Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Setelah Menikah, Ini 5 Kewajiban Perempuan Kepada Orangtua

Surga istri ada pada suami, tapi bagaimana dengan orangtua?

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Sebagai perempuan, mungkin terkadang kita merasa masih bingung dengan persoalan kewajiban dengan orangtua setelah menikah. Sedangkan, Islam mengajarkan kepada para perempuan untuk mengabdi sepenuhnya kepada suaminya. Oleh karena itu, kita jadi meninggalkan orangtua.

Meski sudah menjadi istri, bukan berarti kita tidak bisa memenuhi tanggung jawab dengan orangtua, lho! Lantas, apa saja kewajiban perempuan setelah menikah kepada orangtua? Yuk, simak ulasan di bawah ini!

1. Tetap menjaga hubungan baik

Pinterest.com/LoveToKnow

Menjaga hubungan baik dengan orangtua, atau mempererat tali silaturahmi adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh perempuan. Sudah menikah bukanlah sebuah alasan bagi kita untuk lupa dengan orangtua. Bahkan, Allah SWT tidak suka melihat umatnya memutuskan tali silaturahmi, apalagi antara anak dan orangtua. Bagaimanapun, kita tidak boleh menjadi anak durhaka.

2. Merawat orangtua di masa tuanya

Careconnectionsliveinplacement.com

Dalam agama Islam, merawat orangtua biasanya adalah tugas laki-laki. Sampai mempunyai istri dan anak pun, tanggung jawab seorang lelaki kepada orangtua tetaplah yang utama. Di sisi lain, ada kondisi saat semuanya agak sulit untuk dilaksanakan. Banyak pula keluarga yang hanya memiliki anak perempuan. Pada situasi tersebut, perempuan memiliki kewajiban untuk merawat orangtua di usia rentanya atas izin suaminya.

3. Memenuhi kebutuhan orangtua

Freepik.com/Lifestylememory

Orangtua akan semakin menua, sehingga perempuan memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan atau membantu kehidupan orangtuanya. Jika sudah menginjak usia senja, tentu orangtua membutuhkan perawatan lebih. Saat masa itu tiba, kita harus membantunya dalam bentuk finansial juga perhatian. Apalagi, banyak orangtua yang tidak memiliki banyak uang di hari tua.

4. Tidak bergantung kepada orangtua

Pexels.com/Elina Fairytale

Bagi perempuan yang belum bekerja atau memilih tidak bekerja, kita tidak boleh lagi bergantung kepada orangtua. Kalau sudah menikah, ada peran suami yang akan memenuhi nafkah sepenuhnya. Suami pun harus menyadari akan kewajibannya untuk memberi nafkah. Sebab, tanggung jawab orangtua kepada anak perempuannya sudah selesai begitu mereka sudah menikah.

5. Menghormati orangtua

Freepik.com/Odua

Kewajiban perempuan setelah menikah kepada orangtua yang terakhir adalah, dengan merendahkan diri di hadapan orangtuanya. Hal yang dimaksudkan adalah, cara kita menghormati orangtua. Seperti halnya kita menundukkan pandangan dan tidak membantah saat diberi nasihat, juga memanggil orangtua dengan hormat.

Itulah 5 kewajiban perempuan kepada orangtua setelah menikah. Semoga bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Married