Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sarat Makna, Deretan Artis Ini Gelar Acara 7 Bulanan dengan Adat Jawa

Dari Nella Kharisma sampai Paula Verhoeven.

Windari Subangkit

Kehadiran buah hati merupakan momen yang membahagiakan bagi pasangan suami istri. Apalagi jika buah hati tersebut merupakan anak pertama yang telah dinantikan sejak lama. Jika memasuki usia kehamilan 7 bulan, biasanya para pasangan akan menggelar acara syukuran. Caranya pun beragam, ada yang dengan menggelar pengajian maupun prosesi adat.

Beberapa artis Tanah Air pun ada yang mengadakan syukuran kehamilan 7 bulan itu dengan prosesi adat, lho! Salah satu yang sering dilakukan ialah tradisi 7 bulanan dalam masyarakat Jawa yang dikenal dengan istilah tingkeban atau mitoni.

Untuk yang belum tahu, mitoni digelar untuk mendoakan agar calon ibu dilancarkan selama mengandung hingga melahirkan sang jabang bayi. Mitoni juga disertai doa agar kelak sang buah hati menjadi anak yang baik dan berbakti kepada orangtua. Nah, ini dia deretan artis yang menggelar tradisi 7 bulanan dalam adat Jawa. Siapa saja, sih?

1. Nella Kharisma

Instagram.com/nellakharisma

Sama-sama berdarah Jawa, Nella Kharisma dan Dory Harsa menggelar acara 7 bulanan kehamilan dengan adat Jawa yang begitu kental. Sejumlah prosesi pun mereka lakukan dengan harapan agar calon ibu dan bayinya sehat hingga persalinan nanti.

2. Yasmine Wildblood

Instagram.com/yaswildblood

Meski blasteran Inggris, Yasmine Wildblood nggak melupakan darah Jawa yang ia miliki. Istri dari Abi Yapto ini juga menggelar acara 7 bulanan dengan adat Jawa, lho! Ini momen saat ia melakukan siraman yang bertujuan untuk membersihkan calon ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan secara lahir dan batin.

3. Momo 'Geisha'

Instagram.com/therealmomogeisha

Nggak kalah unik, Momo 'Geisha' ternyata menggabungkan dua adat sekaligus dalam acara 7 bulanan kehamilannya. Berlangsung meriah, pelantun lagu Jika Cinta Dia ini menggabungkan adat Batak dan Jawa di acara syukurannya.

4. Vicky Shu

Instagram.com/aldiphoto

Tak hanya pernikahannya saja yang digelar secara adat, Vicky Shu juga menggelar tradisi 7 bulanan dengan tradisi Jawa saat mengandung buah hati pertamanya. Salah satu prosesi yang dilakukan ialah belah cengkir, di mana sang suami, Ade Imam, memecah kelapa kemudian airnya diminum oleh Vicky Shu.

5. Paula Verhoeven

Instagram.com/paula_verhoeven

Saat Kiano Tiger Wong masih di kandungan, Paula Verhoeven dan Baim Wong juga menggelar acara mitoni. Sejumlah prosesi 7 bulanan di tradisi Jawa itu mereka lakukan, salah satunya ialah pantes-pantesan. Di momen ini, Paula mencoba kebaya sampai 7 kali dengan segala warga dan motif

6. Tiara Pangestika

Instagram.com/tiarapangestika

Tiara Pangestika dan Arief Muhammad begitu menikmati setiap prosesi mitoni yang mereka lakukan. Acara ditutup dengan prosesi ulek rujak dan dodol dawet, di mana keduanya melayani tamu yang mau membeli dawet dan dibayar pakai koin pecahan genteng.

7. Ardina Rasti

Instagram.com/ardinarasti6

Tak hanya sebagai bentuk syukuran, mitoni juga membuat Ardina Rasti dan Arie Dwi Andhika semakin mengenal tradisi Jawa yang unik dan Indah. Serangkaian prosesi, mulai dari pengajian, sungeman, siraman, ngulek sambel, hingga brojolan, memiliki makna tersendiri yang membuat wawasannya semakin kaya.

IDN Media Channels

Latest from Married