Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Perbedaan Pesta Pernikahan a la Amerika vs Korea, Kamu Pilih Mana?

Ciptakan wedding dream-mu!

Puspita Ramadhani

Sejak dulu kala, Amerika Serikat dan Korea Selatan menjadi dua kiblat berbagai tren di dunia. Mulai dari fashion, makanan, musik, dan termasuk pula gaya pesta pernikahan yang saat ini mulai diikuti.

Melihat adanya perbedaan yang begitu mencolok antara Amerika Serikat dan Korea Selatan, Koreaboo melakukan pengamatan soal pesta pernikahan a la dua negara besar tersebut. Apa saja perbedaan tersebut? Yuk, kita simak bersama-sama.

1. Tempat pernikahan

koreaboo.com

Di Amerika, pernikahan bisa sangat bervariasi. Mulai dari yang berskala besar hingga hanya sebatas upacara kecil di halaman belakang rumah. Di mana pun itu, mulai dari gedung hotel hingga di tepi pantai, pasangan yang akan menikah dibebaskan untuk memilih detail pernikahan mereka sendiri.

Sedangkan di Korea, mereka tidak terlalu fokus kepada detail yang terperinci. Pasalnya, sebagian besar orang Korea memilih untuk menikah di gedung yang telah memiliki jasa khusus dekorasi pernikahan. Mereka tidak perlu khawatir karena semuanya sudah menjadi paket lengkap.

2. Peran sahabat

koreaboo.com

Beberapa tahun belakangan ini, fenomena bridesmaid dan groomsman sedang marak di Indonesia. Ternyata, hal ini serupa dengan pesta pernikahan di Amerika, lho!

Yup, di Amerika biasanya mereka hanya akan mengundang sahabat dekat untuk menjadi pengiring penganting. Sedangkan di Korea Selatan sendiri, mereka tidak memiliki tradisi semacam itu. Pesta pernikahan yang sakral dan mengutamakan peran orangtua sangat dipertahankan di Korea.

3. Gaun pernikahan

koreaboo.com

Serupa dengan tempat pernikahan, pengantin di Amerika akan memilih atau menjahit gaun pernikahannya sendiri. Tentu, hal ini dilakukan karena ingin menyimpan kenangan manis mereka. 

Menariknya dari pengantin di Korea, mereka lebih banyak menyewa baju daripada membelinya sendiri. Selain karena menghemat biaya, kamu juga nggak perlu bingung untuk tidak menemukan gaun yang sesuai. Soalnya, Korea adalah gudangnya gaun pernikahan dengan beribu macam pilihan.

Psst... kalau kamu selebriti, mungkin kamu akan memiliki gaun pernikahan satu-satunya dari desainer terkenal.

4. Pembawa bunga dan cincin

koreaboo.com

Mengikutsertakan buat hati untuk menjadi pembawa bunga dan cincin pernikahan di Amerika adalah hal yang biasa untuk dilakukan. Kalau di Korea Selatan dan beberapa negara Asia lainnya, memiliki anak sebelum menikah adalah hal yang masih tabu di masyarakat. Jadi, mereka akan lebih banyak meminta tolong kepada keluarga atau sahabat.

5. Resepsi pernikahan

koreaboo.com

Kebiasaan menggelar resepsi mewah dengan acara potong kue dan berdansa yang ada di Indonesia ini, juga sama dengan yang dilakukan di Amerika. Bahkan nggak sampai di situ, mereka juga menggelar after party untuk terus bersenang-senang sepanjang malam.

Nah, orang Korea tidak melakukan acara semacam itu. Setelah menyaksikan pengucapan janji suci, tamu langsung bisa menyantap makanan bergaya prasmanan dan dapat langsung berpamitan.

6. Hadiah pernikahan

unsplash.com/Nina Mercado

Perbedaan besar yang terakhir antara pernikahan a la Amerika dan Korea adalah soal daftar hadiah. Biasanya, pasangan Amerika akan membuat daftar barang yang mereka butuhkan secara online. Hal ini akan memudahkan para tamu untuk memberikan hadiah terbaik. 

Namun, di sisi lain, pasangan Korea selalu berusaha untuk tetap sederhana dengan tidak memberatkan hal apa pun kepada tamu. Umumnya, para tamu hanya akan memberikan sejumlah uang kepada kedua mempelai. 

Menurut kesimpulan Koreaboo, pasangan Amerika fokus untuk membuat setiap detail pernikahan menajdi lebih intim dan tak terlupa. Sedangkan pasangan korea, mereka akan lebih banyak fokus pada kehidupannya setelah menikah dengan cara menabung dari hadiah-hadiah yang diberikan. 

Nah, kalau kamu, akan pakai pesta pernikahan a la Amerika atau Korea Selatan, nih, Bela? Kamu bisa tulis jawabannya di kolom komentar, ya!

IDN Media Channels

Latest from Married