apa kamu tahu, hal ini ternyata dapat membuat hubungan LDM dapat bertahan, lho. Memberikan waktu untuk berbagi cerita melalui chat atau telepon, akan memperkuat hubungan dan membuat hubungan semakin mesra. Memberikan kabar tanpa diminta akan membuat pasangan kamu merasa dihargai lho, Bela. So, jangan sungkan untuk menceritakan secara detail apa kegiatan yang kamu lakukan selama seharian dan begitupun sebaliknya memberikan perhatian kepada pasangan. 

9. Menetapkan berapa lama menjalani LDM

Tetap Mesra, Ini 13 Tips Menjalani Long Distance Marriagehttps://www.pexels.com

Tidak ada pasangan yang ingin berjauhan selamanya. Oleh karena itu, kamu perlu menentukan berapa lama LDM ini akan dijalani. Target ini bisa menjadi motivasi bagi kamu dan pasangan untuk tetap bertahan dari banyak cobaan selama LDM. Pasalnya, semakin lama kamu dan pasangan berjauhan, akan semakin banyak rintangan yang muncul. Hal ini tidak dapat dipungkiri, sebisa mungkin mengupayakan untuk dapat hidup bersama. Pengertian seperti ini akan menjaga romansa di hubungan kamu, lho, Bela.

10. Menyelesaikan masalah dengan segera

Tetap Mesra, Ini 13 Tips Menjalani Long Distance MarriageFreepik.com

Setiap hubungan tentunya pernah mengalami masalah. Namun ini akan menjadi lebih susah karena masalah yang dialami terhalang oleh jarak dan membutuhkan effort untuk bertemu. Apa pun masalah yang ada, berusahalah untuk segera menyelesaikannya dan membuat hubungan kembali mesra, ya. Jangan membiarkan masalah ada berlarut-larut karena itu hanya akan menjadi bom waktu. Jika tidak memungkinkan untuk diselesaikan melalui telepon, cobalah untuk bertemu dan membicarakannya baik-baik.

11. Hadiah sebagai bentuk kasih sayang

Tetap Mesra, Ini 13 Tips Menjalani Long Distance Marriagefreepik.com/master1305

Kamu juga bisa memberi pasangan kejutan-kejutan kecil, seperti kiriman paket atau kunjungan tiba-tiba. Hal ini dapat menjaga hubungan kalian tetap mesra dan menyenangkan. Bumbu-bumbu mesra seperti perlu sesekali untuk dilakukan, agar membuat kamu dan pasangan untuk terus merasa jatuh cinta berkali-kali pada orang yang sama.

12. Menghindari perdebatan yang tidak penting

Tetap Mesra, Ini 13 Tips Menjalani Long Distance Marriagefreepik.com/ArthurHidden

Kemampuan menjadi pendengar yang baik harus ditumbuhkan dan dimiliki oleh pasangan LDM. Pertengkaran yang terjadi biasanya karena kesalahpahaman diantara kamu dan pasangan. Jika terjadi perbedaan pendapat atau ketidaksetujuan ketika berkomunikasi, tahan diri untuk berdebat. Mengikuti nafsu amarah hanya akan menjadi bencana untuk hubungan LDM. Hindari sebisa mungkin percakapan-percakapan yang mengundang konflik. Cobalah untuk mengalihkan fokus dengan membangkitkan kemesraan di antara kamu dan pasangan agar hubungan kembali membaik. 

13. Berpikir positif

Tetap Mesra, Ini 13 Tips Menjalani Long Distance MarriageFreepik.com

Berpikir positif tentang LDM dapat sangat membantu menjalani hubungan jarak jauh. Abaikan atau hindari pikiran-pikiran negatif tentang pasangan yang jauh dan juga tentang LDM sebagai hubungan yang kurang sempurna. Pikiran negatif dapat membuat kamu menjadi mudah curiga dan hal ini tentunya membuat hubungan menjadi tidak nyaman untuk satu sama lain. Ciptakan suasana menyenangkan sebisa mungkin agar kamu dan pasangan nyaman dan tetap bisa mesra meski jauh. Jadi, usahakan untuk selalu berpikir positif, ya!

Menjaga kemesraan hubungan pernikahan jarak jauh atau long distance marriage (LDM) memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti kamu dan pasangan harus menyerah dengan keadaan. Selama masih ada cinta yang sama, segala sesuatu masih dapat untuk diupayakan. Akan ada sesuatu menyenangkan di balik semua kesabaran. Jangan menyerah untuk pernikahan yang sudah kamu bangun ya, Bela

Baca Juga: 10 Puisi Cinta LDR untuk Mengobati Rindu Pada Pasangan

Baca Juga: Dos & Don'ts yang Harus Kamu Ketahui Saat Menjalani LDR

Baca Juga: Tanpa Bicara, Lakukan 7 Hal Ini Sebagai Tanda Cinta!