5 Contoh Pidato Berbakti kepada Orangtua, Singkat tapi Menyentuh

Berisi ajakan untuk berbakti

5 Contoh Pidato Berbakti kepada Orangtua, Singkat tapi Menyentuh

Pidato merupakan tulisan berupa gagasan yang dibuat secara khusus sebagai media komunikasi dan memiliki tujuan tertentu kepada khalayak umum sebagai sasarannya. Terdapat banyak tema yang dapat diangkat menjadi teks pidato. Salah satunya adalah pidato berbakti kepada orangtua.

Pidato berbakti kepada orangtua dapat digunakan dalam berbagai acara, seperti ceramah keagamaan atau perlombaan. Oleh karena itu, umumnya teks pidato akan dipersiapkan dengan matang dan dari jauh-jauh hari. Hal ini dilakukan agar pendengar bisa memahami apa isi dan makna dari pidato tersebut.

Tak hanya itu, jenis pidato ini juga bisa dikategorikan sebagai pidato persuasif karena mengajak pendengar untuk berbakti kepada kedua orangtua. Lantas, bagaimana contoh pidato berbakti kepada orangtua? Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

1. Contoh pidato berbakti kepada orangtua

5 Contoh Pidato Berbakti kepada Orangtua, Singkat tapi Menyentuh

Bagi seorang anak, mendengarkan perintah orangtua adalah salah satu bentuk bakti paling dasar yang bisa dilakukan. Adapun contoh pidato berbakti kepada orangtua adalah sebagai berikut.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pertama-tama, puji dan syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberi kita nikmat iman, Islam, dan kesehatan sehingga kita bisa berkumpul di tempat ini.

Salawat serta salam tak lupa juga kita sampaikan kepada nabi kita, Nabi Muhammad SAW. Berdirinya saya di sini, akan menyampaikan beberapa hal tentang berbakti kepada orangtua.

Kita harus berbakti kepada orangtua, karena mereka lah yang telah merawat dan membesarkan kita dengan sabar sampai detik ini. Sebisa mungkin kita juga harus membanggakan orangtua, sebagai tanda bakti kita terhadap mereka. Tak hanya itu, janganlah kita masuk dalam golongan anak-anak durhaka karena tidak berbakti kepada ayah dan ibu. Mereka tak pernah lelah merawat kita dari mulai lahir hingga menjadi dewasa seperti sekarang ini. Mereka juga selalu berusaha menafkahi kita dari TK, SD, SMP, SMA, dan seterusnya.

Kita harus selalu berbakti kepada orangtua sebagaimana mereka telah berbaik hati kepada kita. Karena apabila orangtua sudah tiada, kita akan menyesal di kemudian hari karena tidak berlaku baik kepada mereka.

Jangan sampai ada kata, "kenapa hidup aku jadi begini?" jika kita tidak berbakti kepada orangtua. Oleh karena itu, kita harus memperbaiki diri mulai dari sekarang agar tidak menyesal di masa depan.

Sekian dari saya, apabila ada kesalahan kata-kata, mohon dimaafkan dengan seikhlas-ikhlasnya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Contoh pidato berbakti kepada orangtua yang telah bekerja keras

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT karena karunianya kita dapat berkumpul pada kesempatan kali ini. 

Setiap manusia terlahir dari orangtua mereka, bahkan kita senantiasa menyadari bahwa orangtua-lah yang telah bekerja keras sekuat tenaga untuk memberikan kehidupan layak bagi anak mereka. Oleh sebab itu, izinkan saya bercerita mengenai pentingnya berbakti kepada orangtua.

Allah yang Maha Bijaksana telah mewajibkan untuk setiap anak berbakti pada orangtua. Bahkan ada perintah langsung untuk berbuat baik pada orangtua dalam Alquran sebagaimana firman-Nya pada surah Al Isra ayat 23 yang artinya: 

“Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku sewaktu kecil.”

Oleh sebab itu, jangan sekali-kali kita durhaka pada orangtua karena begitu dahsyatnya ancaman bagi orang yang durhaka pada orangtua. Rasulullah SAW menghubungkan kedurhakaan dengan berbuat syirik kepada Allah.

Selain itu, membuat mereka menangis dan bersedih karena pola tingkah anak juga termasuk ke dalam golongan yang durhaka. 

Menurut hadis Ibnu ‘Umar: “Tangisan kedua orangtua termasuk kedurhakaan yang besar.”

Demikianlah beberapa pesan singkat yang bisa saya sampaikan, lebih kurang mohon maaf.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here