Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kental Adat Batak, 6 Fakta Pernikahan Jessica Mila dan Yakup Hasibuan

Tanpa didampingi sang ayah

Natasha Cecilia Anandita

Hari Jumat (5/5/2023) menjadi hari bahagia untuk Jessica Mila dan Yakup Hasibuan. Pasangan ini resmi menjadi suami istri setelah melangsungkan pemberkatan di Gereja HKBP Rawamangun, Jakarta Timur. 

Disaksikan jemaat, keluarga, dan sahabat, keduanya berjanji untuk sehidup semati bersama. Melakukan beragam prosesi, Jessica Mila dan Yakup Hasibuan menggandeng Hilda by Bridestory untuk merencanakan pernikahan mereka. 

Mereka juga sempat mengadakan press conference di ruang aula Gereja HKBP Rawamangun. Berikut beberapa fakta pernikahan pasangan Jessica Mila dan Yakup Hasibuan yang berhasil Popbela rangkum. 

1. Dikenalkan oleh Febby Rastanty

instagram.com/thebridestory

Dalam konferensi pers, Yakup mengatakan bahwa ia merupakan kakak kelas dari Febby Rastanty sewaktu kuliah di Universitas Indonesia (UI). Ia meminta nomor Mila ke Febby sekaligus minta untuk dikenalkan. Awalnya mereka hanya teman biasa, tapi lama-lama keduanya semakin dekat. Sampai akhirnya menikah, Mila dan Yakup diketahui telah berpacaran selama dua tahun. 

"Jadi memang benar sih aku yang minta kenalan. Jadi waktu itu dikenalin sama Febby Rastanty adik kelasku juga kebetulan di UI," kata Yakup Hasibuan.

"Sebenarnya memang prosesnya nggak terlalu lama dari kita berkenalan sampai kita memutuskan untuk menjalin hubungan yang lebih serius," ujar Jessica Mila.

2. Punya value yang sama, Mila dan Yakup mantap menikah

Popbela.com/Natasha Cecil

Setelah dua tahun pacaran, keduanya serius untuk berlanjut ke jenjang selanjutnya. Yakup melamar sang kekasih pada 21 Agustus 2022 lalu di Bali. Pengacara kelahiran 1995 itu mengatakan memiliki banyak alasan untuk jatuh cinta pada Jessica Mila. Namun, yang membuat Mila dan Yakup yakin untuk menikah adalah keduanya memiliki value atau nilai yang sama. 

"Aku yakin melangkah ke jenjang pernikahan bersama Yakup karena kami memiliki nilai dan prinsip yang sama. Kami juga selalu mengutamakan keluarga dan keimanan kami. Selain itu,  aku merasa Yakup adalah sosok suami idaman yang selama ini aku cari dan pernah aku panjatkan dalam doa, yaitu laki-laki yang pekerja keras dan bertanggung jawab," jelas Jessica Mila saat ditanya tentang kisah cintanya. 

3. Gandeng Hilda by Bridestory untuk jadi wedding planner

instagram.com/thebridestory

Setelah lamaran pada Agustus 2022 lalu, Mila dan Yakup segera mempersiapkan pernikahan mereka. Untuk hari bahagianya itu, Mila dan Yakup menggandeng Hilda by Bridestory sebagai wedding planner mereka. 

Keduanya juga sempat hadir di Bridestory Market pada akhir tahun lalu. Pasangan ini mengaku mendapatkan banyak inspirasi, koneksi, dan keuntungan lainnya dari vendor-vendor pernikahan yang mereka temui di sana. 

Saat ditanya tentang dream wedding, pernikahan mereka ini sudah merupakan dream wedding mereka yang dipadukan menjadi satu. Di lokasi pemberkatan, gereja tersebut dihiasi dengan dekorasi floral serba putih yang tampak klasik dan elegan. Kesan modern pun turut menghiasi dengan kehadiran cermin dan bunga di sepanjang lorong gereja. 

4. Menikah di hari ulang tahun ayah Yakup

Popbela.com/Natasha Cecil

Fakta menarik lainnya dari pernikahan Yakup dan Mila adalah kebahagian ganda karena bertepatan dengan ulang tahun ayah Yakup, pengacara Otto Hasibuan. Pernikahan anak bungsunya itu menjadi kado ulang tahun terindah untuknya. 

"Momen spesial hari ini bukan hanya kami resmi menjadi suami istri, tapi juga papa kami tercinta berulang tahun ke-68," kata Yakup Hasibuan. 

Otto mengatakan biasanya ia hanya merayakan ulang tahun bersama keluarga dekat saja. Namun, kali ini ia bisa merayakan ulang tahun sekaligus pesta pernikahan anaknya bersama seluruh keluarga hingga teman-teman dari luar kota. 

"Bersyukur hari ini anak saya kasih hadiah buat saya. Besok-besok kalian anniversary bareng-bareng ya," ujar Otto.

Sayangnya di hari bahagia tersebut, hanya ibunda Jessica Mila, Magdalene Jane Baker, dan kakak Mila yang hadir sebagai wali. Ayah dari Mila sendiri diketahui telah meninggal dunia pada tahun 2014. 

5. Tak tunda momongan dan ingin jadi keluarga yang diberkati

Popbela.com/Natasha Cecil

Menurut penuturan Mila dan Yakup, keduanya tak menunda untuk memiliki momongan. Mereka justru berdoa agar bisa diberikan anak sesuai waktu yang tepat. Mereka juga berharap bahwa rumah tangga mereka diberkati oleh Tuhan dan bisa menjadi berkat untuk orang lain. Kedua orangtua Yakup dan ibunda Jessica Mila turut mendoakan hal serupa. 

6. Masih ada serangkaian proses adat lainnya

instagram.com/thebridestory

Jessica Mila diketahui kini sudah menjadi orang Batak setelah melangsungkan serangkaian prosesi adat. Ia diberi tambahan marga boru Damanik. Menikah dengan adat Batak juga menjadi syarat dari pernikahan mereka saat memberi tahu pada orangtua kala mereka siap menikah. 

Berasal dari latar belakang berbeda, justru hal ini membuat Mila senang karena ia bisa belajar kebudayaan yang baru dan bukan jadi penghalang hubungannya. Menurut orangtua Yakup, adat Batak bukanlah sekadar budaya, tapi juga menjadi momen menjalin kasih dan persaudaraan. Diketahui bahwa pada Sabtu (6/5/2023) hari ini akan dilangsungkan acara adat lanjutan untuk pernikahan keduanya. 

Itulah beberapa fakta pernikahan Jessica Mila dan Yakup Hasibuan. 

IDN Media Channels

Latest from Married